Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat Tahu Walik Uenak, Siap dipakai untuk Jualan

Resep membuat Tahu Walik Uenak, Siap dipakai untuk Jualan

Resep membuat Tahu Walik (2)

Resep Membuat Tahu Walik

Untuk membuat Tahu Walik, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut [1]: 

  1. 8-10 potong tahu pong matang 
  2. 10 sendok makan tepung tapioka 
  3. 3 sendok makan tepung terigu 
  4. 10 sendok makan air panas, kurang lebih setengah gelas 
  5. 1/2 sendok makan garam 
  6. Minyak goreng 

Untuk menyiapkan Tahu Walik, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, garam, dan air panas dalam wadah hingga tercampur rata. 
  2. Celupkan tahu pong yang sudah matang ke dalam adonan, pastikan terlapisi secara merata. 
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. 
  4. Goreng tahu yang sudah dilapisi hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan. 
  5. Keluarkan dari loyang dan letakkan di atas tisu untuk mengalirkan minyak berlebih.

Bagi yang ingin mencoba variasi lain Tahu Walik, Anda bisa membuat Tahu Walik Aci dengan bahan-bahan berikut [2]: 

  • 10 potong tahu sumedang goreng 
  • Minyak goreng 
  • 3 sendok makan tepung beras 
  • 100 gr tepung tapioka 
  • 50 gr tepung terigu 
  • 2 telur 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh merica 
  • Air 

Untuk menyiapkan Tahu Walik Aci ikuti langkah-langkah berikut [3]: 

  • Belah bagian tengah tahu sumedang lalu balikkan sehingga bagian dalam tahu berada di luar. 
  • Campur tepung aci, bawang putih, daun bawang, kaldu, garam, dan merica dalam mangkuk. 
  • Masukkan adonan ke dalam tahu dan tekan dengan kuat. 
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. 
  • Goreng tahu isi hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan.

Untuk penyajian Tahu Walik, Anda bisa menambahkan berbagai macam topping, seperti sambal manis, kecap, atau sambal kacang. 

Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran, seperti irisan mentimun atau wortel, agar lebih bergizi [4]. 

Sebagai variasi, Anda juga bisa mengisi Tahu Walik dengan ayam cincang atau bayam [5]. Agar masakan lebih renyah, Anda bisa menambahkan tepung garing atau tepung bakwan ke dalam adonan pelapis [4]. 

Baca Juga :  Resep Bakwan Ayam dengan Saus Kacang Yang Uenak

Secara keseluruhan, Tahu Walik merupakan hidangan lezat dan serbaguna yang dapat dinikmati dengan berbagai cara.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tahu Walik? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tahu Walik antara lain tahu keras, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk purut, garam, gula, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara menyiapkan Tahu Walik? A: Untuk menyiapkan Tahu Walik, pertama-tama potong tahu menjadi irisan tebal. Lalu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, dan lengkuas hingga menjadi pasta. Selanjutnya tumis terasi bersama serai, daun jeruk purut, garam, dan gula pasir hingga harum. Setelah itu, isi irisan tahu dengan sambal yang sudah ditumis dan kencangkan dengan tusuk gigi. Terakhir, goreng tahu isi hingga berwarna cokelat keemasan.

Q: Bisakah Anda memberikan saran penyajian dan variasi untuk Tahu Walik? A: Tahu Walik bisa disajikan dengan tambahan sambal dan lalapan. Untuk variasi, Anda bisa bereksperimen dengan isiannya dengan menambahkan daging cincang atau menggunakan berbagai jenis tahu. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat kepedasannya dengan memvariasikan jumlah cabai merah yang digunakan dalam resepnya.

Q: Bolehkah membuat Tahu Walik versi vegetarian? A: Ya, Anda bisa membuat Tahu Walik versi vegetarian dengan menghilangkan penggunaan daging pada isiannya. Sebagai gantinya, Anda dapat meningkatkan rasanya dengan menambahkan lebih banyak herba dan rempah aromatik ke dalam pasta, seperti ketumbar dan jintan, untuk menciptakan pilihan vegetarian yang kaya dan beraroma.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Tahu Walik? A: Persiapan dan waktu memasak Tahu Walik mungkin berbeda-beda, namun rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam untuk menyiapkan dan memasak masakan ini. Termasuk waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan bahan, mengisi tahu, dan menggoreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Baca Juga :  Bubur Ketan Hitam, Kudapan Enak bernutrisi, Ini Resepnya

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Tahu Berkualitas Tinggi** – Mulailah dengan tahu keras atau ekstra keras berkualitas tinggi untuk mendapatkan tekstur dan rasa terbaik. Carilah tahu yang segar dan tidak terlalu empuk, karena bentuknya akan lebih baik saat digoreng.

**Tekan Tahu Sebelum Dimasak** – Untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan kencang, penting untuk memeras tahu sebelum dimasak untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Letakkan tahu di antara tisu dan tekan dengan benda berat selama 20-30 menit. Ini akan membuat tahu menyerap rasa bumbunya dan mencegahnya menjadi lembek saat digoreng.

**Marinasi Tahu** – Mengasinkan tahu sebelum dimasak sangat penting untuk menambah kedalaman rasa. Gunakan bumbu marinasi yang terbuat dari kecap, jahe, bawang putih, dan sedikit rasa manis seperti madu atau gula merah. Biarkan tahu terendam setidaknya selama 30 menit, atau semalaman untuk mendapatkan rasa yang lebih pekat.

**Lapis dengan Tepung Maizena atau Tepung Jagung** – Sebelum menggoreng tahu, lumuri dengan lapisan tipis tepung maizena atau tepung maizena. Ini akan menciptakan bagian luar yang renyah saat digoreng, menambah tekstur yang nikmat pada hidangan.

**Goreng Tahu Hingga Sempurna** – Saat menggoreng tahu yang sudah dimarinasi dan dilapisi, pastikan minyak cukup panas agar bagian luarnya renyah. Goreng tahu secara bertahap agar wajan tidak terlalu penuh, yang dapat menyebabkan pemasakan tidak merata. Setelah berwarna cokelat keemasan dan renyah, keluarkan tahu dari minyak dan tiriskan di atas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih sebelum menambahkannya ke hidangan terakhir. Tips dan praktik terbaik ini akan membantu Anda menciptakan hidangan Tahu Walik yang lezat dan bertekstur sempurna, penuh rasa dan mengenyangkan untuk disantap.

Baca Juga :  Tumis Kentang dan Kikil Pedas, Resep Singkat Buat yang Mager Masak

Referensi : 

1.   Resep Tahu Walik Aci Takaran Sendok, Bisa Jadi Ide Jualan.  (n.d.)   Retrieved January 30, 2024, from www.kompas.com 

2.   Resep Tahu Walik Aci Crispy yang Gurih Garing – detikFood.  (n.d.)   Retrieved January 30, 2024, from food.detik.com 

3.   Resep Tahu Walik Aci Gurih & Crispy, Cocok untuk Jualan!.  (n.d.)   Retrieved January 30, 2024, from www.tokopedia.com 

4.   5 Resep Kreasi Tahu Walik yang Gurih dan Renyah.  (n.d.)   Retrieved January 30, 2024, from www.fimela.com 

5.   Resep Tahu Walik Isi Ayam dan Sayur – Halodoc.  (n.d.)   Retrieved January 30, 2024, from www.halodoc.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan