Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cara Masak Geoduck atau Kerang Gajah

Resep Cara Masak Geoduck atau Kerang Gajah

resep kerang gajah (2)

Resep Kerang gajah Geoduck

Salah satu makanan yang lagi ngetrend di sosial media kembali membuat banyak orang penasaran. Makanan satu ini adalah Kerang Geoduck atau biasa disebut kerang gajah. Karena bentuknya yang mirip belalai gajah.

Kerang satu ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bagus asalkan dimasak dengan cara yang tepat. kerang gajah memiliki nutrisi lengkap seperti sumber protein dengan sedikit lemak dan kolesterol dibandingkan pilihan sari laut lainnya. Bobot 100 gram geoduck mentah mengandung kalori 80, lemak 0,5 gram, lemak jenuh 0,2 gram, protein 17,0 gram, kolesterol 30 miligram, besi 44 miligram, vitamin B12 9,1 gram, natrium 300 miligram, kalsium 78 miligram.

Kerang gajah di Indonesia sering kita jumpai di masakan china. baik itu dalam keadaan mentah atau dalam keadaan matang. Untuk rasa dan tekstur kerang gajah ini sangat kenyal, empuk dan padat. sehingga akan cocok buat siapapun.

Baca Juga :  Resep Sate Taichan Yang Lembut Dan Gurih

Jika dimasak terlalu lama, daging kerang gajah bakal sangat alot. Sifon kerang gajah umumnya disajikan mentah menjadi sashimi. Sementara, daging di dalam cangkang biasanya dimasak.

Nah, penasaran bukan cara membuat kerang gajah Geoduck. Ini resepnya :

Bahan-bahan

  • Kerang gajah Geoduck

Bumbu :

  • kecap asin
  • wasabi

Cara membuat Kerang gajah Geoduck : 

Untuk membuat sajian kerang gajah Geoduck tidaklah begitu susah ya bun, cukup beberapa bahan saja. kalian sudah bisa menikmatinya bersama keluarga.

  1. Bersihkan Kerang gajah Geoduck dari kotoran
  2. Siapkan panci dan panaskan air sampai mendidih. Rebus Kerang gajah Geoduck selama 30 detik sampai berubah warna. ingat, jangan terlalu lama, karena akan mengeras.
  3. Setelah itu tiriskan sebentar, dan masukkan ke dalam air es selama 5 menit.
  4. Tiriskan Kerang gajah Geoduck dari air es kemudian congkel perlahan daging dari cangkangnya. kalau bisa gunakan pisau kecil sampai terbuka dan terlepas.
  5. Buang cangkang Kerang gajah Geoduck, dan letakkan di mangkuk saji. lakukan ini sampai semua Kerang gajah Geoduck habis.
  6. Siapkan bumbu di mangkuk berbeda.campur kecap asin dan wasabi.
  7. Jadi deh bun,  Kerang gajah Geoduck siap disantap bersama keluarga
Baca Juga :  Resep Pizza Jamur Gampang Cara Buatnya Bikin Nagih

Kerang gajah juga dapat dimasak, biasanya ditumis sebentar dengan bumbu sederhana. Iris tipis serong daging kerang gajah. Lalu, panaskan mentega dan masukkan kerang gajah. Tumis selama lima hingga 10 detik sampai daging kerang berubah menjadi buram. Beri garam atau bumbu sesuai selera.

Selamat mencoba dan menikmati.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan