Senin, 05 Oktober 2020

Permen Jelly Manis Enak, Ini Cara Bikinnya

Cara Bikin Permen Jelly



Permen Jelly adalah salah satu permen kesukaan anak-anak, karena bentuknya yang lucu serta rasanya yang manis membuat permen ini menjadi incaran pertama anak-anak ketika kita ajak belanja di minimarket.

Permen yang sangat kenyal dimulut ini memiliki rasa dan ragam yang sangat bervariasi, mulai dari rasa apel, strawberry, mangga, coklat dan masih banyak lagi. Dengan daya tarik seperti ini pasti deh anak-anak langsung suka.

Permen karet, permen bergetah, atau permen jeli adalah kategori luas dari permen kunyah berbasis gelatin. Beruang Gummi dan Bayi Jelly sangat populer dan merupakan bagian yang terkenal dari industri permen.

Cara membuat permen jelly seperti ini tidaklah sulit moms, hanya perlu mencampurkan air dengan sari buah ditambah dengan pembentuk gel seperti gelatin, karagenan, dan agar. Kemudian jika ingin tekstur yang lucu-lucu bisa dengan cetakan khusus ya moms.

Ah kok bisa semudah itu. Ya jelas dong, karena permen seperti ini tidak hanya industri besar saja yang memproduksi, melainkan rumah produksi juga bisa, apalagi buat sendiri dirumah. Tentunya sangat bisa.

Tips untuk membuat Permen Jelly yang enak dan pewarna tetap aman adalah, gunakan bahan alami untuk pangan ya moms. Meskipun pewarna makanan akan terlihat memudar ketika dijemur, namun itu lebih baik daripada menggunakan pewarna non pangan.

Kemudian tips untuk menjemur jelly agar tidak dikerumuni semut adalah, memberi pembatas pada jalan-jalan yang dilalui semut dengan lotions anti nyamuk. Tutup Permen Jelly ketika dijemur, menutupnya dengan kain kasa atau yang berongga. Jangan menutup dengan plastik, karena akan membuat Permen Jelly mengembun.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk kita coba membuat Permen Jelly dirumah ya moms.

Resep Permen Jelly

Bahan cara membuat permen jelly :

  1. 3 bungkus agar-agar plain
  2. 3 gelas air matang
  3. 3 gelas gula pasir
  4. Essens aneka rasa buah

Cara membuat permen jelly aneka rasa:

  1. Siapkan wadah dan masukan beberapa bahan seperti gula pasir, agar-agar dan air. aduk-aduk dan masak sampai mendidih, pastikan sampai semua tercampur dan larut.
  2. Jika ingin beraneka ragam rasa, bagian adonan permen jelly tadi ke dalam wadah berbeda. Masukan essen ke masing-masing wadah secukupnya.
  3. Siapkan cetak permen jellynya. tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai mengeras.
  4. Lepas Permen Jelly dari cetakan, siapkan wadah lain untuk menjemur permen jellynya.
  5. Kurang lebih 2 hari, permen jelly sudah bisa dipanen dan mengkristal. Jangan lupa untuk sering-sering dibolak-balik agar cepat kering.
  6. Jika ingin Permen Jelly bertahan lama, masukan ke dalam wadah yang kedap udara. Sajikan pada anak-anak ketika bermain di rumah atau kumpul bersama teman-teman.

Resep Permen Jelly kedua yang sangat disukai anak-anak adalah permen jelly gelatin.


Resep Permen Jelly gelatin

Bahan cara membuat permen jelly gelatin:

  1. 100 gram gelatin
  2. 200 ml air panas
  3. 150 gram glukosa
  4. 1 sendok makan citrunzur
  5. 1 sdt pengering
  6. 600 gram gula kastor
  7. Essens buah secukupnya
  8. Pewarna makanan secukupnya
  9. 160 ml air hangat

Untuk membuat permen jelly gelatin ini tidak jauh beda dengan permen jelly pada umumnya, yang membedakan cuma pada pencampuran gelatin saja. oke deh, simak nih pembuatan permen jelly gelatin.

Cara membuat permen jelly gelatin:

  1. Didihkan glukosa dengan air, aduk-aduk hingga tercampur.
  2. Siapkan wadah untuk mencampurkan beberapa bahan seperti air panas dan gelatin, masukan gelatin ke dalam panci glukosa tadi, aduk-aduk lagi hingga merata. Setelah matang, angkat.
  3. Tambahkan campuran Citrunzur, aduk-aduk lagi.
  4. Pisahkan adonan jelly gelatin ke masing-masing wadah berbeda. Beri pewarna dan perasa yang berbeda di masing-masing wadahnya.
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang lucu-lucu agar lebih menarik anak-anak. sebelumnya oleskan minyak tipis di wadah cetakannya.
  6. Sisihkan cetakan permen jelly gelatin tadi kurang lebih 24 jam.
  7. Sementara itu, siapkan gula Kastor halusnya sebagai penambah rasa manis di permen jelly nya. Setelah Permen Gelatinnya siap, ambil dan gulingkan di gula pasir halus tadi, simpan dan kemas dengan rapi oleh wadah yang kedap udara.
  8. Permen Jelly Gelatin siap dihidangkan moms.




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA
TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments