Rabu, 06 Mei 2020

Resep donat seenak J.CO ternyata mudah

Resep donat seenak J.CO terbongkar





Membuat donat nikmat ala Jco ternyata tidak susah lo kawan top wisata asalkan kalian tahu tips dan triknya membuat makanan donat kenyal Jco ini.

Donat Jco memang terkenal tidak mengeras walau sudah dingin dan ternyata gampang banget loh cara pembuatannya.

Perlu bahan tambahan resep rahasia yang membuatnya tetap kenyal dan nikmat ketika disajikan kalau sudah dingin.



Memang banyak sekali orang yang bertanya-tanya bagaimana sih cara membuat donat seenak jco yang lagi booming dengan paket donat mini nya.

Makanya banyak orang yang jatuh cinta dengan kenikmatan donat Jco. Baik itu Donat dengan ukuran kecil sampai dengan ukuran yang standar.

Membuat menu hidangan baru disaat PSBB memang sangat mengasyikkan ya sobat karena kita bisa beraktivitas di rumah.

Nah berikut bahan-bahan yang perlu kalian siapkan untuk membuat donat seenak punya jco.


1. Tambahkan Kentang


Bahan pertama yang perlu kalian siapkan adalah penambahan kentang pada adonan donat tersebut. Kentang memang memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat enak meskipun dimakan saat dingin.

Makin banyak kentang ditambahkan, donat akan jadi makin lembut.

Tapi, tentu takaran kentangnya tidak bisa 100%. Nanti malah jadi Kentang rebus loh.

Lazimnya penambahan kentang ini adalah 500 gram tepung terigu dengan gluten tinggi ditambah dengan 200 gram kentang yang sudah dihaluskan.

Ingat, kentangnya perlu kita kukus dulu kemudian dihaluskan.

Mengukus kentang pun tak boleh sembarangan.

Kentang harus dikukus dalam kondisi masih berkulit dan belum dikupas. 

Kenapa seperti itu karena kentang yang dikukus dengan kulitnya kentang tersebut akan menyerap air lebih banyak dan akan menghasilkan cita rasa yang begitu kenyal dan empuk.

Dengan merebus kentang bersama kulitnya maka hasil adonan Tepung terigu dengan kentang tersebut akan lebih berair daripada kentang yang kita rebus setelah mengupas kulitnya.

Kentang juga sebaiknya hanya dibelah dua selama dikukus, tidak lebih.

2. Takaran Air Harus Pas


Hal kedua yang harus diperhatikan dalam pembuatan donat Jco adalah takaran air yang harus benar-benar pas tidak boleh lebih tidak boleh kurang agar sajian menjadi lebih enak dan nikmat dimakan setiap saat.



Jika kalian salah dari awal saja maka hasil donat yang kalian masak akan menjadi keras dan tidak enak untuk disajikan kalau dingin.

Adonan yang keras menunjukkan takaran air yang kurang.

Nah jika kalian mengalami adonan seperti ini sebaiknya kalian memperhatikan takaran airnya dan segera mungkin untuk menambahkan air ke dalam adonan tersebut.

Tapi ingat, penambahan air harus dilakukan sebelum memasukan margarin, ya.

Jadi proses pembuatan donat J.Co yang benar adalah harus step by step dimulai dari mencampur tepung terigu, ragi instan,susu bubuk dan gula kemudian baru kentangnya dimasukkan.

Setelah itu, baru dimasukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Lanjut dengan penambahan margarin dan garam secukupnya.

3. Fermentasi Harus Benar


Hal ketiga yang harus benar-benar perhatikan dalam pembuatan donat J.CO adalah fermentasinya harus benar-benar pas.

Fermentasi Ini menghasilkan adonan donat yang mengembang ketika dimasak dan jika kalian tidak sempurna dalam hal fermentasinya maka donat tersebut akan terasa seperti bantet.

Setelah pencampuran bahan dan juga fermentasi sudah pas jangan langsung diolah ada baiknya kalian istirahatkan dulu adonan tersebut kurang lebih 30 menit.

Kalian juga harus benar-benar memperhatikan suhu dalam proses fermentasi ini semakin panas suhunya maka proses fermentasi ini akan semakin cepat dan Mungkin kalian tidak akan terlalu lama dalam mengistirahatkan adonan donat J.Co ini.

Tapi, kalau dibuat dalam ruangan berAC yang dingin misalnya, fermentasi jadi melambat.

Jadi bisa saja walau sudah 30 menit, donat masih belum mengembang sempurna.

Nah setelah step-by-step tadi sudah kalian lakukan kalian tinggal menggorengnya dengan api sedang saja agar adonan donat tidak mudah gosong dan masak secara sempurna.

Kandungan nutrisi dalam donat kentang ini adalah :
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 452

Gimana sobat pariwisata tentang tips membuat donat seenak J.Co ini Coba kalian terapkan di rumah dan Nikmatilah suasana keluarga di saat pandemic Corona.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments