Rabu, 20 Februari 2019

Desa Wisata Jambu Kediri, Lokasi dan Harga Tiket

Desa Wisata Jambu Kediri





Kediri mempunyai wisata baru untuk menarik minat para wisatawan salah satunya adalah wisata kali yang terletak di Desa jambu di kecamatan Kayen Kidul.

Wisata ini menyajikan berendam maupun bermain dengan ikan di sepanjang sungai sejauh 300 m.

Aliran air sungai harinjing terdengar gemericik mengalir sepanjang 300 m membentang di Dusun Kedung cangkring Kabupaten Kediri ini.

Di sepanjang aliran air sungai tersebut terdapat ribuan ekor ikan bergerombol dan saling berebut makanan yang diberikan oleh para pengunjung yang sedang lewat maupun yang sedang berendam.

Wisata ini tergolong baru karena baru dibangun sekitar 2 tahun yang lalu dengan memadukan konsep alam serta konsep milenial agar para pengunjung tidak bosan untuk berwisata di sini.

Wisata sejuta ikan di Desa jambu Kediri ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah ataupun buang air besar warga, namun dengan itikad baik serta inovasi untuk mengembangkan Desa. 

Akhirnya lahirlah wisata yang cukup ikonik di Kota Kediri ini yaitu wisata desa sejuta ikan.

Lokasi Desa Wisata Jambu Kediri


Lokasi wisata Sungai sejuta ikan ini terletak di Jalan Samboja 2, Jambu, Kayen Kidul, Kedungcangkring, Jambu, Kayen Kidul, Kediri, Jawa Timur 64183.

Tempat wisata Desa Wisata Jambu Kediri ini tidak jauh dari pusat kota Kediri ya, kurang lebih kalian membutuhkan waktu tempuh 30 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, infrastruktur jalan sudah bagus ya. Jadi kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mulus.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini ada baiknya pagi hari ya, karena suasana alam disekitar Desa Wisata Jambu Kediri cukup asri dan sejuk. Kemudian sinar matahari juga belum begitu terik. Jadi kalian bisa menikmati suasana alam di Desa Wisata Jambu Kediri.

Jika kalian belum faham lokasi pasti tempat wisata ini, tenang saja topwisata akan bagikan share lokasinya kok.

Nah gimana topwisata lovers, kalian sudah faham bukan tentang lokasi dan rute menuju tempat wisata Desa Wisata Jambu Kediri.

Kemudian lanjut ke pembahasan harga tiket masuk dan jam buka wisata Desa Wisata Jambu Kediri.


Harga tiket masuk dan jam buka wisata Desa Wisata Jambu Kediri


Harga tiket masuk wisata Sungai sejuta ikan ini gratis loh guys jadi jangan ragu untuk kalian harus mengunjungi wisata ini.

Namun ketika musim liburan tiba atau liburan panjang, tempat wisata ini mematok tarif masuk Desa Wisata Jambu Kediri yaitu sebesar Rp 5.000. Masih sangat terjangkau bukan, karena kalian sudah bisa menikmati sajian wahana keren di tempat wisata ini.

Jadi jika kalian ingin datang ke tempat wisata ini ramai-ramai gak bakalan bikin kantong kering deh.

Jam buka tempat wisata Desa Wisata Jambu Kediri ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya ditempat wisata Desa Wisata Jambu Kediri kurang lebih 2 jam.

Jam kunjungan wisatawan paling populer antara pukul 09.00 sampai pukul 11.00 pada hari minggu. Jadi kalian yang ingin menikmati suasana pemandangan yang indah untuk berswafoto sebaiknya hindari jam-jam populer pengunjung lainnya deh.

Kemudian untuk biaya lainnya seperti parkir Kalian hanya dikenakan biaya retribusi masuk untuk kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp5.000.


  1. Harga tiket masuk Rp 5.000
  2. Jam buka 07.00 sampai 17.00
  3. Hari buka setiap hari
  4. Retribusi parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan Roda empat Rp 5.000

Fasilitas Desa Wisata Jambu Kediri


Fasilitas wisata Sungai sejuta ikan ini terbilang masih cukup memadai, karena mulai dari kamar mandi, kamar bilas, tempat kuliner serta tempat istirahat Untuk para pengunjung semuanya sudah ada. 

Namun sangat perlu pengembangan yang cukup baik, agar kedepannya wisata Sungai sejuta ikan ini menjadi icon wisata yang populer di Kabupaten Kediri.

Banyak juga keluhan dari para pengunjung untuk kamar mandi dan kamar bilas sangat terbatas, sehingga kalau kedatangan para pengunjung wisata yang cukup banyak mereka harus sampai antre beberapa Puluh Menit.

Keseruan mengunjungi Desa Wisata Jambu Kediri



1. Berenang bersama sejuta ikan di Desa Wisata Jambu Kediri


Wisata Sungai sejuta ikan ini memiliki beberapa spot spot foto yang instagramable seperti rajutan cinta ataupun background pepohonan yang begitu rindang.

Namun Disamping itu para pengunjung juga memiliki keseruan lainnya yaitu memberi makan sejuta ikan yang ada di aliran sungai harinjing.

Ikan-ikan tersebut akan bergerombol ketiga kita beri makan banyak beragam ikan mulai dari yang besar sampai yang kecil semuanya ada disini.

Ikan-ikan tersebut dulunya hanya ditebar sebanyak 200 ikan berjenis tombro koi dan nila namun dengan berjalannya waktu ikan-ikan tersebut tumbuh besar dan berkembang biak bahkan sampai ada yang lebih dari 3 kg.

Di lokasi juga ada tempat untuk bermain outbond semacam flying fox dan spot foto dengan objek dan prasarana pedesaan.

"Pengunjung juga bisa melihat dan berfoto secara langsung, saat warga sedang memandikan sapi di sungai," tuturnya.

Di sekitar areal wisata Sungai sejuta ikan ini juga sangat rindang dengan pepohonan jadi para tidak perlu merasa takut kepanasan untuk mengunjungi wisata Sungai sejuta ikan.

Kamu juga bisa berenang di aliran sungai harinjing ini namun para pengunjung dimohon jangan sampai mengotori fasilitas atau aliran air sungai.

Karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi ikan-ikan yang ada di sini maupun pengunjung yang berenang.


2. Agrowisata Desa Wisata Jambu Kediri



Disamping kalian bisa berenang bersama jutaan ikan di Desa Wisata Jambu Kediri, para pengunjung juga bisa menikmati sajian agrowisata Jambu juga lo di Desa Wisata Jambu Kediri.

Puluhan pohon jambu yang siap petik antara bulan Januari sampai Juni ini siap mengisi perut kalian. Jambu-jambu berkualitas terjadi ditempat wisata ini.

Jadi kalian yang ingin menikmati sensasi berburu jambu, sebaiknya datang pada bulan Januari - Juni ya.


3. Area Spot Foto Instagramable



Disamping berenang dengan sejuta ikan dan menikmati segarnya memetik jambu sendiri. Tempat wisata Desa Wisata Jambu Kediri juga memiliki beragam spot foto instagramable.

salah satunya adalah Payung terbang dan Topi Petani terbang. Payung dan Topi petani tersebut dibuat terbang karena digantung di tali-tali pengait yang menjadikan lokasi ini sebagai spot favorit para pengunjung.

Jangan lewatkan tempat instagramable ini ya untuk mengabadikan foto-foto indah bersama rekan dan keluarga.

Bagaimana sobat topwisata, apakah anda tertarik mengunjungi wisata sungai sejuta ikan kediri?

TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments