Jumat, 28 Februari 2020

Ranca Upas Bandung, Review lengkap + harga paket Camping

Wisata alam lengkap di Ranca Upas Bandung


Kota Bandung merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata, seperti pemandian ari hangat, gunung dan lainnya. 

Selain memiliki neng geulis dan cah bagus juga memiliki pesona alam yang tak kalah indah dari tempat wisata lainnya. Kali ini mimin akan ulas tempat wisata alam bebas di Bandung, tepatnya di Bandung Selatan. Tempat wisata ini bernama Ranca Upas atau masyarakat sekitar memberi nama Kampung Cai Ranca Upas.

Bandung memang memiliki keaneka ragaman yang sangat beragam bentuknya. Salah tempat populer dan mungkin bagi para pecinta alam harus memperhitungkan tempat wisata ini. 

Tempat wisata Ranca Upas merupakan wisata dengan tema alam bebas dan sedikit liar, karena tempat ini merupakan Bumi Perkemahan yang dikelola oleh Perum Perhutani. 

Dulunya hanya bernama Ranca Upas, kini diganti dengan nama Kampung Cai Ranca Upas karena sekarang wisata ini sudah memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata dengan tema bumi perkemahan, tempat wisata ini memliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh bumi perkemahan di tempat lain. Salah satu yang menjadikan daya tarik di wisata ini adalah hamparan datar yang sangat luas sehingga bisa menampung banyak orang. 

Bagi pecinta alam, tempat ini sangat cocok untuk mereka. Sebab disini terdapat berbagai spot yang bisa dinikmati seperti terdapat danau dan  hutan liar yang rindang. Meskipun tempat ini terdapat banyak pohon besar, pengunjung tak perlu khawatir. Karena tempat ini dipastikan aman dari binatang liar dan gangguan alam.

Lokasi wisata ini berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikan udara di tempat ini sangat menyejukkan. Namun disaat malam tiba, udara disini sangat dingin. Di tempat wisata ini sangat pas untuk anda yang ingin foto prewedding dengan tema alam, sebab tempat ini begitu asri dan alami.

Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas


Ranca Upas berada di Jl. Raya Ciwidey - Patengan No. KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat dan merupakan hutan lindung.

Jangan khawatir soal urusan jalan karena untuk mencapai lokasi wisata sudah bisa dilewati dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan akses jalan sant baik mengingat tempat ini berada di kawasan hutan lindung mungkin terdapat jalanan berlubang kecil karena jalanan rusak akibat cuaca yang tidak tentu.

Jarak dari Kota Bandung ke destinasi sekitar 50 Km atau bisa ditempuh sekitar 90 sampai 120 menit menggunakan kendaraan bermotor. Untuk menemukan destinasi wisata ini tidaklah sulit sebab memiliki akses langsung dari pinggir jalan raya Ciwidey - Patengan. Ada gerbang yang lokasinya tidak jauh dari wisata Kawah Putih. Dari arah Ciwidey, gerbang ini berada di sebelah kanan.

Fasilitas yang ada di tempat wisata


Sebelum bisa menikmati fasilitas yang tersedia didalam tempat wisata, pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 25.000/orang. Dan untuk retribusi parkir untuk kendaraan roda 2 sebesar Rp. 2.000/motor, sedangkan untuk kendaraan roda 4 sebesar Rp. 4.000/mobil, dan jika anda bersama rombongan menaiki bus tarif retribusi parkir sebesar Rp. 20.000/bus.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati disini antara lain :


Camping Ground

Surganya pecinta Camping. Ini adalah kata yang sangat tepat mengingat tempat ini sangat aman untuk disinggahi. Bermalam sambil melihat indahnya bintang di dataran padang rumput yang padat dan membakar api unggun menjadi nilai plus di wisata ini. Tempat wisata ini paling sering digunakan oleh para pramuka muda dan komunitas pecinta alam.

Bagi para pecinta alam yang suka camping namun malas membawa peralatan camping. kalian tak perlu khawatir, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan persewaan alat camping, sudah gitu lengkap. Berikut rinciannya :

  1. Booking Area                Rp. 500.000
  2. Tenda Charly (Kap. 2 – 3 orang)    Rp. 150.000
  3. Tenda Charly (Kap. 5 – 7 orang)    Rp. 300.000
  4. Tenda vango (Kap. 10 orang)        Rp. 350.000
  5. Tenda Roovi (Kap. 12 orang)        Rp. 350.000
  6. Tenda Regu (Kap. 20 orang)        Rp. 350.000
  7. Tenda Peleton (Kap. 40 orang)        Rp. 600.000
  8. Tenda Pesta                Rp. 600.000
  9. Tenda Panggung            Rp. 700.000
  10. Extra Bed                Rp. 70.000

* Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu
Outbound

Disini juga menyediakan tempat outbound yang diisi dengan berbagai kegiatan yang cukup menarik. Ada fun games, team building dan tracking di hutan. Para pramuka sering melakukan kegiatan outbound disini.

Meski outbound disini dilakukan di hutan, namun tersedia juga fasilitas seperti toilet. Warung makan dan tempat beribadah atau mushola.

Kolam Renang Alami

Dikatakan kolam renang alami karena air diambil dari sumber pegunungan dan air ini panas. Air ini mengandung sulfur yang baik untuk kulit, selain itu juga menyegarkan badan dan menyehatkan tubuh.

Jika ingin menikmati kolam renang, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000/orang. Sangat murah untuk kolam renang yang ditemani udara sejuk dari alam tanpa polusi udara.

Paintball

Untuk para pengunjung juga bisa menjajal keseruan bermain paintball disini. Tarif yang dipatok cukup terjangkau, hanya Rp. 90.000/orang. Dan ini sudah termasuk perlengkapan permainan paintball, serta akan ditemani instruktur yang akan memberi arahan kepada pemain.

Penangkaran Rusa

Siapa yang tidak suka dengan hewan Rusa? Tentunya tidak ada selain yang punya phobia terhadap hewan. Para wisatawan bisa lebih dekat dengan hewan Rusa yang ada di penangkaran ini. Mulai dari memberi makan, membelai bulu Rusa. bermain dengan Rusa, bahkan berfoto dengan hewan Rusa. Pastinya menyenangkan, terutama bagi anak-anak yang memang msangat menyukai hewan herbivora ini.

Tiket masuk penangkaran Rusa sangat murah, hanya Rp. 15.000/orang. Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu yah sobat Topwisata.

Penginapan Ranca Upas

Untuk kalian para pengunjung yang merasa masih ingin berlama-lama di wisata ini namun tidak mau menggunakan tenda. Terdapat juga area penginapan disekitar area wisata. Mulai dari villa maupun resort.

Oleh-oleh atau souvenir

Meskipun tempat wisata ini berada di hutan, terdapat pula kios yang berjualan souvenir. Rasanya disayangkan jika bepergian jauh lalu pulang tanpa membawa oleh-oleh. Salah satu yang menjadi ciri khas disini adalah Dodol Strawberry asli Ciwidey. 

Dodol ini dibuat oleh penduduk lokal. Karena kebanyakan para penduduk memiliki kebun strawberry, maka jadilah dodol strawberry. Pembuatannya juga sangat alami dan tentunya tanpa bahan pengawet. Kisaran harga untuk 1 bungkus dodol Rp. 8.000-10.000 saja.

Selain ada dodol, terdapat juga bandrek alias minuman jahe hangat, ini adalah minuman khas daerah sini. Minuman yang sangat cocok diminum ditempat uang memiliki suhu dingin seperti di pegunungan. Namun jika ingin membawa pulang sudah disediakan botol oleh penjual yang harganya mulai dari Rp. 7.500-15.000/botolnya.

Jam operasional wisata Ranca Upas

Tempat wisata Ranca Upas ini bisa dinikmati selama 24 jam. Mulai pagi hingga malam, bahkan sampai keesokan harinya. Tidak ada batasan waktu bagi para pengunjung. Pengelola wisata ini membuka pintu gerbang ini selama 24 jam dan buka setiap hari. Namun disarankan waktu berkunjung kesini adalah pagi hari, supaya bisa menikmati dengan puas alam bebas yang ada di wisata ini.

Galeri foto wisata Ranca Upas




















TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments