Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kentang Mustofa yang Satu Ini Dijamin Lebih Kriuk dan Sedap

Resep Kentang Mustofa yang Satu Ini Dijamin Lebih Kriuk dan Sedap

Kentang Mustofa (1)

Resep kentang mustofa

Resep kentang mustofa cukup populer di tengah masyarakat dan sering dipraktikkan cara membuatnya oleh pebisnis kuliner.

Cemilan makanan yang lezat dan menggugah selera dengan ciri khas berbentuk korek api dan rasanya begitu renyah.

Oleh karenanya, banyak orang menyukainya mulai dari anak kecil hingga orang tua. Apalagi jika potongan kentang tersebut sudah dicampur dengan bumbu balado, manis, keju, dan yang lainnya.

Anda mungkin bisa menemukan penjual kentang mustofa dengan mudah di pinggiran jalan. Namun demikian, tidak ada salahnya bisa membuatnya sendiri di rumah.

Dengan begitu, Anda bisa membuat kentangnya lebih banyak untuk dimakan bersama-sama. Lalu, bagaimana resep kentang mustofa yang benar-benar kriuk dan rasanya enak? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kg kentang
  2. 1 sendok teh kapur sirih
  3. 100 ml air
  4. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kentang

Bumbu yang dihaluskan

  1. 2 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah keriting
  4. 2 buah cabai merah besar
  5. Cabai rawit merah sesuai selera
  6. 5 sendok makan gula pasir
  7. ½ sendok teh asam Jawa
  8. 2 cm lengkuas digeprek
  9. 5 lembar daun jeruk
  10. 1 sendok teh kaldu bubuk
  11. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Overnight Oatmeal Strawberry Cheese, Sarapan Enak Kaya Serat

Cara membuat kentang mustofa

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep kentang mustofa dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua kentang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, kupas kulitnya dan potong bentuk memanjang seperti korek api.
  2. Siapkan wadah baskon, lalu masukkan semua potongan kentang ke dalamnya. Rendam dengan air dan kapur sirih. Aduk sebentar dengan tangan, lalu diamkan sekitar 60 menit. Fungsi dari perendaman dengan kapur sirih seperti itu adalah menjadikan tekstur kentang setelah digoreng nanti menjadi lebih renyah dan kriuk.
  3. Setelah 60 menit, bilas semua potongan kentang dengan air bersih. Tiriskan dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng kentang. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan kentang ke dalamnya.
  5. Goreng kentang hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibola-balik dan diaduk agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat semua kentang dan tiriskan dulu.
  6. Sambil menunggu kentang mendingin, Anda bisa membuat bumbu kentangnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng kentang tadi hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis.
  7. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Kecilkan api kompor dan aduk terus menerus hingga bumbunya menjadi karamel.
  8. Setelah itu, masukkan semua kentang goreng ke dalam wajan dan aduk merata. Tidak perlu lama-lama memasaknya. Matikan kompor dan kentang mustofa siap disajikan.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan kentang mustofa yang sudah matang diatasnya. Silahkan mencicipi rasanya yang dijamin kriuk dan enak.
Baca Juga :  Lumpia High Class, Jajanan Rakyat Rasa Mendunia

Ternyata cukup mudah mempraktikkan resep kentang mustofa seperti diuraikan langkah-langkahnya diatas. Selanjutnya, silahkan Anda coba membuatnya di rumah.

Lihat video membuat Kentang Mustofa

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan