Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Baceman Jeroan Sapi Khas Masakan Jawa yang Manis Gurih Menggugah Selera

Resep Baceman Jeroan Sapi Khas Masakan Jawa yang Manis Gurih Menggugah Selera

Jeroan Sapi Baceman (1)

Resep baceman jeroan sapi

Resep baceman jeroan sapi menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda sekalian para pecinta bahan makanan ini. Jeroan sapi, seperti bagian usus, hati, limpa, babat, otak, paru, dan yang lainnya. Bagi sebagian orang yang kurang menyukainya, mungkin terkesan menjijikkan dan menganggapnya tidak sehat untuk mengkonsumsinya. Sebaliknya, Anda yang menyukai jeroan sapi pasti sangat bersemangat untuk mencoba kulinernya berbahan tersebut.

Jeroan sapi bisa dimasak dengan berbagai bumbu yang salah satunya bumbu bacem. Baceman sangat identik dengan masakan khas Jawa khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Rasa manis gurihnya begitu dominan, sehingga sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Lalu, bagaimana resep baceman jeroan sapi yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang perlu Anda baca.

Bahan-Bahan

  • 500 gram jeroan sapi segar (usus, hati, limpa, babat, otak, paru, dan yang lainnya)
  • Air secukupnya untuk merebus jeroan
  • 3 lembar daun salam disobek-sobek
  • 5 lembar daun jeruk disobek-sobek
  • 300 ml air kelapa muda segar
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan

  • 3 cm lengkuas digeprek
  • ½ keping gula Jawa
  • 2 lembar daun salam
  • ½ sendok makan garam
  • 5 mata asam Jawa
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh ketumbar
Baca Juga :  Resep Ayam Cili Padi yang mudah dibuat

Cara Memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep baceman jeroan sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Bersihkan dulu semua jeroan yang sudah disiapkan. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Anda yang memiliki panci presto bisa menggunakannya untuk merebus jeroan sapi hingga empuk.

2. Setelah mendidih, ambil semua jeroan dan buang air sisa rebusannya. Lalu, rebus lagi jeroan kedua kalinya dengan air baru. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, lalu aduk sebentar. Rebus hingga mendidih dan jeroannya empuk. Angkat dan tiriskan. Tunggu beberapa saat hingga tidak terlalu panas.

3. Setelah jeroan tidak panas, potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Selanjutnya, siapkan panci bersih ukuran sedang, lalu tuangkan air kelapa muda ke dalamnya.

4. Nyalakan api kompor sedang saja dan rebus air kelapanya. Setelah itu, masukkan semua potongan jeroan sapi ke dalam panci. Aduk perlahan.

5. Tambahkan semua bumbu halus ke dalam panci, lalu aduk perlahan hingga tercampur dengan semua jeroan.

Baca Juga :  Resep Tongseng Tongkol, Cocok disantap Musim Penghujan

6. Masak hingga air kelapanya menyusut, sehingga bumbunya sudah meresap ke dalam jeroan. Jika warna jeroan sudah kecokelatan, berarti bumbunya sudah meresap.

7. Kalian bisa mencicipi sedikit masakan baceman tersebut untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah benar-benar matang, segera matikan kompor dan biarkan baceman beberapa saat.

8. Anda yang menyukai baceman basah bisa langsung menyantapnya. Namun jika menginginkannya yang lebih kering, bisa menggorengnya sebentar.

9. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng baceman jeroan. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan bacemannya ke dalamnya.

10. Goreng sekitar 1 – 2 menit saja dan tidak perlu menggorengnya terlalu lama. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

11. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan baceman jeroan sapi yang sudah matang diatasnya. Jika ingin menyantapnya untuk lauk makan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat. Lebih mantap lagi menyajikannya dengan sambal tomat, sambal terasi, atau yang lainnya sesuai selera Anda.

Setelah membaca uraian diatas, Anda bisa mencoba langsung resep baceman jeroan sapi tersebut. Jangan lupa mengajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya, jika sudah matang. Selamat memasak.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan