Skip to main content

Resep Kue Takir Gula Merah, Sajian Enak Hangatkan Suasana

Anaya Lariencia

Cara Membuat Kue Takir Gula Merah


Membuat Kue takir gula merah dapat menjadi sebuah alternatif untuk anda yang mau ngemil akan tetapi menghindari gorengan. 

Kue berikut terbuat dari tepung beras kemudian dimasak caranya dengan dikukus. Bahan yang dipakai untuk membuat kue ini adalah tepung beras, gula pasir, santan, daun suji, gula merah, juga daun pisang. Kue ini cocok dijadikan salah satu camilan bersama teh hangat.

Resep Takir Gula Merah

  1. 176 gr tepung beras putih
  2. 1 1/2 sendok makan gula pasir
  3. 660 ml santan dari setengah butir kelapa yang sedikit tua
  4. 21 lembar daun suji
  5. 151 gr gula merah, diiris
  6. Daun pisang yang akan digunakan membuat mangkuk

Lalu langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Jemur daun pisang sampai sedikit lentur. Lalu anda Bersihkan memakai serbet bersih. Setelah itu anda Potong daun pisang kira kira lebar 3-4 cm dengan mengikuti seratnya. Kemudian ujung daun dilipat ke atas, setelah itu kedua sisinya dilipat ke luar. Dengan bentuk dinding. Lakukan sama pada ujung daun di sisi lain, anda harus membuat beberapa takir.
  2. Kemudian daun suji dicuci bersih, lalu ditumbuk kasar sampai keluar airnya, lalu ditambah sedikit air, aduk rata, lalu peras sampai menghasilkan 50 ml air daun suji, baru anda sisihkan.
  3. Selanjutnya Campur tepung beras bersama gula pasir, secara merata. Tuang santan sedikit lama hingga adonannya sudah licin dan mencampur seluruhnya.
  4. Kemudian Tambah air daun suji, aduk sampai warna hijau nya sudah merata.
  5. Lalu anda Siapkan takir-takir daun, setelah itu masing-masing nya diberi satu sendok teh irisan gula merah. Selanjutnya anda tuang adonan tepung beras sampai tinggi tiga perempat takir.
  6. Jika sudah Panaskan dandang, takir-takir berisi adonan disusun ke dalamnya. 
  7. Baru anda kukus kira kira 15 menit sampai matang dan sedikit padat dan aromanya wangi. Baru anda Angkat dan hidangkan jika sudah dirasa sedikit dingin. 
  8. Kuen takir gula merah siap dimakan bersama teman atau keluarga ketika anda berkumpul bersama.


Sumber:kompas.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar