Lompat ke konten
Home » Cara Mudah Memasak Ati Ampela Kentang Saus Tiram

Cara Mudah Memasak Ati Ampela Kentang Saus Tiram

Ati Ampela Kentang Saus Tiram (1)

Resep ati ampela kentang saus tiram

Resep ati ampela kentang saus tiram bisa Anda masak dan dijadikan menu makan siang atau makan malam untuk keluarga tercinta.

Terutama Anda yang menyukai jeroan ayam, seperti ati ampela. Jangan hanya dimasak dengan menu yang biasa-biasa saja karena cukup membosankan.

Ati ampela sebagai bahan utama bisa dimasak dengan beragam bumbu dan hasil masakannya lebih bervariasi. Pastinya rasa masakan tersebut juga menggugah selera.

Nah, sekarang ati ampela ayam akan dimasak dengan campuran kentang dan bumbu saus tiram. Rasa gurihnya dijamin terasa dan sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasak resep ati ampela kentang saus tiram sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  1. 5 buah aiti ampela ayam segar
  2. 1 buah kentang dicuci bersih lalu dipotong dadu
  3. 1 cm jahe digeprek
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 1 buah tomat merah dipotong-potong
  6. 1 lembar daun salam
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. 1 sendok makan saus tiram
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. ½ sendok teh merica bubuk
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
  14. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Kreasi tahu telur khas surabaya ini enak untuk disajikan, ini dia resepnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 1 cm kunyit

Cara memasak ati ampela kentang saus tiram

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ati ampela kentang saus tiram dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu semua ati ampela yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus sekitar 15 menit. Angkat, tiriskan, dan potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, jahe, dan lengkuas. Tumis hingga semua layu.
  3. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Masukkan potongan ati ampela dan kentang. Aduk merata.
  4. Tambahkan kecap manis dan saus tiram, lalu aduk merata. Jika ingin agak berkuah, Anda bisa menambahkan air matang secukupnya dan aduk merata lagi.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, tambahkan saja kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi.
  6. Matikan kompor dan masakan ati ampela kentang saus tiram sudah matang, siap disajikan. Siapkan piring saji untuk plating, tuangkan masakan yang sudah matang diatas piring. Taburi dengan bawang merah goreng secukupnya jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Hidangan Berkuah Khas Banyumas, Soto Sokaraja Namanya

Resep ati ampela kentang saus tiram diatas cukup mudah memasaknya. Silahkan Anda coba sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Sponsor topwisata.info