Skip to main content

Air Terjun Sipiso-piso, Mempesona dan Tertinggi di Indonesia

Rizky Vanrio Pradhana Nusantara

Air Terjun Sipiso-piso


Air Terjun Sipiso-piso menurut artinya dinamakan sebagai patahan Surga yang diberikan oleh Tuhan. Keindahan objek wisata ini sudah sampai ke telinga warga Singapura. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya wisatawan asal negara tersebut tampak berkunjung.
Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Karena, ketinggiannya mencapai 120 meter. Dari kejauhan saja, setiap pengunjung sudah bisa melihat derasnya aliran air yang membentuk seperti pisau. Dalam bahasa batak pisau memiliki arti piso.

Oleh karena itu, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai sipiso-piso. Bila beruntung, Anda bisa menikmati kehadiran pelangi di sini. Waktu terbaik menuju ke titik lokasi adalah siang hari sekitar pukul 12 siang.

Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Melihat langsung keindahannya dari bawah menjadi kewajiban setiap wisatawan. Tetapi, tidak disarankan datang di atas pukul 3 sore. Dari area parkir menuju titik lokasi harus menuruni anak tangga, jumlahnya kurang lebih 500.
Waktu tempuh rata-rata setiap pengunjung 45 menit sampai 80 menit. Mencapai area ini sudah tersedia transportasi umum dari Medan. Menggunakan Bus kemudian, sambung dengan ojek. Total waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi jarak tempuh dari Medan menuju Desa Tongging, letak air terjun ini kurang lebih 35 kilometer. Sementara, harga tiket masuk menikmati berbagai macam keindahannya mulai dari Rp5 ribu.

Daya Tarik Air Terjun Sipiso-piso

Banyak spot menarik bisa Anda temukan disini, salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengunjung. Tidak hanya sampai itu saja, Anda juga bisa menikmati fasilitas Gardu Pandang yang sengaja dibangun untuk menikmati panoramanya.

Dari Gardu Pandang ini, Anda bisa melihat dua pesona sekaligus. Selain panorama air terjun, menawannya Danau Toba juga akan tampak. Jangan sampai melewatkan keindahan luar biasa saat senja. Waktu terbaik melihatnya adalah Bulan Desember akhir.

Pada bulan tersebut, posisi matahari berada di kawasan selatan. Hal tersebut berdampak pada cahaya senja, langit lebih oranye terutama pukul 5 ke atas. Saat langit cerah keindahannya akan bertambah berkali lipat.
Anda harus mencoba datang dan melihat sendiri salah satu patahan Surga untuk Kabupaten Karo ini. Paling direkomendasikan datang saat musim pancaroba dari penghujan ke kemarau, bila ingin melihat panorama mengesankannya.

Fasilitas Lain di Air Terjun Sipiso-piso

Fasilitas warung makan sudah tersedia tidak jauh dari area parkir. Di sini Anda bisa membeli berbagai macam kebutuhan serta perlengkapan menuju ke bawah. Hampir seluruh menu makanan dan minuman khas yang ditawarkan enak dan dijamin nagih.

Selain itu, ada juga penjual souvenir yang bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harganya sendiri cukup murah mulai dari Rp5 ribu saja. Souvenir ini merupakan kerajinan khas Kabupaten Karo. Bila berkunjung ke tempat ini jangan lupa membelinya ya.

Tips Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Sebelum datang dan memutuskan untuk turun bawah, persiapkan dulu fisik Anda. Apabila benar datang pada Bulan Desember, di mana  Indonesia memasuki musim penghujan. Pastikan cuaca pada saat Anda berkunjung cerah.

Pada saat hujan, jalanan akan licin. Perlu diingat jalur tangga lebih susah dibandingkan dengan trek tanah menanjak dan menurun seperti naik gunung. Rasa lelah akan sangat terasa terutama siang hari karena, suhu udara meningkat.

Jangan terburu-buru, lebih baik membutuhkan waktu lama daripada cepat sampai tetapi, tidak bisa sampai di lokasi karena, kelelahan. Menuju ke bawah tidak tersedia warung, kecuali di atas. Jadi, usahakan mengisi kebutuhan logistik terlebih dulu.

Wajib diperhatikan adalah sampah yang sudah Anda bawa saat berkunjung ke objek wisata ini. Jangan buang sembarangan, bawa kembali lalu buang pada tempatnya. Agar lingkungan sekitar tetap indah dan layak dikunjungi.

Dengan segala pesona yang dihadirkan. Tidak salah memang bila Anda menjadikan wisata di Kabupaten Karo ini sebagai tujuan utama saat liburan nanti. Air Terjun Sipiso-piso surga tanah Sumatera yang sesungguhnya.

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar