Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Masih Bingung Lauk Makan Hari Ini? Masak Saja Resep Tumis Ati Ampela Kecap

Masih Bingung Lauk Makan Hari Ini? Masak Saja Resep Tumis Ati Ampela Kecap

Tumis Ati Ampela Kecap

Resep tumis ati ampela kecap

Anda yang mengaku penggemar jeroan ayam memang direkomendasikan mencoba resep tumis ati ampela kecap. Anda pasti sudah pernah atau bahkan sering menyantap ati ampela ayam, tetapi jika dimasak dengan cara ditumis dengan beragam bumbu dan ada tambahan kecap sebagai pemanisnya. Mungkin Anda belum pernah mencicipinya, sehingga silahkan saja mencobanya di rumah.

Jadi, memasak ati ampela jangan hanya digoreng biasa, goreng tepung, semur, bumbu pedas, rendang, atau yang lainnya. Coba juga dengan bumbu berikut yang dijamin rasanya juga menggoyang lidah. Anda juga bisa menjadikan masakannya lebih pedas sesuai selera. Lalu, bagaimana resep tumis ati ampela kecap selengkapnya yang bisa dicoba di rumah? Baca dulu uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  • 5 pasang ati ampela ayam segar ukuran sedang
  • 3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya, lalu diiris kecil
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • 5 butir petai diiris panjang lalu digoreng sebentar
  • 2 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh merica
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok makan larutan asam Jawa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ati ampela dan menumis
Baca Juga :  Tahu Crispy Saus Sambal Pedas, Camilan Enak

Bumbu yang ditumbuk kasar

  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri disangrai
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai rawit keriting

Cara memasak tumis ati ampela kecap

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep tumis ati ampela kecap dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ati ampela ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ati ampela. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu ati ampela ke dalamnya.
  3. Goreng diatas api kompor sedang saja hingga berwarna kecoklatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu lagi.
  4. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng ati ampela sebelumnya hingga tersisa sekitar 2 sendok makan karena hanya untuk menumis. Lalu, panaskan lagi minyak untuk menumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar. Tumis hingga berbau harum.
  5. Tambahkan daun jeruk dan lengkuas, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, bumbui dengan kecap manis, garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata.
  6. Masukkan ati ampela goreng dan irisan petai. Aduk merata lagi hingga tercampur dengan semua bumbu. Tambahkan larutan asam Jawa, lalu masak hingga bumbu meresap.
  7. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum. Jika sudah, matikan kompor untuk segera menyajikan masakannya.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan tumis ati ampela kecap yang sudah matang ke atas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Siapkan juga nasi putih hangat untuk mendampingi saat menyantap masakannya.
Baca Juga :  Cara Buat Bakso Sapi Super Enak Dengan Mudah

Sekarang, apakah Anda penasaran dengan resep tumis ati ampela kecap diatas? Jika iya, silahkan segera coba memasaknya di rumah untuk lauk makan siang atau malam hari ini.

Lihat video membuat Tumis Ati Ampela Kecap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan