Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Jajanan Buka Puasa yang Wajib Dicoba untuk Menyambut Bulan Suci Ramadan

Jajanan Buka Puasa yang Wajib Dicoba untuk Menyambut Bulan Suci Ramadan

jajanan buka puasa (2)

Jajanan Buka Puasa

Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan ini adalah saat yang paling dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai bentuk ibadah dan penghormatan kepada Allah. Dan pada saat magrib tiba, mereka akan membatalkan puasa dengan makanan yang disebut “buka puasa” atau “iftar”.

Buka puasa adalah momen yang sangat spesial bagi umat Muslim, karena selain berbagi makanan bersama keluarga dan teman-teman, juga ada banyak jajanan yang khas dan wajib dicoba untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Inilah saatnya untuk merayakan dan menikmati hidangan yang lezat dan nikmat setelah seharian berpuasa.

Salah satu jajanan buka puasa yang paling populer adalah kolak. Kolak adalah makanan penutup yang terbuat dari pisang atau ubi yang direbus dengan santan dan gula merah. Rasanya yang manis dan lembut membuat kolak menjadi pilihan yang sempurna untuk menyegarkan mulut setelah berpuasa seharian.

Selain kolak, ada juga takjil yang tidak boleh dilewatkan saat buka puasa. Takjil adalah jajanan kecil yang biasanya disajikan sebelum makan utama. Beberapa pilihan takjil yang populer di Indonesia adalah kurma, kolak, es buah, dan timun suri. Selain menyegarkan, takjil juga memberikan energi yang dibutuhkan setelah berpuasa seharian.

Baca Juga :  3 Resep Minuman Hangat ala Kafe yang Dijamin Enak

Bagi yang menyukai makanan gurih, sate padang adalah jajanan buka puasa yang wajib dicoba. Sate padang terdiri dari daging yang ditusuk dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Padang. Rasanya yang pedas dan gurih membuat sate padang menjadi hidangan yang cocok untuk memuaskan rasa lapar setelah berpuasa.

Selain itu, ada juga jajanan berat lainnya yang cocok untuk buka puasa, seperti tahu gejrot, gado-gado, dan opor ayam. Tahu gejrot adalah makanan yang terbuat dari tahu yang diiris tipis dan dicampur dengan bumbu pedas dan asam. Sementara gado-gado adalah salad buah dan sayuran yang dicampur dengan saus kacang. Dan opor ayam adalah hidangan ayam yang dimasak dengan bumbu santan kental.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sajian Resep Sajian Imlek

Bagi pecinta manis, jajanan buka puasa yang wajib dicoba adalah bubur sumsum dan lapis legit. Bubur sumsum adalah makanan penutup yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan dan gula merah. Rasanya yang manis dan lembut membuat bubur sumsum menjadi hidangan yang cocok untuk menutup buka puasa. Sedangkan lapis legit adalah kue lapis yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak dalam lapisan yang berulang. Rasanya yang manis dan legit membuat lapis legit menjadi pilihan yang sempurna untuk mengakhiri buka puasa.

Tidak hanya itu, ada banyak lagi jajanan buka puasa lainnya seperti ketupat, emping melinjo, dan ketan hitam yang wajib dicoba untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Selain mengenyangkan perut, jajanan buka puasa juga merupakan bagian dari tradisi dan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Baca Juga :  Nanas 1kg bisa buat apa aja? Ini Rekomendasinya

Jadi, tunggu apa lagi? Sambut bulan suci Ramadhan dengan penuh sukacita dan nikmati berbagai jajanan buka puasa yang wajib dicoba. Selamat berpuasa dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan