Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Chicken Katsu

Resep Membuat Chicken Katsu

Chicken Katsu (1)

Resep Membuat Chicken Katsu

Hidangan ini semakin lezat dengan remah-remah panko segar dan saus. Resep saus cokelat Donkatsu untuk Chicken Katsu dengan Kubis Slaw adalah bonus hidangan Korea.

Tonkatsu, atau katsu ayam, pada awalnya adalah hidangan Jepang, tetapi telah menjadi sangat populer di Korea sehingga sekarang menjadi bagian dari masakan Korea.

Apa sebenarnya Chicken Katsu itu? Tonkatsu yang berasal dari hidangan Schnitzel Eropa, adalah sumber dari Chicken Katsu.

Awalnya, orang Jepang menyebutnya sebagai Don Katsu-Letsu, yang dimaksudkan agar terdengar seperti “potongan daging”, tetapi akhirnya disingkat menjadi “katsu”.

Setelah perang pada tahun 1930-an dan 1940-an, Tonkatsu Jepang masuk ke dalam masakan Korea. Namun, popularitasnya meningkat ketika Kyeong Yang Sik mulai menjadi populer pada tahun 1960-an dan seterusnya.

Bahan  – Bahan

  1. 3 kg dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  2. 3 butir telur
  3. 1 cangkir tepung terigu serbaguna
  4. 2 cangkir remah roti Panko (segar atau yang dibeli di toko)
  5. 3-4 cangkir minyak sayur (sekitar 2 inci minyak dalam panci untuk menggoreng, bisa lebih sedikit jika ingin lebih banyak menumis)
  6. Garam dan merica

Saus cokelat (Tonkatsu gaya Korea)

  1. 1 sendok makan mentega
  2. 2 sdm tepung terigu serbaguna
  3. 1,5 sendok teh saus tomat
  4. 1 sdm saus kecap inggris
  5. 1,5 sdt gula pasir
  6. 1,5 sendok teh kecap asin
  7. 105 ml air (105 ml = 1/4 cangkir + 3 sdm)

Saus Tonkatsu

  1. 2 sendok makan saus tomat
  2. 1,5 sdm kecap asin (Jin Ganjang)
  3. 3/4 sendok teh saus kecap inggris
  4. 1/2 sendok makan gula pasir
  5. 1/2 sendok makan madu
  6. 1/2 sdt cuka
  7. 1/8 sdt lada hitam

Cara Membuat :

Membuat Saus (Pilih salah satu atau bisa keduanya) :

Saus Coklat ala Korea :

  1. Lelehkan mentega dalam wajan dengan api sedang-kecil.
  2. Tambahkan tepung setelah mentega meleleh.
  3. Untuk memasak secara merata, aduk terus mentega dan tepung dengan sendok kayu atau pengocok. Roux yang tipis dan sedikit mengembang akan muncul dalam waktu sekitar dua hingga tiga menit.
  4. Aduk air, tambahkan, dan aduk lagi.
  5. Tambahkan gula, kecap, kecap inggris, dan saus tomat. Lanjutkan mengaduk dan masak selama satu atau dua menit sampai semuanya tercampur rata. Matikan api.
  6. Setelah semuanya matang. Pastikan untuk menghangatkan saus lagi sebelum disajikan!
Baca Juga :  Resep Krengsengan Daging Sapi Khas Surabaya, Olahan Lezat yang Bisa Membuat Gelap Mata

o Saus Tonkatsu buatan sendiri: Campurkan gula, madu, cuka, lada hitam, kecap asin, kecap inggris dan saus tomat. Saus Tonkatsu Bull Dog juga dapat dibeli secara terpisah. Terserah, apakah kamu lebih suka yang mana.

Persiapan Ayam :

  1. Iris tipis dada ayam dengan salah satu dari dua cara. Mengiris ayam menjadi potongan yang sangat tipis adalah pendekatan gaya Korea untuk membuat Chicken Katsu.
  2. Iris setiap dada ayam, menyamping, secara merata menjadi 2-3 potongan yang lebih ramping.
  3. Tumbuk dada ayam dengan menggunakan panci, penggorengan, atau penggilas adonan setelah diletakkan di antara bungkus plastic.
  4. Di kedua sisi, bumbui dada ayam yang telah diiris tipis dengan garam dan lada hitam. Sisihkan.

Membuat Roti untuk Chicken Katsu :

  1. Jika menggunakan remah roti Panko, lewati langkah ini.
  2. Di dalam food processor, sobek-sobek roti tawar, roti tawar, atau bahkan roti multigrain.
  3. Potong menjadi potongan-potongan kecil. Untuk mendapatkan lapisan yang renyah dan lembut, biarkan ukurannya lebih besar dari remah-remah roti Panko yang dibeli di toko.

Minyak Panas :

  1. Tambahkan minyak sayur ke dalam panci, penggorengan, atau penggorengan berukuran sedang dan berdasar tebal. Minyak harus memiliki kedalaman setidaknya 1,5 hingga 2 inci.
  2. Jika membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan ayam, kecilkan api menjadi sedang atau sedang-kecil.
  3. Panaskan hingga mencapai suhu 340-350°F (170-177°C). Masukkan butiran garam jika tidak memiliki termometer; termometer akan berbunyi dengan keras.
  4. Persiapan pelapisan dan melapisi ayam:
  5. Kocok telur.
  6. Buat remah roti, telur kocok, dan tepung dalam tiga mangkuk atau baki dangkal. Masukkan ayam langsung ke dalam minyak, siapkan wadah ini di samping penggorengan.
  7. Taburi ayam dengan tepung. Kibaskan tepung yang berlebih, tapi pastikan untuk melapisi ayam secara merata.
  8. Celupkan ayam yang telah dilapisi tepung ke dalam kocokan telur
  9. Terakhir, celupkan ayam yang telah dilapisi telur ke dalam remah-remah roti.

Goreng Ayam :

  1. Siapkan saringan atau mangkuk yang dilapisi tisu dapur untuk ayam goreng katsu.
  2. Masukkan ayam yang telah dibalut ke dalam minyak panas ketika sudah cukup panas. Dalam panci berukuran sedang, tambahkan sekitar dua hingga tiga potongan daging ayam setiap kali memasak.
  3. Setiap kali menambahkan potongan, pada dasarnya akan menurunkan suhu minyak, jadi jika menambahkannya dalam jumlah yang berlebihan secara bersamaan, suhunya akan menjadi terlalu rendah. Katsu ayam akan terasa berminyak dan tidak renyah jika suhu minyak terlalu rendah.
  4. Goreng ayam selama 4-5 menit, balikkan setengah bagian, sampai berwarna kecokelatan. Harap diingat bahwa jika terlalu cepat kecokelatan (kurang dari satu menit), kamu harus menurunkan suhu atau bahkan mematikannya selama 10 hingga 20 detik hingga mencapai suhu yang diinginkan. Kamu selalu dapat memeriksa apakah sepotong katsu sudah matang dengan membelahnya.
  5. Setelah ayam katsu selesai dimasak, tiriskan di saringan atau mangkuk yang dilapisi dengan tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Cobalah untuk meletakkan potongan-potongan tersebut sebagai renungan agar minyaknya habis dan tidak berkumpul di bagian tengah ayam, karena irisan daging ayam biasanya akan melengkung ke atas atau ke bawah di bagian tengahnya.
  6. Saus Tonkatsu dapat disiramkan di atas Chicken Katsu atau disajikan sebagai pelengkap. Nasi dan Salad Kubis Hijau biasanya dipasangkan dengan saus ini. Jika kamu ingin mengikuti cara tradisional Korea Kyeong Yang Sik, tuangkan saus cokelat dalam bentuk gerimis di atas ayam. Kamu dapat menggunakan saus Tonkatsu, saus wijen yang lembut, atau hanya mayones dan saus tomat untuk membuat salad. Sajikan juga dengan Danmuji (acar lobak kuning) atau Kkakdugi, yang cocok dimakan bersama chicken katsu. Tampak dekat katsu ayam
Baca Juga :  Pie Brownies, Camilan Lezat untuk Temani Akhir Pekan Anak

Tips :

  1. Menggoreng ayam yang dilapisi tepung roti, kamu dapat memasaknya di Air Fryer pada suhu 340 °F selama sekitar 20 menit untuk mengurangi lemak. Pastikan untuk melumuri ayam yang dilapisi tepung roti di kedua sisinya dan balikkan setelah 10 menit agar kedua sisinya berwarna kecokelatan secara merata. Lamanya waktu dapat bervariasi tergantung pada seberapa tebal ayam.
  2. Kamu juga dapat memanggang ayam yang telah dilapisi tepung roti selama 25 menit dalam oven dengan suhu 365°F. Balikkan ayam di tengah jalan dan pastikan untuk menyemprot kedua sisinya dengan minyak. Lamanya waktu dapat bervariasi tergantung pada seberapa tebal ayam.
  3. Saat menggoreng, suhu minyak yang tepat sangat penting! Jika terlalu panas, bagian luarnya akan gosong tanpa memasak bagian dalamnya. Makanan yang digoreng akan menjadi lembek jika suhunya terlalu rendah. Jaga suhu antara 340 dan 350°F. Pastikan termometer yang digunakan aman untuk suhu di atas 350 derajat Fahrenheit!
  4. Untuk hasil terbaik, buatlah remah-remah roti yang segar! Manfaatkan roti sandwich apa pun, termasuk roti susu, roti multigrain, atau roti sisa. Buatlah terlebih dahulu dan bekukan untuk digunakan nanti.
  5. Untuk menghindari remah roti gosong, jaga kebersihan minyak di sela-sela penggorengan saat menggoreng dalam jumlah besar. Setelah ayam diangkat dari minyak, bersihkan remah-remah roti yang tersisa dengan saringan halus.
  6. Sisa makanan bisa disimpan di lemari es selama tiga hingga empat hari atau bekukan lebih lama.
  7. Untuk memanaskan ulang kurang lebih 15 menit dalam oven dengan suhu 350°F. dari lemari es dan 30 menit dari suhu beku. Agar lebih renyah, gorenglah untuk kedua kalinya!
Baca Juga :  Resep Membuat Injeolmi (Kue Beras Manis Korea) dalam Waktu 10 menit

Lihat video membuat Chicken Katsu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan