Sabtu, 29 Februari 2020

Air Terjun Purba tirai Bidadari, Melihat Keindahan Lebih Dekat

Wisata Air Terjun tirai Bidadari


Kabupaten Probolinggo mempunyai potensi keindahan alam yang sangat indah, hal itu memang terlihat dari lokasi geografi probolinggo yang diapit pegunungan yang saat ini menjadi wisata populer yaitu Gunung Bromo.

Sebutan kawasan Tapal Kuda Jawa Timur pun melekat di Kabupaten ini, karena potensi keindahan alam pegunungan dan pantainya yang begitu memikat para wisatawan. Akhir-akhir ini muncul wisata baru dengan nama air terjun purba tirai Bidadari.

Air terjun yang terletak di desa ranugedang ini memang akan serius digarap oleh pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menjadi destinasi wisata baru yang begitu populer di kalangan wisatawan.

Bentuk air terjun purba tirai Bidadari ini tergolong langka dan itu yang akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadikan tempat wisata ini populer

Air terjun purba tirai Bidadari ini disebut langka karena mempunyai 16 titik mata air yang mengalir di sepanjang Sungai Desa Ranu Gedang.

Nah jaga top wisata lover ingin berencana mengunjungi tempat wisata populer di Probolinggo ini yaitu Air Terjun purba tirai Bidadari. yuk simak ulasan berikut.

Lokasi wisata Air Terjun purba tirai Bidadari


Lokasi wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini terletak di alamat Curah Gadung, Jangkang, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur.

Air terjun purba tirai Bidadari ini terletak di dua desa Probolinggo yaitu desa ranugedang dan desa Jangkang. Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini jangan menempuh jalan dari Desa ranugedang karena akses menuju tempat wisata ini terbilang cukup sulit.

Sepertinya kalian menempuh jalur dari Desa cangkang karena air terjun purba tirai Bidadari ini hanya berjarak 3 km dari pusat Desa Jangkang dan kalian Cuma berjalan kaki sejauh 1 km saja untuk sampai ke tempat wisata yang begitu mempesona ini.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun purba tirai Bidadari ini kalian akan melihat hamparan perkebunan milik warga yang begitu indah dan juga hutan bambu milik Perhutani yang begitu instagram-able untuk kalian abadikan momen ini.

Harga tiket masuk dan jam buka wisata Air Terjun purba tirai Bidadari


Sampai saat ini masih belum ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini Jadi kalian predikat masuk atau gratis ya untuk mengunjungi tempat wisata yang instagramable banget ini.

Para pengunjung cukup membayar parkir kendaraan saja di pemukiman warga yaitu Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini sebaiknya kunjungi tempat ini pada pagi hari ataupun siang hari saja karena saat itu jalan menuju ke tempat wisata ini masih terlihat jelas.

Mengingat tempat wisata Air Terjun Purba tirai Bidadari ini masih baru dan masih dalam tahap proses pembangunan. Kalau kalian kesini pada sore hari dan balik dari tempat air terjun ini larut petang jalan menuju pulang tidak tampak jelas dan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang menarik dari wisata Air Terjun purba tirai Bidadari


Salah satu yang menjadi andalan dari wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini adalah terdapat 16 titik mata air yang berada di puncak tebing.

Derasnya aliran air yang menembus tebing membentuk gugusan stalaktit. Ukuran stalaktit ini bervariasi hingga menyerupai lorong panjang seperti goa. 

Hal itu membentuk ukuran dan panjang stalaktit ini ini terlihat hampir saja menyentuh permukaan sungai dan yang lebih mengesankan lagi proses stalaktit di air terjun purba tirai Bidadari ini terbentuk dengan alamiah.

Meskipun belum ada penelitian ilmiah, usia stalaktit ini diperkirakan ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Lorong-lorong tersebut yang terjadi secara alamiah menjadikan rumah bagi kelelawar atau disebut Goa kelelawar dan didalamnya dihuni ribuan kelelawar yang hilir mudik keluar masuk Goa.

Jika kalian datang ke sini pada pagi hari ataupun siang hari kalian akan merasakan pantulan dari gemericik air terjun ini akan menampilkan bias-bias pelangi yang begitu indah.

Nah dengan adanya fenomena ini maka warga sekitar menyebutnya menjadi air terjun purba tirai Bidadari.

Ke depan tempat wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini akan dibangun Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara bertahap sampai dengan tahun 2021. Nanti akan di bangun infrastruktur dua sisi objek wisata Air Terjun yaitu di desa Jangkang dan ranugedang.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo memang melihat potensi alam yang ada di kedua Desa ini begitu luar biasa saat ini saja banyak sekali wisatawan yang menikmati Wahana arung jeram di sungai yang mengalir di desa Ranu Gedang.

Mereka menyebut air terjun ini dengan sebutan Green Canyon. Hal ini dikarenakan aliran sungai ini berwarna kehijau-hijauan dengan tebing terjal yang berukir-ukir.

Galeri foto wisata Air Terjun purba tirai Bidadari










Nah bagaimana bagaimana top lover. Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi wisata Air Terjun purba tirai Bidadari ini ?





TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments