Minggu, 30 Agustus 2020

Resep Kue Bolu Mekar dan Manis Takir Daun Pisang

Resep Kue Bolu Mekar dan Manis



Bolu kukus adalah salah satu sajian wajib setiap kali ada acara di jawa, yang secara khusus sih di tempatku. Pasti setiap jajan selamatan selalu ada kue bolu dengan berbagai warna yang selalu menyajikan nostalgia rasa yang enak banget.

Kue bolu ini memiliki rasa yang lembut serta manis, sehingga semua orang pasti sangat suka dengan roti ini. Nah jika kalian ingin membuat Roti Bolu untuk acara selamatan atau untuk hidangan bersama keluarga. Topwisata punya resepnya kok.

Bagaimana cara membuat Kue Bolu Kukus yang lembut serta enak disetiap gigitan. Simak nih resep dan tipsnya. Oh iya sebelum ke langkah-langkah pembuatan kue bolu kukus yang enak, ada beberapa tips yang harus kalian tahu ya.

1. Pemilihan Telur
Dalam pemilihan telur untuk membuat kue bolu kukus sebaiknya pilih yang ukuran sedang. Karena kue bolu akan cepat mekar, adonan bisa kental dan mengembang sempurna.

2. Takaran Gula
Untuk membuat kue bolu kukus yang enak dan manis, jangan sampai mengurangi takaran gula ya. Ada baiknya ditambah saja namun jangan terlalu banyak. Penambahan gula ini terbilang penting, karena akan merangsang kue bolu dapat mekar.

3. Pengocokan Adonan
Pengocokan adonan ini harus menjadi perhatian penting ya moms, pastikan kocokan gula, emulsifier dan telur harus benar sempurna dan kental.

4. Pemakaian Loyang
Pemilihan loyang yang tepat adalah loyang yang memiliki banyak lubang bawah dan samping. Hal ini akan mempercepat proses masak kue bolunya, dan dapat mekar dengan sempurna.

Loyang yang kamu gunakan juga harus diberikan alas kertas roti dengan ukuran kurang lebih 15 x 15 cm. Alasi bagian bawah loyang hingga posisi loyang di tengah. Tekuk kertas mengikuti bentuk cetakan.

5. Proses Pengukusan
Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam proses pembuatan Kue Bolu kukus ini adalah proses pengukusannya. Gunakan alat pengukus yang mempunyai lubang kecil namun banyak, agar panas yang dihasilkan akan maksimal.

Kalian bisa menggunakan api besar atau sedang, supaya apa ? Supaya uap yang dihasilkan akan maksimum, dan akan menyelimuti semua permukaan adonan kue bolu.

Lapisi penutup kukusan dengan kain supaya air uap tidak menetes ke bolu kukus.

Nah, itulah tadi tips membuat kue bolu kukus yang mekar dan enak. Sekarang lanjut ke bagian yang tidak kalah penting, yaitu resep dan langkah pembuatan kue bolu kukus.

Bahan-bahan kue bolu kukus :

  1. 150 g gula merah, sisir halus
  2. 50 g gula pasir
  3. 150 ml air kelapa
  4. 300 g tepung beras
  5. 250 ml santan sedang
  6. daun pandan besar untuk takir/wadah

Ayak jadi satu:

  1. 100 g tepung terigu
  2. 5 g ragi instan
  3. 1 sdt baking powder
  4. 1 sdt bumbu spekuk


Cara membuat Kue Bolu Kukus :

  1. Langkah pertama untuk membuat kue bolu yang enak dan mekar adalah membuat takir-takir dari daun pandan atau daun pisang.
  2. Campurkan gula merah, gula pasir, dan air kelapa ke dalam satu panci. Kemudian masak sampai mendidih. Setelah mendidih dan masak sempurna, angkat dan saring dinginkan.
  3. Siapkan bahan ayakan seperti tepung terigu, ragi instan, baking powder dan bumbu spekuk. Kemudian tambahkan dengan saringan gula tadi, aduk-aduk hingga kalis. Diamkan adonan tadi sampai 2 jam, hingga mengembang.
  4. Setelah itu tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau takir yang kalian siapkan dari daun pandan atau pisang tadi sampai hampir penuh, ulangi hal ini sampai adonan habis.
  5. Siapkan kompor dan panaskan alat pengukus. Masukan adonan satu persatu ke dalam panci dan masak sampai 30 menit hingga merekah. Angkat dan dinginkan.



TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments