Jumat, 09 Oktober 2020

#3 Kue Bolu Sukun, Resep Olahan Buah Sukun

Kue Bolu Sukun



Membuat berbagai olahan dari bahan-bahan asli Indonesia tentunya memberikan kesan bahagia tersendiri ya moms, apalagi bahan tersebut memang dipandang sepele oleh beberapa orang yang belum tahu jika diolah menjadi produk lainnya akan memberikan nilai yang lebih tinggi, salah satunya adalah buah sukun.

Makanan dengan olahan sukun kini sedang naik daun, karena salah satu jenis makanan ini kaya akan manfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, serat dan protein yang tinggi. Sukun sendiri sejenis pohon yang berbuah dan masuk dalam keluarga nangka dan mulberry.

Jika kamu yang belum tahu tentang buah sukun ini, mimin jelaskan juga ya. Buah Sukun tidak memiliki biji, bertekstur empuk yang sama dengan roti panggang, serta rasanya itu loh bikin ketagihan ehm hampir mirip kayak kentang sih. Bahasa inggris dari buah sukun ini adalah buah roti (breadfruit), dan sukun tumbuh subur di daerah tropis.

Nah, Sukun sendiri bisa diolah menjadi berbagai varian makanan yang lebih bernilai lo. Bisa kalian buat menjadi Pie Sukun, Puding Sukun Panggang, Bolu Sukun ataupun lainnya. Tentunya saat kondisi seperti ini, perlu inovasi-inovasi yang lebih tepat ya moms. Agar bisa bertahan di tengah pandemi seperti ini.

Untuk membuat olahan makanan yang satu ini tentunya tidaklah sulit ya moms. Kali ini topwisata kuliner akan membuat Kue Bolu Sukun yang enak banget. Bahan-bahan serta alat yang dibutuhkan tidaklah sulit ya moms, sangat umum seperti bahan dapur atau alat dapur lainnya. Oke deh, tanpa berlama-lama kita buat Kue Bolu Sukun yang enak ala rumahan.

Bahan-bahan Kue Bolu Sukun :

  1. 1 buah sukun (3/4 kg)
  2. 2 cangkir tepung gandum utuh
  3. 1 3/4 cangkir gula
  4. 2 sdt baking powder
  5. 2 sdt baking soda
  6. 1 sdt garam
  7. 1 1/2 cangkir minyak
  8. 4 butir telur
  9. 1 sdt vanila
  10. 1/2 cangkir kacang dicacah

Cara membuat Kue Bolu Sukun yang Enak:

  1. Setelah semua bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan, sekarang tinggal saatnya kita membuat olahan dari buah sukun menjadi Kue Bolu Sukun yang enak. Pertama-tama adalah merebus atau kukus buah sukun hingga matang, kemudian tumbuk sampai halus.
  2. Siapkan wadah berbeda dan campurkan beberapa bahan seperti Tepung, gula, baking powder, baking soda dan garam. aduk-aduk hingga merata.
  3. Siapkan wadah lagi untuk mengocok telur dan vanila menggunakan mixer sampai benar-benar tercampur merata.
  4. Masukan Sukun halus tadi ke dalam kocokan telur, dan aduk-aduk menggunakan mixer sampai merata. Setelah itu masukan perlahan-lahan campuran bahan kering tadi sembari mengocoknya. pastikan sampai adonan benar-benar merata.
  5. Setelah merata sekarang masukan kacang, dan aduk-aduk lagi.
  6. Panaskan oven dan siapkan loyang yang sudah di olesi dengan mentega. Panaskan oven sampai suhu 175 derajat celcius dan masukan adonan kue sukun. Panggang sampai 45 menit.
  7. Setelah itu, angkat Kue Bolu Sukun yang sudah matang tadi dan sajikan. Selamat mencoba dan menikmati moms.




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments