Rabu, 17 Juni 2020

Kampoeng Anggrek Kediri, Taman Wisata Kekinian

Kampoeng Anggrek Kediri

Kota Kediri adalah kota yang keren. Gak hanya keren saja yang disandang, tapi juga mempesona akan keindahan tatanan kota dan alamnya. Apalagi terdapat gunung yang dulu pernah meletus, yaitu gunung kelud. Setelah gunung kelud meletus, bukan kesepian yang didapati oleh kota Kediri, namun berkah wisatawan yang mendatangi kota Kediri dan menjadikannya semakin terkenal. Terdapat tempat wisata yang menyejukkan raga dan membebaskan polusi udara yang kental di tengah kota.

Tempat wisata ini dibuka dan diresmikan pada awal tahun 2016. Namun tempat wista ini barulah banyak dikenal masyarakat mendekati akhir tahun 2016. Entah mengapa begitu lama tempat yang keren ini agak lamban populernya. 

Tempat wisata ini bernama Wisata Kampung Anggrek. Sesuai dengan namanya, tempat wisata dipenuhi oleh bunga anggrek yang berwarna warni. Tak hanya itu saja yang ada di dalam tempat wisata, terdapat juga area edukasi bagi pengunjung untuk seluruh kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa maupun wisatawan.

Wisata Kampung Anggrek memiliki nilai plus yang keren akan kondisi alamnya yang menyejukkan badan. Berada di area kaki Gunung Kelud yang memiliki ketinggian 1.731 Mdpl yang menjadikannya memiliki udara yang sejuk dan dingin tentunya sangat nyaman. 

Tak hanya itu saja, disekitar lokasi wisata terdapat banyak pepohonan yang hijau dan menyegarkan mata karena mata kita sudah lelah sering melihat bangunan dan kendaraan di tengah kota.

Lokasi Tempat Wisata

Buat kamu yang suka dengan bunga anggrek, kunjungi saja tempat wisata ini. Dijamin puas dan menyenangkan. Tempat wisata ini terletak di Dusun Sumber Putung, Desa smpu, Kecamatan Ngancar, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur. Lokasi tempat wisata ini berjarak dari pusat kota Kediri sekitar 30 KM. 

Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah dan jalanan masih terbilang baik. Kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalau roda besi seperti kendaraan tentara tidak akan bisa masuk.

Untuk bisa menemukan tempat wisata ini terdapat rute yang bisa kalian lalui. Ambil arah menuju Gunung Kelud dan cari desa Ngancar, Kediri. Sesampainya di desa Ngancar, nanti ada pertigaan, ambil saja arah ke kiri dan ikuti panduan arah ke lokasi wisata. 

Dari situ berjarak sekitar 2 KM untuk sampai di lokasi. Atau kalian yang tidak tahu arah, kalian bisa menggunakan aplikasi peta online maupun offline kalian supaya tidak tersesat hingga menuju benua eropa.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Buat kamu, iya kamu yang ingin memasuki lokasi wisata dan mengelilingi semua area wisata, kalian hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 saja per orang. Harga tiket ini bahkan masih lebih mahal minuman botol di minimarket terdekat.

Tempat wisata ini beroperasi setiap  hari mulai dari hari senin hingga hari jumat. Dan buka mulai pukul 07.30 WIB sampai 16.30 WIB. Harga yang tertera diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Kalau saran dari mimin adalah jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lebi baik berangkat di pagi hari biar kalian bisa puas menjelajah seluruh lokasi wisata.

Fasilitas Yang Ada di Tempat Wisata

Tentunya tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas sebagai pendkukung sarana dan prasrana tempat wisata. Berikut adalah beberapa ang bisa mimin ulas sebagai referensi liburan kalian :

1. Laboratorium Kultur Jaringan

Tempat keren disini adalah budidaya bunga anggrek yang dilakukan dengan cara kloning di Laboratorium Kultur Jaringan. Banyak jenis bunga anggrek yang dikembangkan disini. 6 jenis diantaranya yaitu anggrek bulan (phalaenospis) vanda, oncidium, cattleya, dendrobium dan cymbidum.

Wahana ini sangat terbatas dan tidak sembarang orang bisa memasuki tempat ini. Menurut info kloning anggrek yang dilakukan oleh tempat wisata Kampung Anggrek adalah yang pertama di Indonesia. Penelitian kloning anggrek masih dilakukan dan akan diproduksi massal di tahun mendatang. Tujuannya adalah bisa mengekspor anggrek hasil karya bangsa ke luar negeri sebanyak mungkin.

2. Green House

Terdapat 5 green house guna menampung beberapa bunga anggrek khususnya yang langka dan uni. Salah satu diantarnaya ialah anggrek bulan hybride. Green House ini dibuka untuk umum. Tentunya ini adalah momen seru bagi kalian untuk menabhan wawasan tentang bunga anggrek mulai dari cara kloning hingga dikembang biakkan.

3. Spot Foto

Terdapat spot foto yang cukup memikat hati anda. Namun yang paling popular disini adalah foto di bawah raksasa seperti binatang kingkong yang terbuat dari olahan tangan. Anda juga bisa berfoto di depan bunga anggrek yang cantik. Ambil angle yang tepat supaya foto anda terlihat istimewa dan bisa dipamerin ke orang lain.

4. Taman Kelinci

Bagi pengunjung yang bosan dengan melihat bunga anggrek, ada juga hewan yang menggemaskan, yaitu kelinci. Banyak jenis kelinci yang terdapat di kandang besar, diantaranya adalah kelinci anggora, kelinci LOP, kelinci havana, kelinci harlequin, kelinci hotot, kelinci new zealand, kelinci belanda, kelinci english spot, kelinci satin, kelinci lion dan kelinci himalayan. Tapi kelinci-kelinci yang ada disini bukanlah hasil dari kloning. Melainkan impor dari beberapa negara yang di kembang biakkan biar ramai. Pengunjung juga harus berhati-hati untuk tidak memberikan makanan sembarangan bagi para makhluk lucu ini. Jangan diberi minuman keras maupun narkoba.

5. Tempat Peristirahatan

Untuk pengunjung yang lelah atau ingin santai sejenak. Pengunjung bisa memakai fasilitas gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola. Kalian bisa rebahan, piknik, makan, atau melakukan hal lain selain berhubungan intim. Perlu dicatat jgua, bagi pengunjung yang memakai fasilitas gazebo, usahakan menggunakan budaya bergantian. Kasihan bagi pengunjung lain yang lelah dan tidak ada tempat untuk beristirahat.

6. Tempat Oleh-Oleh

Tak hanya bisa dilihat saja bunga anggrek yang ada didalam tempat wisata. Anda juga bisa membawa pulang beberapa bunga anggrek yang memang dijual dan disediakan oleh pihak pengelola. Untuk bibit bunga yang dijual disini mulai dari harga Rp 25.000. Dan adan juga yang sudag berbunga, range harga dimulai dari kisaran Rp 30.000 hingga Rp 100.000 untuk bunga anggrek yang umum. Ada juga yang langka dan dijual dari harga Rp 200.000/ Kalian tinggal pilih yang mana yang pas di kantong kalian.

7. Toilet Umum

Bukan hal yang aneh jika di dalam tempat wisata terdapat toilet untuk umum. Sebab kalau tidak disediakan sarana ini, kalian mau buang air dimana? Jangan mengotori area tempat wisata. Dan juga jangan membuang sampah di sembarang tempat biar tidak kotor dan tercemar.

8. Lahan Parkir

Seperti di artikel sebelumnya, kalau kalian ingin mendapat tempat parkir yang nyaman dan tidak berdesakan, usahakan saat kalian memarkir kendaraan, parkirlah yang rapi. Sebab susah kalau kendaraan roda empat di dorong oleh petugas parkir. Kalau kendaraan roda dua sih mudah.



Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Apa wisata Kampoeng Anggrek Kediri ini cocok untuk anak-anak ?
Jawaban : Ya, "Ada area bermain untuk anak, taman satwa, laboratorium anggrek, Taman Kelinci, galeri anggrek."
Pertanyaan : Berapa Harga tiket masuk Kampoeng Anggrek Kediri ?
Jawaban : kalian hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 saja per orang
Pertanyaan : Apa Saja Keunggulan dari Kampoeng Anggrek Kediri ?
Jawaban : tempat luas, harga tiket cukup murah. banyak kafe mini di dalamnya yang menjual kopi dan lain-lain. banyak taman, greenhouse, dan jenis tanaman yang dapat diamati. terdapat pula toko yang menjual tanaman. terdapat pula bus shuttle untuk berkeliling. akses bisa dilewati motor, mobil maupun bus, namun untuk bus, jalan cukup sempit.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments