Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Praktikkan Resep Otak-Otak Bandeng Khas Gresik yang Rasanya Dijamin Mantul

Yuk, Praktikkan Resep Otak-Otak Bandeng Khas Gresik yang Rasanya Dijamin Mantul

Otak-Otak Bandeng1 (1)

Resep otak-otak bandeng

Resep otak-otak bandeng merupakan uliner khas Gresik, Jawa Timur. Anda mungkin pernah berkunjung kesana dan sudah mencicipi otak-otaknya. Dijamin lezat, gurih, dan tidak bisa terlupakan sekaligus ingin kembali menyantapnya. Jika biasanya otak-otak memakai bahan ikan tenggiri, berbeda yang satu ini menggunakan ikan bandeng. Namun, Anda jangan meremehkan rasanya bagi yang belum pernah mencicipinya.

Rahasianya ada pada bumbu dan rempah-rempah yang dipakai. Selain itu, cara membuatnya juga harus sesuai prosedurnya tersendiri. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui dulu resep otak-otak bandeng selengkapnya sebelum mempraktikkannya di rumah. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Gresik untuk bisa menyantap otak-otaknya karena sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan bandeng segar ukuran besar dengan bobot sekitar 500 gram
  • 50 gram kelapa parut setengah tua
  • 3 butir telur ayam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai digeprek
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • Daun pisang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng

Bumbu yang dihaluskan

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit dibakar
  • 1 sendok makan ketumbar disangrai
  • 2 butir kemiri disangrai
  • 1,5 sendok teh garam

Cara membuat otak-otak bandeng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep otak-otak bandeng dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan bandeng yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di bagian dalam insang dan perutnya.
  2. Setelah itu, pukul-pukul ikan bandeng tidak terlalu keras dengan ulegan, pemukul daging, atau yang lainny. Dengan begitu, tulang-tulang di dalam tubuh bandeng bisa terlepas.
  3. Lalu, patahkan tulang ekor ikan bandeng dan tarik tulangnya dari mulutnya. Anda yang belum pernah melakukannya tentu mengalami kesulitan. Oleh karenanya, silahkan mempraktikkannya dengan hati-hati.
  4. Setelah tulang-tulangnya berhasil dikeluarkan, lanjutkan dengan mengeluarkan daging dari kepalanya. Anda bisa menggunakan sendok makan untuk mengeluarkannya sedikit demi sedikit hingga semua daging di dalam tubuhnya habis.
  5. Selanjutnya, baluri tubuh ikan yang tinggal kulit tersebut dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Sementara itu, daging ikannya disangrai hingga setengah matang saja.
  6. Cabut dan buang sisa-sisa duri yang masih menempel di dagingnya. Lalu, lembutkan dagingnya dengan sendok. Sisihkan dulu di dalam sebuah wadah baskom bersih.
  7. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  8. Tambahkan daun jeruk dan batang serai, lalu tumis lagi hingga layu. Matikan kompor dan tuangkan semua tumisan ke dalam baskom berisi daging ikan bandeng.
  9. Tambahkan kelapa parut, lalu aduk merata dengan tangan hingga semua tercampur. Ambil dan sisihkan daun jeruk dan serai, lalu beri 2 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas dulu. Setelah itu, aduk merata lagi hingga menjadi adonan otak-otak.
  10. Langkah selanjutnya, yaitu memasukkan adonan tersebut ke dalam kulit bandeng melalui bagian kepalanya. Masukkan sedikit demi sedikit saja dan perlahan agar kulit ikan tidak robek.
  11. Jangan lupa untuk memadatkan adonannya agar semua bisa masuk ke dalam. Selain itu, bagian kepala ikan yang masih terbuka ditutup dengan melipatnya atau ditusuk dengan tusuk gigi agar tidak lepas.
  12. Selanjutnya, bungkus otak-otak bandeng dengan daun pisang, lalu kukus sekitar 30 menit hingga matang. Setelah itu, keluarkan dan potong otak-otaknya menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda.
  13. Kocok lepas 1 butir telur yang tersisa. Lalu, masukkan masing-masing potongan otak-otak ke dalam kocokan telur. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng otak-otak.
  14. Jika minyak sudah panas, masukkan satu per satu potongan otak-otak ke dalamnya. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  15. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan otak-otak bandeng yang sudah matang diatasnya. Jika ingin menjadikannya lauk makan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat. Lebih cocok dilengkapi dengan sambal goreng dan lalapan timun.
Baca Juga :  Buat Tangsuyuk Rumahan Enak dan Simpel

Silahkan Anda praktikkan resep otak-otak bandeng khas Gresik diatas. Dijamin rasanya mantul dan semua orang menyukainya.

Lihat video membuat Otak-Otak Bandeng

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan