Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat sambal Goreng Ati, Sajian Enak untuk Hidangan Keluarga

Membuat sambal Goreng Ati, Sajian Enak untuk Hidangan Keluarga

Membuat sambal Goreng Ati (2)

Membuat sambal Goreng Ati

Bahan-bahan

  1. 4 pasang ati+ampela (rebus, potong2)
  2. 2 buah kentang (potong kotak2, goreng sampai berkulit)
  3. 1 papan petai (kupas, belah 2)
  4. 1 buah cabe merah besar (potong serong)
  5. 2 batang serai (memarkan)
  6. 1 ruas lengkuas (memarkan)
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 1 lembar daun salam
  9. 1/2 sdm air asam
  10. 1 sdm gula merah (serut)
  11. 1-2 sdm kecap manis
  12. 100 ml santan kental
  13. Secukupnya garam

Bumbu halus:

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 buah cabe merah
  4. 3 butir kemiri
  5. Secukupnya cabe merah keriting (sesuai selera)

Langkah-langkah membuat Saus Goreng Ati

  • Untuk membuat Saus Goreng Ati yang lezat, pertama-tama kumpulkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan [1]. Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi ati sapi, petai, cabai rawit hijau, kentang, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya. Peralatan yang dibutuhkan meliputi wajan, penggorengan, pisau, dan penghalus bumbu.
  • Siapkan bahan dasar saus dengan memasak ati sapi hingga matang dan kentang yang telah digoreng hingga kering [2]. Untuk memasak ati sapi, rebus ati sapi hingga matang. Kemudian potong ati sapi menjadi dadu kecil. Untuk memasak kentang, potong kentang menjadi dadu kecil dan goreng hingga kering. Setelah itu tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit hijau. Tambahkan juga garam secukupnya [3].
  • Goreng saus dan tambahkan bumbu dengan cara menggoreng bumbu halus hingga harum dan tambahkan ati sapi, kentang, dan petai [4]. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu tambahkan ati sapi, kentang, dan petai. Aduk rata dan tambahkan garam dan gula secukupnya [5]. Setelah semua bahan tercampur rata, sajikan Saus Goreng Ati yang lezat dan siap disantap [6].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi** – Saat membuat Saus Goreng Ati, penting untuk memulai dengan bahan-bahan yang segar dan berkualitas tinggi. Ini termasuk tomat segar, bawang bombay, dan paprika. Menggunakan bahan-bahan terbaik akan meningkatkan rasa dan kualitas saus secara keseluruhan.

Baca Juga :  Lontong sayur yang bikin tergiur, ini dia resepnya

**Panggang bahan dengan benar** – Memanggang tomat, bawang bombay, dan paprika hingga hangus akan menambah rasa kental dan berasap pada saus. Langkah ini penting untuk mengembangkan cita rasa yang kaya dan kompleks yang menjadi ciri khas Saus Goreng Ati.

**Menyeimbangkan rasa** – Perhatikan keseimbangan rasa pada saus. Sesuaikan jumlah garam, gula, dan keasaman (misalnya dari cuka) untuk mendapatkan perpaduan harmonis antara rasa manis, gurih, dan tajam. Keseimbangan ini adalah kunci untuk menciptakan saus yang utuh dan lezat.

**Biarkan saus mendidih** – Setelah semua bahan tercampur, biarkan saus mendidih dengan api kecil. Hal ini memungkinkan rasa menyatu dan mengintensifkan, menghasilkan saus yang lebih beraroma dan kohesif.

**Bereksperimenlah dengan bahan tambahan** – Meskipun resep tradisional Saus Goreng Ati terdiri dari tomat, bawang bombay, dan paprika, jangan takut bereksperimen dengan bahan tambahan untuk mempersonalisasi saus sesuai selera Anda. Misalnya, beberapa variasi mungkin menyertakan bawang putih, jahe, atau berbagai jenis cabai untuk menambah kerumitan dan rasa pedas. Ingatlah untuk menyeimbangkan rasanya. Kiat-kiat ini didasarkan pada persiapan tradisional dan ciri-ciri utama Saus Goreng Ati. Dengan mengikuti praktik terbaik ini, Anda dapat menciptakan saus beraroma dan seimbang yang mencerminkan esensi kuliner pokok Afrika Barat ini.

Baca Juga :  Resep Keripik Singkong Pedas Manis ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Mantap

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Goreng Ati? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Goreng Ati antara lain ati ayam, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, gula, garam, merica, daun jeruk, air, minyak goreng, dan kecap manis.

Q: Bagaimana cara menyiapkan saus dasar untuk Saus Goreng Ati? A: Basis saus untuk Saus Goreng Ati bisa diolah dengan cara menumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. Lalu masukkan ati ayam yang sudah dipotong-potong dan tumis hingga matang.

Q: Apa langkah-langkah dalam menggoreng saus dan menambahkan bumbu pada Saus Goreng Ati? A: Setelah dasar saus disiapkan, saus dapat digoreng dengan cara memasukkan daun jeruk dan aduk hingga harum. Selanjutnya tambahkan gula, garam, merica, air, dan kecap manis. Aduk rata dan biarkan hingga saus mengental dan bumbunya meresap.

Q: Apakah ada tips khusus untuk membuat Saus Goreng Ati agar lebih enak? A: Agar Saus Goreng Ati lebih enak, pastikan untuk menggoreng ati hingga matang sempurna sebelum ditambahkan ke dasar saus. Selain itu, pastikan untuk merendam bumbu dengan baik sehingga rasanya lebih mendalam.

Q: Bagaimana cara menyajikan Saus Goreng Ati dengan baik? A: Saus Goreng Ati dapat disajikan dengan taburan bawang merah goreng dan daun seledri sebagai hiasan. Saus ini dapat dinikmati sebagai pelengkap nasi putih hangat atau nasi goreng.

Referensi : 

1.   Resep Sambal Goreng Ati Krecek dan Cara Membuatnya ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari medan.tribunnews.com 

2.   Resep Sambel Goreng Ati Kentang, Inspirasi Masakan Sehari ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari jambi.tribunnews.com 

Baca Juga :  Resep Cireng Makaroni Ayam, Ide Jualan Kecil-Kecilan yang Ternyata Menguntungkan

3.   Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela oleh DEWI ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari cookpad.com 

4.   Resep Sambal Goreng Ati Kentang Enak dan Antiamis ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Sambel Goreng Kentang Ati Disertai Tips dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.gramedia.com 

6.   Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Enak ala Sasa.  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.sasa.co.id

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan