Tongseng Ayam Mercon, Pedas Nikmat Bikin Lupa Diri

Tongseng Ayam Mercon


Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah. Seng dari tongseng itu merupakan singkatan kata dari 'oseng-oseng' yang dalam Bahasa Indonesia artinya menumis. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia artinya masakan terbuat dari daging (kambing) dicampur dengan kuah gulai, kecap, dan kubis. 


Dipercaya bahwa daerah pertama penghasil tongseng adalah Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah. Bahkan di daerah asalnya terdapat monumen penjual dengan gerobak sate dan tongseng pikul yang menunjukkan kebanggaan masyarakat Klego akan kuliner tersebut. 

Kini kuliner tongseng menyebar hingga seluruh nusantara dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia.

Berdasarkan sejarahnya sebenarnya makanan tongseng terinspirasi oleh pedagang Timur Tengah berabad-abad lalu. 

Banyak saudagar dari Timur Tengah di abad ke 17 hingga 18 datang berdagang di Indonesia. Selain berdagang mereka juga menyebarkan agama dan membawa kegemaran lainnya, termasuk kuliner. 
Awalnya tongseng ini menggunakan daging kambing atau domba sebagai sumber protein hewaninya, namun karena harga jenis daging tersebut di Indonesia relatif mahal maka terciptalah ide untuk membuat tongseng menggunakan protein hewani dari daging ayam. 

Daging ayam memiliki harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat dengan kandungan gizi yang baik dan lebih mudah dijumpai ketersediaannya. 

Tenang guys, mengganti daging kambing dengan daging ayam tak akan merubah cita rasa dari nikmatnya masakan tongseng ini. Supaya lebih menggugah selera masakan tongseng biasanya dibuat dengan variasi rasa yang pedas, sehingga dapat menimbulkan ledakan rasa nikmat di mulut dan dijamin membuat para penikmatnya tak akan bosan untuk menyantap makanan ini. 

Penasaran kan gimana resep masakan Tongseng Ayam Pedas satu ini bikin kalian bakalan lupa diri sama program dietnya, yuk langsung aja kepoin ya…

Bahan-bahan :

  1. 1000g daging ayam, potong menjadi 15 bagian
  2. 8 sdm santan kental, bisa menggunakan santan instan atau susu fullcream
  3. 500 ml air
  4. 2 buah batang serai, memarkan
  5. 300 gram kol
  6. 3 buah tomat hijau, potong kotak buang isinya
  7. 2 batang daun bawang, potong tipis
  8. 8 sdm kecap manis
  9. 2 sdt merica putih bubuk
  10. 3 sdm minyak, untuk menumis
  11. 1 ruas lengkuas, memarkan
  12. 2 lembar daun jeruk
  13. 1 lembar daun salam
  14. 3 sdm bawang merah goreng

Bumbu halus

  1. 15 buah cabai rawit merah
  2. 9 butir bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. 2 sdt kaldu jamur 
  6. 1 sdt ketumbar butiran
  7. 1 sdt gula pasir
  8. ½ sdt garam


Langkah memasak :

  1. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender, proses hingga halus.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas lalu adu-aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan daging ayam dan air aduk rata kembali. Masak hingga daging matang.
  3. Masukkan santan/susu fullcream masak hingga santan mendidih. Jangan lupa masukkan kol, tomat, dan daun bawang lalu aduk-aduk kembali agar bumbu tercampur sempurna.
  4. Tambahkan kecap manis, merica, dan gula lalu koreksi rasa.
  5. Apabila ayam sudah empuk dan matang, matikan api pindahkan masakan ke dalam mangkok saji.
  6. Taburkan bawang goreng di atas mangkok saji dan tongseng siap untuk disajikan di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Cukup mudah bukan membuat masakan tongseng ayam ini, disajikan dengan sepiring nasi hangat dan ditemani dengan kerupuk dan segelas wedang teh atau wedang uwuh hangat wow berasa kalau kita lagi kulineran di daerah jawa tengah guys.. 


Langganan Surel
Langganan