Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Menu Sahur Tanpa Nasi? 10 Pilihan Menu Sahur yang Lezat dan Bisa Menggantikan Nasi

Menu Sahur Tanpa Nasi? 10 Pilihan Menu Sahur yang Lezat dan Bisa Menggantikan Nasi

Menu Sahur Tanpa Nasi (1)

Menu Sahur Tanpa Nasi?

Makan sahur adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan. Saat sahur, umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan bisa menjaga kenyang hingga waktu berbuka tiba. Namun, tidak semua orang bisa atau ingin mengonsumsi nasi saat sahur. Mungkin karena alasan kesehatan atau hanya ingin mencoba menu yang berbeda setiap hari. Tapi jangan khawatir, ada banyak pilihan menu sahur yang lezat dan bisa menggantikan nasi. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Roti Bakar dengan Selai Kacang

Roti bakar dengan selai kacang adalah salah satu menu sahur yang bisa menggantikan nasi. Roti yang dibakar dengan sempurna dan diolesi selai kacang yang kaya akan protein dan lemak sehat akan membuat kamu kenyang hingga waktu berbuka. Kamu juga bisa menambahkan potongan buah-buahan untuk menambah rasa dan nutrisi.

Bubur Ayam

Bubur ayam juga bisa menjadi pilihan menu sahur yang menggantikan nasi. Bubur ayam yang diisi dengan daging ayam, telur, dan sayuran seperti daun bawang dan seledri akan memberikan nutrisi yang lengkap untuk tubuh. Selain itu, rasanya yang lezat dan menghangatkan juga membuatnya menjadi salah satu hidangan yang populer saat bulan Ramadan.

Baca Juga :  3 Masakan Berbahan Daging Ayam Khas Aceh yang Endeus, Bikin Tergoda Untuk Segera Menghabiskan

Oatmeal dengan Buah-Buahan

Bagi kamu yang sedang menjaga pola makan sehat, oatmeal bisa menjadi pilihan menu sahur yang lezat dan menggantikan nasi. Oatmeal yang kaya akan serat dan nutrisi bisa membuat kamu kenyang hingga waktu berbuka. Tambahkan potongan buah-buahan seperti pisang atau stroberi untuk menambah rasa dan nutrisi.

Sup Sayur

Sup sayur adalah salah satu hidangan yang kaya akan nutrisi dan bisa menggantikan nasi saat sahur. Berbagai jenis sayuran yang direbus bersama dengan daging atau ayam akan memberikan nutrisi yang lengkap untuk tubuh. Sup sayur juga memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, cocok untuk mengawali hari puasa.

Telur Dadar

Telur dadar adalah salah satu hidangan yang praktis dan bisa menjadi pilihan menu sahur yang menggantikan nasi. Telur yang kaya akan protein dan vitamin ini bisa dicampur dengan sayuran seperti wortel dan buncis untuk menambah nutrisi dan rasa.

Baked Beans

Baked beans adalah makanan yang terbuat dari kacang merah yang direbus dan ditambahkan saus tomat. Makanan ini kaya akan protein, serat, dan karbohidrat sehingga cocok menjadi menu sahur yang menggantikan nasi. Kamu juga bisa menambahkan potongan roti gandum untuk menambah kandungan karbohidratnya.

Baca Juga :  Bingung buat Kuah Bakso yang Enak ? Ini Resepnya

Sayur Tumis

Sayur tumis adalah hidangan yang bisa membuat kamu kenyang hingga waktu berbuka. Berbagai jenis sayuran seperti wortel, buncis, dan kacang polong ditumis dengan sedikit minyak dan bumbu-bumbu sesuai selera. Sayur tumis juga bisa menjadi pilihan menu sahur yang sehat dan rendah kalori.

Salad Buah

Salad buah adalah pilihan menu sahur yang cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan. Campuran buah-buahan yang segar dan kaya akan vitamin dan antioksidan akan memberikan energi yang cukup untuk menjalani puasa. Tambahkan yogurt atau madu untuk menambah rasa dan nutrisi.

Mie Instan Sehat

Mie instan yang diolah dengan cara yang sehat juga bisa menjadi pilihan menu sahur yang menggantikan nasi. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti daun bawang dan telur untuk menambah nutrisi dan rasa. Hindari menggunakan bumbu yang terlalu banyak untuk mengurangi kandungan garam dan lemak jenuh.

Baca Juga :  10+ Resep Nasi Goreng Rumahan, Rasa Mewah, Coba Pilih

Smoothie

Smoothie adalah minuman yang terbuat dari campuran buah-buahan dan susu atau yoghurt. Minuman ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang bisa memberikan energi untuk menjalani puasa. Kamu juga bisa menambahkan oatmeal atau biji chia untuk menambah kandungan seratnya.

Itulah 10 pilihan menu sahur yang bisa menggantikan nasi. Kamu bisa mencoba menu yang berbeda setiap hari untuk menghindari kebosanan dan memberikan nutrisi yang berbeda bagi tubuh. Selamat mencoba dan selamat menjalani puasa!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan