Selasa, 06 Oktober 2020

#2 Puding Panggang Sukun, Resep Olahan Buah Sukun

2. Puding Panggang Sukun



Setelah sebelumnya membuat resep pie sukun, sekarang saatnya membuat menu resep selanjutnya yaitu puding panggang sukun. Untuk masalah tata cara memasak dari menu sebelumnya tidaklah jauh beda ya moms. bahan-bahan yang digunakan pun hampir sama.

Oke deh, tanpa berlama-lama yuk kita buat Puding Panggang dari buah sukun.

Bahan puding:

  1. 1/2 cup tepung serbaguna
  2. 1 sdt baking powder
  3. 1 sdt bubuk kayu manis
  4. 1/2 sdt pala
  5. 1/8 sdt garam
  6. 1 3/4 cup daging buah sukun terlalu matang
  7. 1/4 cup gula putih
  8. 3 sdm mentega cair 
  9. 2 butir telur yang telah dikocok
  10. 3/4 sdt ekstrak vanilla
  11. 2/3 cup susu murni atau susu evaporasi

Bahan untuk sirup:

  1. 1/2 cup jus jeruk segar
  2. 1 jeruk utuh
  3. 1 1/2 sdt jahe segar parut
  4. 1/2 cup gula putih

Cara membuat Puding Panggang Sukun :

  1. Langkah pertama untuk membuat Puding Panggang sukun yang enak adalah menyiapkan wadah. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, bubuk kayu manis, pala dan garam. aduk-aduk hingga merata kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wadah ulekan, masukan sukun dan haluskan sampai lembut. Tambahkan gula dan aduk-aduk lagi hingga merata. Setelah itu tambahkan beberapa bahan lain seperti mentega, telur dan vanilla kemudian aduk-aduk lagi hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan adonan sukun tadi ke dalam wadah tepung, kemudian aduk-aduk lagi hingga merata. Kemudian tambahkan lagi susu ke dalam wadah dan aduk-aduk lagi sampai seperti adonan yang kenyal dan lembut.
  4. Siapkan loyang pemanggang. tuangkan adonan sukun tadi ke dalam loyang sampai merata. kemudian panggang ke dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius sampai 40 menit.
  5. Sembari menunggu Sukun Panggang matang, kalian bisa menyiapkan sirupnya. Campurkan semua bahan sirup seperti jus jeruk segar, jeruk utuh, jahe segar parut dan gula putih ke dalam panci kemudian masak dengan api sedang sambil mengaduk-aduk sampai matang.
  6. Tuangkan sirup ke dalam wadah berbeda sambil menyaringnya agar busa tidak terbawa. Kemudian dinginkan sirup.
  7. Ambil Puding Panggang Sukun tadi dan sandingkan dengan sirupnya. Sajikan selagi hangat akan lebih terasa nikmat. Selamat mencoba dan menikmati ya moms.


Disqus Comments