Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bacem Usus Sapi Masak Asam, Menu Lauk Sahur atau Buka Puasa yang Mantul

Resep Bacem Usus Sapi Masak Asam, Menu Lauk Sahur atau Buka Puasa yang Mantul

Resep Bacem Usus Sapi Masak Asam (1)

Resep bacem usus sapi masak asam

Resep bacem usus sapi masak asam bisa Anda masak dan praktikkan untuk menu sahur atau buka puasa pada saat bulan Ramadhan.

Terutama Anda yang suka masakan berbahan jeroan sapi yang salah satunya usus. Dimana usus sapi atau dalam bahasa Jawa disebut Iso berukuran cukup besar. Oleh karena itu, usus tersebut bisa dimasak dengan beraneka bumbu dan rempah.

Untuk kali ini, usus sapi akan dibacem dengan rasa gurih dan ada sedikit rasa asam karena ada tamnbahan asam Jawa di dalam bumbunya.

Anda yang tertarik dengan masakannya bisa coba memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca dulu resep bacem usus sapi masak asam selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram usus sapi segar
  2. 2 sendok makan asam Jawa
  3. 3 lembar daun salam
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 buah pekak atau bunga lawang
  6. 3 sendok makan madu
  7. 500 ml air kelapa muda
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 4 buah kemiri
  5. 2 sendok makan kelapa parut sangrai
  6. 1 sendok teh garam
  7. ¼ sendok teh ketumbar
  8. ¼ sendok teh merica butiran
Baca Juga :  Membuat Nasi Padang Daging Kambing dengan Cara Praktis

Cara memasak bacem usus sapi masak asam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep bacem usus sapi masak asam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan dulu semua usus sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Jika ukurannya cukup besar dan panjang, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Rebus semua usus sapi sekitar 30 menit hingga empuk. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu. Selanjutnya, siapkan sebuah wadah baskom dan masukkan semua potongan usus sapi ke dalamnya.
  3. Setelah itu, masukkan semua bumbu halus dan aduk merata dengan usus sapi. Tambahkan asam Jawa daun salam, lengkuas, bunga lawang, madu, dan air kelapa. Aduk lagi merata hingga semua bahan di dalamnya tercampur.
  4. Bagian dalam usus juga perlu dimasukkan bumbunya. Setelah itu, Diamkan sekitar 30 menit hingga bumbunya meresap ke dalam usus.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk memasak usus sapi. Setelah minyak panas, masukkan semua campuran usus sapi yang sudah diolah tadi ke dalam wajan.
  6. Masak dengan api kompor sedang saja hingga ususnya berubah warna dan baunya harum. Setelah matang, angkat dan sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  7. Siapkan piring saji untuk plating masakan bacem usus sapi yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikan ususnya lauk untuk makan sahur atau buka puasa.
Baca Juga :  Lodeh Tuna Pete Pedas, Kudapan Makan Malam Eco Rasane

Sekarang, pengetahuan Anda memasak menu buka puasa atau sahur semakin bertambah, setelah membaca resep bacem usus sapi masak asam diatas. Setelah mambaca dan memahaminya, jangan lupa dipraktikkan nanti. Selamat mencoba.

Lihat Video Resep Bacem Usus Sapi Masak Asam

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan