Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ingin Tahu Cara Membuat Bandeng Presto yang Enak?

Ingin Tahu Cara Membuat Bandeng Presto yang Enak?

Bandeng Presto (2)

Resep bandeng presto

Resep bandeng presto sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya, bandeng presto mungkin hanya bisa dibeli dan disantap saja.

Anda sekalian mungkin penasaran dengan cara membuatnya. Apalagi bandeng presto khas Semarang atau Pati, Jawa Tengah yang sudah tersohor hingga pelosok Indonesia.

Ciri khas dari bandeng presto adalah semua bagiannya bisa dimakan tanpa menyisakan apapun. Bahkan bagian kepala dan duri-durinya sudah lunak dan bisa disantap.

Biasanya, bandeng presto disantap dengan pelengkap nasi hangat dan sambal. Rasanya yang gurih dan lunak menjadikan kuliner yang satu ini selalu dirindukan saat berlibur ke Semarang.

Sekarang, Anda juga bisa memasak resep bandeng presto sendiri di rumah dengan bahan, bumbu, serta cara yang diinformasikan berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan dan alat

  1. 1 kg ikan bandeng segar ukuran sedang
  2. 2 sendok makan garam
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. 500 ml minyak goreng
  5. 1 lembar daun pisang
  6. Air matang secukupnya
  7. Panci presto

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 2 sendok makan ketumbar disangrai
  5. 2 cm kunyit
  6. 2 cm jahe
  7. 3 sendok makan garam

Bahan sambal

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah rawit atau sesuai selera
  4. 1 buah tomat merah segar
  5. ½ sendok makan gula Jawa disisir
  6. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  3 Cara Membuat Kue Lapis Yang Wajib Dicoba Saat Hari Libur

Cara membuat bandeng presto

Setelah semua bahan, bumbu, dan alat memasak diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara membuat bandeng presto dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan bandeng di bawah air mengalir. Buang semua kotoran di perut dan insang kepalanya. Setelah itu, lumuri badan bandeng dengan garam dan perasan air jeruk nipis. Masukkan ke dalam wadah dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah 10 menit, cuci lagi ikan bandeng hingga bersih. Setelah itu, lumuri dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Diamkan sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya, siapkan panci presto dan taruh selembar daun pisang di dasar pancinya. Setelah itu, susun ikan bandeng yang sudah didiamkan tadi di dalam panci presto.
  4. Tambahkan air ke dalam panci presto hingga menutupi seluruh ikan bandeng di dalamnya. Setelah itu, tutup panci presto rapat dan ikan bandeng siap dipresto.
  5. Anda bisa mempresto ikan bandeng selama 1 hingga 1,5 jam dengan menggunakan api kompor kecil. Lama waktu memprestonya disesuaikan dengan ukuran ikan bandengnya. Jika panci presto sudah mendesis, berarti proses presto mulai berlangsung.
  6. Setelah sekitar 1 jam, Anda bisa mematikan kompor dan membuka penutup pancinya agar uap panasnya menghilang. Biarkan saja ikan presto di dalam panci hingga mendingin.
  7. Sambil menunggu dingin, Anda bisa memanaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng. Setelah panas, goreng ikan bandeng yang sudah dipresto hingga kecoklatan. Dikarenakan sudah dipresto, maka ikan bandeng lunak dan mudah hancur. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati saat menggorengnya. Jangan sampai tubuh bandeng terpotong-potong.
  8. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, Anda bisa membuat sambalnya. Caranya cukup mudah. Anda panaskan dulu wajan penggorengan dan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah itu, masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan tomat untuk ditumis hingga setengah matang.
  9. Siapkan cobek dan tuangkan tumisan beserta minyak gorengnya ke dalamnya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk. Lalu, uleg sambal hingga tercampur rata dan halus.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan bandang presto yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat dan lengkapi dengan sambal yang sudah dibuat.
Baca Juga :  Tumis Ayam Kemangi yang Mudah, Cepat, dan Rasanya Lezat

Resep bandeng presto yang diinformasikan diatas tadi bisa Anda coba memasaknya sendiri. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info