Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara membuat kue bolu kukus mekar, Modal alat Sederhana

Cara membuat kue bolu kukus mekar, Modal alat Sederhana

resep bolu kukus mekar (2)

Resep Bolu Kukus Mekar

Cara membuat kue bolu kukus mekar

Bahan-bahan

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 2 butir telur
  3. 200 gram gula pasir
  4. 1 sdt SP
  5. 200 ml air soda (me: pepsi)
  6. 3 sdm susu bubuk
  7. secukupnya pewarna makanan

Mempersiapkan adonan dan kukusan adalah 

  1. langkah pertama dalam membuat kue bolu kukus mekar. Untuk membuat adonan, campurkan tepung terigu, gula pasir, susu kelapa/susu/susu air, telur, SP, vanila, dan sedikit garam dalam mangkuk[1]. 
  2. Kemudian, kocok menggunakan mixer pada kecepatan tinggi selama setengah jam hingga adonan mengembang dan berwarna putih[2]. 
  3. Setelah adonan siap, siapkan kukusan dengan memanaskan udara pada bagian bawahnya hingga mendidih[3].
  4. Setelah kukusan siap, langkah selanjutnya adalah mengukus kue. letakkan cetakan bolu pada kukusan yang sudah panas. 
  5. Ambil 5 sendok makan adonan, campur dengan pasta pandan, lalu tuangkan ke dalam cetakan[4]. 
  6. Tutup kukusan dan biarkan kue matang selama sekitar 15-20 menit[5]. Pastikan kue telah matang dan mengembang dengan sempurna sebelum diangkat dari kukusan.

Untuk menciptakan efek mekar pada kue bolu kukus, gunakan cetakan yang memiliki lubang besar saat mengukus adonan[6]. 

Selain itu, pastikan adonan telah dikocok dengan baik selama setidaknya 15 menit menggunakan mixer pada kecepatan tinggi[7]. 

Hal ini akan membantu adonan mengembang dengan sempurna saat dikukus. Jangan lupa untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengikuti resep dengan benar[8]. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kue bolu kukus mekar yang lezat dan cantik siap disajikan[9].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi** – Saat membuat kue bolu kukus mekar, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Antara lain menggunakan telur segar, tepung berkualitas baik, dan ekstrak vanila murni. Menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi akan sangat mempengaruhi rasa dan tekstur kue.

Baca Juga :  Membuat Edamame Panggang untuk Camilan Diet Sehat

**Ikuti Takaran Resep dengan Tepat** – Memanggang adalah ilmu pengetahuan, dan bahkan variasi ukuran kecil pun dapat memengaruhi hasil kue Anda. Ikuti takaran resep dengan tepat, terutama dalam hal jumlah tepung, gula, dan bahan ragi. Ini akan memastikan kue mengembang dengan baik dan memiliki tekstur yang tepat.

**Mengocok Adonan dengan Benar** – Saat membuat adonan kue bolu kukus, pastikan Anda mengocok telur dan gula hingga mencapai tahap pita. Artinya adonan harus berwarna pucat, kental, dan meninggalkan bekas seperti pita saat pengocok diangkat. Adonan yang dikocok dengan benar akan menghasilkan kue yang ringan dan lapang.

**Kukus Kue dengan Benar** – Saat mengukus kue bolu, pastikan air di dalam kukusan sudah mendidih sebelum memasukkan kue ke dalamnya. Selain itu, hindari membuka penutup kukusan pada 15 menit pertama pengukusan agar kue tidak roboh. Mengukus kue dengan benar akan membantu kue mengembang dan mengembang secara merata.

**Dinginkan Kue dengan Benar** – Setelah dikukus, biarkan kue mendingin di dalam loyang selama 5-10 menit sebelum dikeluarkan. Kemudian pindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin. Mendinginkan kue dengan benar akan membantu mempertahankan struktur dan teksturnya. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat memastikan kue bolu kukus mekar Anda menjadi ringan, empuk, dan lezat.

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu kukus mekar? A: Untuk membuat kue bolu kukus mekar, Anda membutuhkan tepung terigu, gula pasir, telur, baking powder, ekstrak vanila, garam, dan air. Bahan-bahan ini penting untuk membuat adonan dasar kue.

Q: Bagaimana proses pembuatan adonan kue bolu kukus mekar? A: Untuk menyiapkan adonan kue bolu kukus mekar, Anda perlu mencampurkan tepung, gula, telur, baking powder, ekstrak vanila, dan garam menjadi satu. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga menjadi adonan halus dan tidak menggumpal. Adonan ini akan menjadi dasar kue.

Baca Juga :  Resep Balado Sarden Terong, Variasi Memasak Sarden Kalengan Super Lezat

Q: Bagaimana cara mengukus kue bolu kukus yang sudah mekar? A: Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi minyak. Kemudian masukkan loyang kue ke dalam kukusan di atas air mendidih. Kukus kue dalam jangka waktu tertentu, biasanya sekitar 30-40 menit, hingga matang sepenuhnya. Pastikan kukusan tertutup selama proses mengukus untuk memerangkap uap dan memasak kue hingga matang.

Q: Bagaimana teknik menciptakan efek mekar pada kue bolu kukus? A: Untuk menciptakan efek mekar pada bolu kukus, gunakan teknik tertentu saat menuangkan adonan ke dalam loyang kue. Mulailah dengan menuangkan sedikit adonan ke tengah loyang. Kemudian, tuangkan adonan dalam jumlah yang lebih banyak langsung di atas lapisan pertama, sehingga adonan menyebar ke luar, menciptakan efek mekar saat dikukus dan mengembang selama proses memasak.

Q: Bagaimana cara memastikan kue bolu kukus yang mekar menjadi ringan dan mengembang? A: Untuk memastikan kue bolu kukus yang mekar menjadi ringan dan mengembang, penting untuk mengocok telur dan gula hingga adonan menjadi pucat dan kental. Selain itu, mengayak tepung dan baking powder sebelum menambahkannya ke dalam adonan akan membantu menjaga kue tetap ringan dan lapang. Waktu dan teknik mengukus yang tepat juga penting untuk mendapatkan tekstur yang ringan dan halus pada kue akhir.

Referensi : 

1.   Resep Bolu Kukus Mekar oleh Ummi Zia.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com/id/resep/10042021-bolu-kukus-mekar 

2.   Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Begini Cara Buatnya!.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.happyfresh.id/blog/resep/resep-bolu-kukus/ 

3.   Cara Bikin Bolu Kukus dengan Berbagai Varian Rasa, ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.liputan6.com 

Baca Juga :  Kue Bolu Mangga Kukus, Sajian nikmat dari olahan Mangga, Ini Resepnya

4.   7 Resep Bolu Kukus Pandan Harum Manis Lembut dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.fimela.com 

5.   4 Cara Membuat Bolu Kukus agar Mengembang, ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.kompas.com 

6.   4 Tips Kukus Bolu Agar Hasilnya Mekar Merekah Sempurna.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.kompas.com 

7.   Bolu Kukus Mekar dan Tips Anti Gagal.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com 

8.   8 Cara Membuat Bolu Kukus Mekar yang Enak dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.liputan6.com 

9.   Resep Bolu kukus mekar simple oleh Riedha Rahmat.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com/id/resep/9975793-bolu-kukus-mekar-simple 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info