Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Paru Goreng Bumbu Bacem dengan Sambal Bajak Memang Sangat Istimewa

Resep Paru Goreng Bumbu Bacem dengan Sambal Bajak Memang Sangat Istimewa

paru goreng bumbu bacem (1)

Resep paru goreng bumbu bacem

Ada resep paru goreng bumbu bacem yang bisa Anda praktikkan cara memasak atau membuatnya di rumah.

Paru sapi yang rasanya kenyal saat sudah matang tersebut akan diolah dengan bumbu bacem yang identik dengan rasa manis gurih.

Biasanya, menu jeroan sapi baceman seperti itu dijual di warung atau rumah makan khas Jawa. Namun sekarang,

Anda bisa membuatnya sendiri tentu saja dengan langkah-langkah yang direkomendasikan agar rasanya setelah matang benar-benar maknyus.

Apalagi paru bacemnya nanti disajikan dengan sambal bajak yang dijamin semakin saja mantang. Sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang bersama nasi putih hangat.

Lalu, bagaimana resep paru goreng bumbu bacem selengkapnya? Berikut informasinya yang perlu Anda baca.

Bahan paru goreng

  1. 250 gram paru sapi segar
  2. 3 cm jahe digeprek
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. ½ sendok teh garam

Bahan bumbu bacem

  1. 5 butir bawang merah dihaluskan
  2. 3 siung bawang putih dihaluskan
  3. 1 sendok makan gula Jawa
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 3 sendok makan kecap manis
  7. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Resep Soto Sulung Khas Surabaya, Kuliner Legenda Masyarakat Jawa Timur

Bahan sambal bajak

  1. 5 buah cabai rawit merah
  2. 5 buah cabai merah keriting
  3. 3 buah cabai merah besar
  4. 2 buah tomat merah dipotong dua
  5. 1 sendok makan gula Jawa
  6. 1 sendok teh terasi
  7. ½ sendok teh garam

Cara membuat paru goreng bumbu bacem

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep paru goreng bumbu bacem dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua paru sapi mentah yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Selanjutnya, siapkan panci dan rebus paru bersama seluruh bahan untuk paru yang sudah disiapkan. Rebus dengan api kompor sedang saja hingga mendidih dan menyusut airnya. Angkat dan tiriskan.
  3. Buang semua air dan bahan di dalam panci, lalu beri air lagi secukupnya untuk merebus paru kedua kalinya. Masukkan parunya dan semua bumbu baceem yang sudah disiapkan. Rebus dengan api kompor sedang saja hingga mendidih dan menyusut airnya. Angkat dan tiriskan.
  4. Silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banya untuk menggoreng paru. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu paru bacem ke dalamnya. Goreng paru hingga berwarna kehitaman, tetapi jangan sampai gosong. Oleh karenanya, bolak-balik saat menggorengnya. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Langkah berikutnya membuat sambal bajak. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan Anda bisa menggunakan minyak goreng sisa menggoreng paru tadi. Kurangi hingga minyaknya tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja.
  6. Setelah panas, tumis semua cabai dan tomat hingga layu, lalu tambahkan sedikit air. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan terasi, gula Jawa, dan garam. Setelah itu, uleg kasar saja hingga semua bahan menyatu.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan paru goreng bacem yang sudah matang diatasnya. Lalu, tuangkan sambal bajak diatas paru atau mungkin Anda ingin memisahkan sambalnya di wadah lain. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Viral Cara Membuat Resep Risol Mayo Margo Yang Lumer

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep paru goreng bumbu bacem dengan sambal bajak yang direkomendasikan. Silahkan Anda praktikkan untuk menu laun makan siang hari ini. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan