Sabtu, 18 April 2020

Fakta tentang Indonesia. Mana yg Kamu Ketahui ?






fakta mencengangkan tentang Indonesia yang tidak kamu ketahui sebelumnya (baru tahu)?


"Tak kenal maka tak sayang." Siapa sangka ternyata Indonesia menyimpan sejuta pesona. Jika kamu belum jatuh cinta, sekaranglah saatnya. Siapkan kopimu guys, ini agak panjang tapi WOW!



1. Panjang wilayahnya dari ujung barat ke timur menutupi panjang wilayah seluruh Eropa.




Facts check: Indonesia 5.120 km vs jarak London ke Tehran (Iran) 4.403 km

1.1. Luas wilayah Indonesia mengalahkan wilayah seluruh Eropa Barat.




Facts check: Indonesia 1.905 juta km² vs Eropa barat 1.500 juta km². Selain itu, ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar sedunia!

2. Punya jumlah bahasa (termasuk dialek) kedua terbanyak di dunia



Facts check: Indonesia sayangnya kalah dari Papua Nugini soal ini (710 vs 840).

3. Termasuk salah satu negara di dunia dengan desain bendera simpel, tapi digunakan bersamaan oleh 3 negara. (senggol dikit bacok bung!)




Facts check: Indonesia vs Monaco vs Polandia. Ini dulu pernah jadi sengketa internasional loh!

4. Punya jumlah orang termuda terbesar sedunia!




(Pantas dari Indonesia sering trending topics di medsos!)



Facts check: Pada 2019 usia "produktif" 15–64 tahun Indonesia ada 183,36 juta jiwa (68,7% total populasi), dan di bawah usia 40 tahun (katakanlah usia "muda produktif") ada 107,075‬ juta jiwa (hampir 50% penduduk Indonesia adalah milenial dan Gen-Z). Bonus demografi + 💪!

Ingat kutipan Bung Karno "Beri aku 10 pemuda Indonesia niscaya akan kuguncang dunia"? Ini sudah ratusan juta pemuda jumlahnya, seharusnya bisa memindahkan tata surya! hehe :p



5. Wilayah Indonesia terletak di titik terpanas (paling berbahaya) dari Gugusan Api (Ring of Fire) dunia.




(Itu kenapa lagu "Katakan Kepada Kawan" karangan Ebiet G. Ade sangat legendaris dan mengena)

Facts check: The Pacific Ring of Fire atau dikenal juga circum-Pacific belt adalah daerah garis sabuk gempa bumi (lempeng dan patahan kerak bumi). Indonesia punya sekitar 130 gunung berapi aktif di mana ada 3–4x gempa bumi kecil setiap harinya. Indonesia terletak di wilayah seismik teraktif di bumi. Uniknya, di pulau Jawa dan Sumatra itulah pulau terpadat tempat tinggal masyarakatnya.

6. Dari 17 negara dengan status "megadiverse", Indonesia salah satunya.




Facts check: Megadiverse artinya kekayaan spesies flora&fauna yang sangat beragam dan tidak ditemukan di tempat lain. Menurut data Conservation International, Indonesia punya 2 dari total 25 biodiversity hotspots dunia, 18 World Wildlife Fund’s “Global 200” ecoregions, 24 Area Bird Life International’s Endemic, 10% spesies bunga dunia (25.000 tanaman berbunga), sekitar 12% mamalia dunia (515), sekitar 16% reptil dunia (781), 17% dari total spesies burung dunia (1.592), dan 10% wilayah hutan hujan tropis dunia.

7. Punya danau vulkanik terbesar sedunia yang terbentuk dari letusan terbesar supervolcano kuno sepanjang sejarah dunia yang mengubah sejarah manusia dan geografis dunia.




(Ada teori sains yang mengatakan kejadian ini hampir melenyapkan seluruh populasi umat manusia loh).



Facts check: Letusan dari gunung super di Sumatra Utara 75.000 tahun lalu menghasilkan debu vulkanik yang menutupi sekitar 25-90% cahaya matahari ke bumi di seluruh wilayah dunia (bisa baca artikel bahasa Inggrisnya ). Panjang danau Toba 100 km, luas totalnya 1.130 km², dan dalamnya mencapai 505 m.

8. Punya pantai superlangka sedunia bertema cinta sepanjang tahun.


(Awww… Will you… take my pictures? lol)






Facts check: Cuma ada segelintir pantai di dunia yang punya pasir berwarna 'pink' (bisa dihitung pakai jari). Pink Beach/Pantai Merah/Pantai Namo di Labuan Bajo, Pulau Komodo, NTT adalah salah satu yang terbaik dan terindah di dunia. Masukkan ini dalam bucket list-mu guys!

9. Termasuk dalam pusat area hotspot kekayaan maritim terbesar sedunia.













Sekarang paham kan guys kenapa Bu Susi gahar!?

Aset kelautan Indonesia itu G O K I L!!! Kita semua wajib menjaga kelestariannya dan mengembangkan potensinya guys!




Facts check: Luas wilayah Coral Triangle sekitar 6.000.000 km² yang mencakup 6 negara (tapi Indonesia tetap yang terbesar di dalamnya hehe).

10. Punya efek 'ujung dunia' seperti dalam film-film fiksi.


^Credit photo: ASAWA PHOTOGRAPHY/ASAWA BOONYANETR


Facts check: Foto di Cemoro Lawang, dasar dari Gunung Bromo, Jawa Timur.



11. Punya lebah Jurassic terbesar sedunia.


(Tolong telepon Damkar!)





Facts check: Lebah ini ditemukan kali pertama di kepulauan Bacan Maluku pada tahun 1858 oleh naturalis Inggris Alfred Russel Wallace. Tadinya dikira sudah punah karena terakhir kali dilihat sekitar 39 tahun lalu (1981)! Tapi ditemukan kembali di kepulauan Maluku Utara pada ekspedisi 2019 silam. Puji Tuhan Alhamdullilah!

12. Punya bunga terbesar sedunia (tapi bau hehe). → Ini pasti kamu sudah "tahu", tapi tetap "mencengangkan" lah ya!






Facts check: Rafflesia Arnoldii dan Titan arum/Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa).

13. Punya hewan hibrid 2in1 babi+rusa satu-satunya di dunia.


(Bukan sulap bukan sihir, ini makhluk aliennya guys!)





^Ups salah gambar guys, ketangkap basah, yang lebih terhormat fotonya ini hehe:

Facts check: Babi Rusa (Babyrousa celebensis) cuma ada di sebagian wilayah hutan pedalaman Sulawesi. Hewan superlangka ini masuk dalam daftar IUCN Red List of Threatened Species. Waktu masih kecil di tubuhnya agak bergaris. Tanduk di moncongnya merupakan salah satu misteri besar hingga saat ini yang belum terpecahkan fungsinya apa. Tanduk itu tidak dipakai untuk bertarung (sesama jantan) karena rapuh dan mudah patah.

14. Punya satu-satunya 'naga' yang hidup di bumi. → Ini pasti kamu sudah "tahu", tapi tetap "mencengangkan" lah ya!






Facts check: Hingga tahun 2019 diperkirakan tinggal tersisa sekitar 5.700 komodo di seluruh Pulau Komodo.

15. Punya hewan-hewan sejenis termini sedunia.


(Meski "mini", tapi saya tetap takut hehe)









Facts check: Harimau Sumatra jantan beratnya rata-rata 120 kg dan panjangnya 2,43 m; betinanya 91 kg dan 2,13 m. Tinggi gajah Sumatra antara 2 - 3,2 m dan beratnya antara 2.000 - 4.000 kg. Badak bercula satu (badak Jawa) panjangnya 3 - 3,2 m dengan berat 900 - 2.300 kg.

**********BONUS ROUND!**********

Satu dari dua negara di dunia yang punya danau ubur-ubur Spongebob yang tidak berbahaya sama sekali!

NOTE: Ada peraturan kalau berenang di danau ubur-ubur ini DILARANG PAKAI “kaki katak” untuk melindungi kelestarian ubur-uburnya! Di gambar-gambar ini mungkin belum dilarang pada waktu itu. Jaga lingkungan hidup sekitar ya guys!









Facts check: Marine scientists and geologists have long puzzled over the phenomena of the survival of plant and animal life in so isolated an environment, but as eloquently stated in the Jurassic Park Movie: "Life finds a way", and Kakaban Island is the perfect proof of that. "Jellyfish Lake," on Palau Island in Micronesia, is the only similar environment on Earth, housing two species of stingless jellyfish. Thus making Kakaban Lake not only the largest, but also the most diverse brackish lake in the world.


So there you have it guys, masih minder dan suka nge-bully tanah air tercinta kita serba jelek dan serba payah ini itu? Think again! Izinkan saya berbeda pendapat, ternyata tidak sejelek itu kok hehe.

Mari kita semua jaga kelestarian alam&budaya Indonesia yang tak ternilai harganya ini. Di satu sisi kita juga harus kreatif mengembangkan modal (potensi) ini ya (SDM-nya)!

Gaungkan Wonderful Indonesia di dunia!✌

Sumber ide : Quora

Jawaban untuk Apa fakta mencengangkan tentang Indonesia yang tidak kamu ketahui sebelumnya (baru tahu)? oleh Denis Stan. Toruan



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments