Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bandeng Presto dengan Sambal Tomat Buatan Rumahan yang Rasanya Maknyus

Resep Bandeng Presto dengan Sambal Tomat Buatan Rumahan yang Rasanya Maknyus

Bandeng Presto sambal tomat (1)

Resep bandeng presto

Resep bandeng presto menjadi lebih istimwa saat dilengkapi dengan sambal tomat. Dengan begitu, rasa lunak bandeng presto yang gurih dan lezat ditambah sambal tomat yang pedas asam.

Jadilah menu lauk penggugah selera bagi banyak orang saat ingin menyantapnya dengan nasi putih hangat. Anda tentu sudah pernah mencicipi bandeng presto, bukan?

Jika belum, tidak ada salahnya mencobanya langsung dengan membuatnya sendiri di rumah. Biasanya bandeng presto dijadikan oleh-oleh yang banyak dijual di berbagai rumah makan atau toko oleh-oleh.

Bandeng prestonya siap saji dan siap makan, tetapi lebih enak untuk digoreng sebentar agar lebih hangat.

Anda sekalian yang tertarik ingin membuat bandeng presto khas oleh-oleh seperti itu silahkan membaca dulu selengkapnya resep bandeng presto berikut.

Bahan bandeng presto

  1. 4 – 5 ikan bandeng segar ukuran besar
  2. 8 butir bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 2 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula pasir
  6. 1 sendok teh kaldu bubuk
  7. 3 buah tomat merah segar
  8. 2 cm jahe
  9. 2 cm kunyit
  10. 2 batang serai digeprek
  11. 1 liter air
  12. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  13. Daun pisang atau kertas aluminium foil secukupnya untuk membungkus
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng bandeng presto

Bahan sambal tomat

  1. 5 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah
  4. 3 buah cabai merah besar
  5. 2 buah tomat merah dibelah
  6. 1 sendok makan kecap manis
  7. ½ sendok makan kecap asin
  8. 1 sendok makan saus tiram
Baca Juga :  Yuk, Memasak Ayam Kung Pao Khas Tiongkok yang Rasanya Mantul

Cara membuat bandeng presto sambal tomat

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep bandeng presto dan sambal tomat dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan bandeng yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik, kotoran di perut dan insang. Sisihkan dulu.
  2. Langkah awal membuat bandeng presto dulu. Silahkan haluskan dulu bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam, tomat, jahe, dan kunyit. Anda bisa menghaluskannya dengan chopper atau blender agar lebih cepat. Tambahkan ke dalamnya batang serai dan kaldu bubuk. Haluskan lagi merata. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, lumuri ikan bandeng satu per satu dengan bumbu halus yang sudah dibuat tadi. Pastikan seluruh permukaan ikan terlumuri bumbu. Lalu, diamkan sekitar 60 menit agar bumbunya benar-benar meresap.
  4. Siapkan panci presto dan pastikan bagian dalamnya sudah bersih. Bungkus ikan bandeng yang sudah dimarinasi bumbu satu per satu dengan daun pisang atau kertas aluminium foil.
  5. Campurkan sisa bumbu marinasi dengan air, lalu tuangkan ke dalam panci. Setelah itu, letakkan dan tata bungkusan ikannya selang-seling di dalam panci presto. Tutup pancinya rapat dan masak sekitar 60 menit diatas api kompor sedang saja.
  6. Setelah 60 menit, matikan kompor dan biarkan dulu sekitar 15 menit tanpa membuka tutup pancinya. Setelah itu, buka penutup panci presto dan ambil satu per satu bungkusan ikan bandenganya.
  7. Keluarkan ikan dari bungkusan dan biarkan dulu selama 30 menit. Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan telur kocok dan memanaskan wajan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng agak banyak untuk menggoreng bandeng presto.
  8. Masukkan bandeng presto ke kocokan telur, lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  9. Langkah berikutnya membuat sambal tomat. Caranya, haluskan semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Pakai saja chopper atau blender agar lebih cepat.
  10. Panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng bandeng presto tadi hingga tinggal sekitar dua sendok makan. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus sambal hingga harum.
  11. Tambahkan kecap manis, kecap asin, dan saus tiram. Aduk merata dan masak hingga matang. Angkat dan sambal tomat sudah jadi.
  12. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan bandeng presto yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah sambal tomatnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Susu Cokelat Jahe, Minuman Hangat pas buat Berbuka Puasa

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep bandeng presto dengan sambal tomat khas oleh-oleh yang dijual di toko. Jadi, silahkan dicoba untuk bisa erasakan kelezatan bandeng prestonya. Selamat mencoba.

Lihat video cara membuat Bandeng Presto sambal tomat

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan