Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bolu Pisang Panggang, Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut

Resep Bolu Pisang Panggang, Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut

Bolu Pisang Panggang1

Resep Bolu Pisang Panggang,

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut

Recipe By siti
Course: Bolu Pisang Panggang Cusine:ID Difficulty:

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. pisang matang

  2. tepung terigu

  3. gula pasir

  4. telur

  5. margarin

  6. baking powder

  7. susu cair

  8. vanili

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan pisang matang hingga halus menggunakan garpu atau blender

  2. Langkah 2

    Setelah itu, campurkan pisang yang telah dihancurkan dengan gula pasir dan telur, aduk hingga merata

  3. Langkah 3

    Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, masukkan margarin cair, baking powder, susu cair, dan vanili, aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna

  5. Langkah 5

    Setelah adonan siap, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan taburi tepung tipis-tipis

  6. Langkah 6

    Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan bolu pisang

  7. Langkah 7

    Setelah oven panas, masukkan loyang berisi adonan bolu pisang panggang ke dalam oven

  8. Langkah 8

    Panggang bolu pisang pada suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang dan kecoklatan

  9. Langkah 9

    Untuk memastikan bolu pisang telah matang, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk menusuknya

  10. Langkah 10

    Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang menempel, berarti bolu pisang sudah matang dan siap untuk disajikan.

Bolu pisang panggang adalah salah satu kue yang sangat disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat bolu pisang panggang menjadi pilihan yang tepat untuk camilan di berbagai kesempatan. Selain itu, bolu pisang panggang juga mudah untuk dibuat di rumah. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep bolu pisang panggang yang mudah dan praktis untuk Anda coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bolu pisang panggang, Anda memerlukan bahan-bahan seperti pisang matang, tepung terigu, gula pasir, telur, margarin, baking powder, susu cair, dan vanili. Pisang yang digunakan sebaiknya pisang matang agar rasa manisnya lebih terasa. Tepung terigu digunakan untuk memberikan tekstur pada bolu, sedangkan gula pasir untuk menambahkan rasa manis. Telur berfungsi sebagai pengikat antara bahan-bahan lainnya, sedangkan margarin untuk menambahkan kelembutan pada bolu. Baking powder digunakan sebagai pengembang adonan, sedangkan susu cair untuk menambahkan kelembutan pada tekstur bolu. Terakhir, vanili digunakan untuk memberikan aroma yang harum pada bolu.

Langkah-langkah Pembuatan Bolu Pisang Panggang

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan pisang matang hingga halus menggunakan garpu atau blender. Setelah itu, campurkan pisang yang telah dihancurkan dengan gula pasir dan telur, aduk hingga merata. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik. Selanjutnya, masukkan margarin cair, baking powder, susu cair, dan vanili, aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna. Setelah adonan siap, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan taburi tepung tipis-tipis.

Baca Juga :  Nikmati Hidangan Kentang Lebih Nikmat, Buat Kentang Casserole Ditambah Keju dan Jagung Manis

Proses Panggang Bolu Pisang

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan bolu pisang. Setelah oven panas, masukkan loyang berisi adonan bolu pisang panggang ke dalam oven. Panggang bolu pisang pada suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang dan kecoklatan. Untuk memastikan bolu pisang telah matang, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk menusuknya. Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang menempel, berarti bolu pisang sudah matang dan siap untuk disajikan.

Penyajian dan Penyimpanan Bolu Pisang Panggang

Setelah bolu pisang panggang matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebentar sebelum memotongnya. Potong bolu pisang menjadi potongan-potongan sesuai selera dan sajikan pada piring saji. Bolu pisang panggang dapat disajikan sebagai camilan di sore hari bersama secangkir teh hangat. Jika tidak habis disantap sekaligus, bolu pisang panggang dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk agar tetap segar.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa resep bolu pisang panggang merupakan pilihan camilan yang lezat dan praktis untuk Anda buat di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat bolu pisang panggang sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

FAQ

Bisakah saya menggunakan pisang yang belum matang untuk membuat bolu pisang panggang? Tidak disarankan, karena pisang yang belum matang akan membuat bolu memiliki tekstur yang kurang lembut dan rasa yang tidak begitu manis.

Baca Juga :  Resep Semur Telur: Hidangan Klasik yang Selalu Menghangatkan

Apakah susu cair dapat diganti dengan susu bubuk untuk resep bolu pisang panggang? Tentu saja, Anda dapat menggunakan susu bubuk yang sudah dilarutkan dengan air sesuai takaran yang dibutuhkan dalam resep.

Berapa lama bolu pisang panggang dapat disimpan? Bolu pisang panggang dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruang selama 2-3 hari, atau dalam lemari pendingin untuk disimpan lebih lama.

Apakah saya bisa menambahkan kismis atau kacang ke dalam adonan bolu pisang panggang? Tentu saja, Anda dapat menambahkan kismis, kacang, atau bahan tambahan lainnya sesuai selera untuk memberikan variasi pada rasa bolu pisang panggang.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info