Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Rica Paru Sapi, Masakan Gurih Pedas Pembangkit Selera Makan

Resep Rica Paru Sapi, Masakan Gurih Pedas Pembangkit Selera Makan

Rica Paru Sapi (1)

Resep rica paru sapi

Resep Rica Paru Sapi, Masakan Gurih Pedas Pembangkit Selera Makan

Resep rica paru sapi menjadi salah satu kuliner dengan rasa pedas menyengat. Jadi, sangat cocok  bagi Anda sekalian yang suka menyantap masakan pedas. Apalagi bahan utamanya digunakan paru sapi yang termasuk jenis jeroan.

Rasa kenyal dan empuk pada paru sapi yang sebelumnya digoreng, lalu dimasak dengan bumbu rica menghasilkan rasa gurih pedas maksimal.

Namun tenang saja, level pedas bumbu ricanya bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah matang, masakan rica paru sapi sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat yang dijamin mantul.

Lalu, bagaimana resep rica paru sapi selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-Bahan

  1. 450 gram paru sapi segar
  2. 7 cm jahe digeprek
  3. 3 batang serai digeprek
  4. 10 lembar daun jeruk
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. 1 buah jeruk nipis
  8. Air secukupnya untuk merebus paru sapi
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng paru sapi
Baca Juga :  Ide Bisnis Pisang Salut Rasa Coklat, Ini Resep dan Caranya

Bumbu yang Dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah keriting
  4. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 2 buah tomat merah

Cara Memasak Resep Paru Rica

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep rica paru sapi dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu paru sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus paru sapi hingga matang dan empuk. Angkat, tiriskan, dan sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  2. Setelah itu, iris tipis-tipis paru sapi yang sudah direbus tersebut. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng paru. Setelah panas, goreng paru hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng paru tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan jahe, batang serai, dan daun jeruk. Tumis hingga semua bahan layu dan merata.
  6. Setelah itu, masukkan paru goreng ke dalam wajan dan aduk merata lagi. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk. Aduk merata.
  7. Beri perasan air jeruk nipis dan aduk lagi. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan rica paru sapi yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Soto Banjar Kalimantan Selatan: Sajian Lezat dengan Cita Rasa Khas

Beberapa langkah memasak resep rica paru sapi diatas dapat Anda praktikkan di rumah. Bahan dan bumbu yang sederhana bisa Anda dapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan