Lompat ke konten
Home » Inilah Resep Otak-Otak Udang yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Inilah Resep Otak-Otak Udang yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Resep otak-otak udang

Keyword : Resep otak-otak udang

Inilah salah satu kuliner yang bisa Anda buat sendiri di rumah, yaitu resep otak-otak udang. Biasanya, otak-otak dibuat dari bahan ikan tenggiri yang rasanya gurih dan lezat.

Namun sekarang, ikan tenggiri diganti dengan udang dan bisa dimasak otak-otak. Kuliner yang satu ini sudah populer hingga pelosok Indonesia. Bisa dijadikan lauk saat makan, atau juga bisa menjadi cemilan.

Rasanya sangat enak sehingga tidak heran mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya.

Untuk bisa memasak otak-otak udang, tentu saja Anda harus menyiapkan terlebih dulu bahan dan bumbunya. Tak perlu khawatir karena semuanya mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Namun yang paling penting, cara memasak otak-otak udang tersebut haruslah benar dan direkomendasikan. Tidak boleh sembarangan agar rasanya benar-benar lezat. Lalu, bagaimana cara memasak resep otak-otak udang yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 200 gram udang segar yang sudah digiling
  2. 75 gram tepung terigu
  3. 150 gram tepung tapioka
  4. 65 ml santan kelapa
  5. 100 ml air matang
  6. 3 siung bawang putih dihaluskan
  7. 2 butir telur ayam
  8. 2 batang daun bawang diiris
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok garam
  11. 1 sendok teh merica bubuk
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Daun pisang secukupnya
  14. Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Cirebon Memang Benar-Benar Mantul

Cara membuat otak-otak udang

Setelah semua bahan resep otak-otak udang di atas siap, silahkan mempraktikkan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Ambil wadah lalu campur tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk merata.
  2. Tambahkan irisan daun bawang, merica bubuk, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk merata bersama adonan tepung.
  3. Selanjutnya, rebus air hingga mendidih. Lalu, tuang air mendidih tersebut ke dalam adonan tepung dan aduk hingga merata. Diamkan beberapa saat hingga mendingin.
  4. Setelah dingin, masukkan santan kelapa, udang giling, dan telur. Aduk merata.
  5. Tambahkan ke dalam adonan tepung tapioka dan terus aduk merata. Coba cicipi sedikit adonan tersebut untuk memastikan rasanya pas atau belum. Jika menurut Anda belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi merata.
  6. Ambil daun pisang secukupnya, lalu taruh adonan otak-otak udang sekitar 1 sendok makan dan taruh di atasnya. Gulung dan kunci bagian ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan langkah itu hingga semua adonan otak-otak udang habis.
  7. Siapkan pan pemanggang. Setelah panas, bakar otak-otak udang di atasnya hingga matang. Jangan lupa membolak-balik otak-otak udang agar matangnya merata.
  8. Setelah matang, angkat dan sisihkan. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata otak-otak udang yang sudah matang di atas piring saji. Cabut tusuk giginya dan buka gulungan daun pisangnya. Cium dulu aroma khas otak-otaknya, lalu cicipi rasanya. Lebih enak disantap saat masih hangat.
Baca Juga :  Cumi Goreng Tepung, Dijamin Renyah, Begini Resepnya

Itulah resep otak-otak udang yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info