Selasa, 06 Oktober 2020

#1 Pie Sukun : Resep Olahan Buah Sukun

Resep Pie Sukun



Makanan dengan olahan sukun kini sedang naik daun, karena salah satu jenis makanan ini kaya akan manfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, serat dan protein yang tinggi. Sukun sendiri sejenis pohon yang berbuah dan masuk dalam keluarga nangka dan mulberry.

Jika kamu yang belum tahu tentang buah sukun ini, mimin jelaskan juga ya. Buah Sukun tidak memiliki biji, bertekstur empuk yang sama dengan roti panggang, serta rasanya itu loh bikin ketagihan ehm hampir mirip kayak kentang sih. Bahasa inggris dari buah sukun ini adalah buah roti (breadfruit), dan sukun tumbuh subur di daerah tropis.

Nah, Sukun sendiri bisa diolah menjadi berbagai varian makanan yang lebih bernilai lo. Bisa kalian buat menjadi Pie Sukun, Puding Sukun, Sukun Panggang ataupun lainnya. Tentunya saat kondisi seperti ini, perlu inovasi-inovasi yang lebih tepat ya moms. Agar bisa bertahan di tengah pandemi seperti ini.

Resep membuat olahan sukun sendiri tidaklah sulit, hanya memerlukan beberapa bahan tambahan dan alat sederhana yang sangat umum kalian gunakan. Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. Yuk kita praktekan membuat olahan sukun yang enak.

Bahan-bahan Pie Sukun :

  1. 1 buah sukun
  2. 1 1/2 cup susu evaporasi
  3. 2 sdm peterseli cincang segar
  4. 1 cup parutan keju cheddar
  5. 1/2 cup keju Monterey Jack
  6. 1.5 ons mentega
  7. 3 sdm tepung serba guna
  8. 1/2 cup bawang bombay cincang
  9. 1 sdm mustard
  10. 1/4 potong paprika
  11. 1 jumput pala
  12. 1/4 sdt lada hitam
  13. 1/4 sdt garam

Cara membuat Pie Sukun :

  1. Langkah pertama untuk membuat pie sukun yang enak adalah mengupas semua kulit sukun dan membilasnya dengan air bersih. Kemudian potong-potong sukun menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Siapkan panci dan didihkan air. tambahkan ¼ garam ke dalam panci, masukan potongan sukun tadi ke dalam panci dan masak sampai matang kurang lebih 20 menit.
  3. Sambil menunggu sukun matang, kalian bisa menyiapkan bahan lainnya. Siapkan wajan dan nyalakan dengan api kecil. masukan mentega, tepung serbaguna dan aduk-aduk kurang lebih sampai 4 menit. tambahkan lagi susu evaporasi dan aduk-aduk lagi. kemudian tambahkan lagi, bawang bombay cincang, mustard, paprika, pala, lada hitam. aduk-aduk lagi sampai mengental.
  4. Angkat buah sukun yang dimasak tadi, dan potong-potong lagi menjadi lebih kecil kurang lebih ¼ inchi.
  5. Siapkan loyang pemanggang, susun rapi lapisan pie sukun seperti ini. lumuri sedikit minyak, susun buah sukun, lapisan keju, buah sukun dan terakhir saus adonan. Jangan lupa tambahkan parutan keju untuk toppingnya.
  6. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat, dan panggang kurang lebih 30 menit.
  7. Setelah itu, angkat, dinginkan dan sajikan.

Disqus Comments