Lompat ke konten
Home » Resep » Mari Coba Resep Soto Sulung Khas Surabaya yang Rasanya Mantul dan Menggugah Selera

Mari Coba Resep Soto Sulung Khas Surabaya yang Rasanya Mantul dan Menggugah Selera

Resep Soto Sulung (1)

Resep soto Sulung

Apa itu resep soto Sulung? Bagi selain warga asli Kota Surabaya, mungkin belum mengetahui kuliner yang satu ini. Sebuah kuliner berkuah segar dan pastinya lezat hadir di Kota Pahlawan tersebut bernama soto Sulung. Kata Sulung bukan berarti anak pertama, tetapi merupakan nama jalan dimana pertama kali soto Sulung tercipta dan dijual hingga laris manis.

Jenis soto ini memakai bahan daging sapi dan jeroan sapi, seperti soto Betawi. Namun, tetap ada ciri khas dari rasanya secara keseluruhan. Anda mungkin yang penasaran dengan rasa sotonya bisa coba membuatnya di rumah. Sekedar tips, jeroan sapi harus direbus dua kali dengan air berbeda agar tidak berbau menyengat. Lebih bagus lagi, pergunakan kapulaga saat proses merebusnya.

Lalu, bagaimana resep soto Sulung khas Surabaya yang populer itu? Silahkan Anda membaca selengkapnya uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram daging sapi segar bagian sandung lamur
  2. 200 gram jeroan sapi segar, seperti usus, babat, hati, paru, dan limpa
  3. 2 batang serai digeprek
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 3 butir kapulaga
  8. 2 buah bunga lawang
  9. 4 cm kayu manis
  10. 4 butir cengkih
  11. 2 sendok teh gula pasir
  12. 2 sendok makan garam
  13. 1,5 liter air
  14. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Vla Puding Buah Segar, Kudapan Tekstur Lembut dan Kenyal

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri disangrai
  • 2 cm kunyit dibakar
  • 2 cm jahe
  • ½ sendok teh merica butiran

Bahan pelengkap

  • 2 butir telur asin matang dibelah dua
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Kerupuk udang secukupnya
  • Irisan jeruk nipis secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Sambal cabai rawit secukupnya

Cara memasak soto Sulung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mulai mempraktikkan cara memasak resep soto Sulung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Anda yang memiliki panci presto silahkan menggunakannya. Namun jika tidak memilikinya, pakai saja panci biasa, tetapi proses perebusannya lebih lama.
  2. Panci presto tersebut digunakan untuk merebus daging dan jeroan sapi. Siapkan pancinya dan beri air secukupnya, lalu masukkan daging dulu dan rebus sekitar 20 menit. Angkat dan tiriskan daging. Sisihkan.
  3. Begitu juga dengan jeroan sapi silahkan direbus di dalam panci presto sekitar 20 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan semua jeroannya. Sisihkan.
  4. Buang air sisa rebusannya dan bersihkan lagi panci presto. Setelah itu, beri 1,5 liter air yang sudah disiapkan. Masukkan daging dan jeroan sapi. Tambahkan kapulaga, kembang lawang, kayu manis, dan cengkih.
  5. Rebus sekitar 30 menit hingga daging dan jeroan benar-benar matang dan empuk. Setelah itu, matikan kompor dan buka penutup pancinya. Sisihkan dulu.
  6. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  7. Tambahkan serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Tumis lagi hingga semua bahan layu. Matikan kompor, lalu masukkan semua tumisan ke dalam rebusan daging dan jeroan.
  8. Nyalakan lagi panci presto diatas api kompor kecil saja tanpa perlu menutupnya. Aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Matikan kompor.
  9. Ambil dan tiriskan daging dan jeroan sapi yang sudah matang. Lalu, potong-potong ukuran kecil atau sesuai selera Anda.
  10. Waktunya plating. Siapkan 3 – 4  mangkuk ukuran sedang, lalu beri nasi putih secukupnya. Setelah itu, beri potongan daging dan jeroan yang sudah metang secukupnya. Tuangkan kuah soto dan jangan lupa lengkapi dengan taburan bawang merah goreng, kecap manis, perasan jeruk nipis, sambal cabai rawit, serta tidak ketinggalan kerupuk udang.
Baca Juga :  Resep Pangsit Rebus Kuah yang Hangat dan Segar saat Disantap

Bahan dan bumbu resep soto Sulung memang cukup banyak, tetapi dijamin rasa sotonya benar-benar mantul. Silahkan Anda coba di rumah untuk disajikan kepadaa seluruh anggota keluarga.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan