Skip to main content

Resep Pembuatan Kolak nangka, Siap Temani Buka Puasa Kamu

Tina Farida

Resep Pembuatan Kolak nangka


Nangka merupakan salah satu buah yang populer dikalangan masyarakat. Warna kuning dengan aroma yang wangi  pada buah nangka dapat menciptakan rasa yang manis dan nikmat, sehingga membuat seseorang ketagihan untuk mengkonsumsinya.
 
Selain itu, banyak pula orang yang menyajikan buah nangka dalam bentuk kolak. Sebab, dengan aroma yang wangi dan rasa yang manis bisa membuat makanan ini tambah nikmat dan segar, jika dibuat dalam bentuk kolak. 

Sedangkan untuk membuat kolak nangka, ada beberapa bahan yang  perlu Anda siapkan yaitu :

Bahan Membuat Kolak Nangka

  1. Buah nangka sesuai kebutuhan
  2. Santan dan air secukupnya
  3. Garam sedikit
  4. Vanili powder
  5. Gula pasir
  6. Gula merah
  7. Kolang Kaling
  8. Pisang

Bahan di atas adalah bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kolak nangka. Jika Anda sudah mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, maka selanjutnya Anda bisa membuatnya dengan cara sebagai berikut :

Bagaimana Cara Membuat Kolak Nangka?

  1. Cara pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kolak nangka yaitu, iris buah nangka yang sudah disiapkan tadi.
  2. Kedua yang perlu dilakukan yaitu masukkan bahan yang sudah disiapkan seperti air kedalam panci, lalu panaskan menggunakan api kecil.
  3. Setelah itu, masukkan gula pasir dan gula merah dalam air, aduk dan tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, masukkan buah nangka yang sudah di iris - iris, jangan lupa tambahkan sedikit garam dan bubuk vanili. Lalu, masak dan aduk hingga mendidih kembali.
  5. Terakhir yang perlu dilakukan yaitu tuangkan santan kedalam air yang sudah terisi buah nangka. Pastikan aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dan tunggu hingga matang.
  6. Jika kolak nangka yang dibuat sudah matang, lalu angkat dan letakkan pada wadah yang sudah disiapkan.
  7. Kolak nangka sudah siap disajikan.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai resep pembuatan kolak pisang. Bagi Anda yang suka makanan jenis ini, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara tersebut.
Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar