Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimchi Kubis Napa, Sajian khas Korea yang bikin ngiler

Resep Kimchi Kubis Napa, Sajian khas Korea yang bikin ngiler

Kimchi Kubis Napa1

Resep Kimchi Kubis Napa

Kimchi dikenal sebagai kimchee, adalah lauk tradisional Korea yang terbuat dari mentimun, lobak, atau kubis yang telah difermentasi.

Hidangan yang umum dalam masakan Korea adalah kimchi. Setidaknya sekali sehari, mayoritas orang Korea menyantapnya hampir di setiap waktu makan.

Baechu kimchi (dibuat dengan kubis napa), kkakdugi (dibuat dengan lobak), dan oi kimchi (dibuat dengan mentimun) adalah jenis kimchi yang paling disukai.

Rasa kimchi cukup kompleks, dan tidak semua kimchi memiliki rasa yang sama. Pertama, kimchi telah diasamkan selama 30 menit hingga semalaman dalam air garam asin, yang menghasilkan sedikit rasa asin.

Kedua, dengan pengecualian kimchi putih, yang tidak mengandung serpihan cabai Korea, umumnya rasanya agak pedas.

Ketiga, rasanya seperti umami. Selain itu, kimchi dibumbui dengan kecap ikan Korea untuk memfasilitasi fermentasi, sehingga menghasilkan pengembangan rasa yang lebih dalam dari waktu ke waktu.

Terakhir, kimchi yang sudah matang memiliki aroma yang kuat dan asam. Fase kimchi ini sangat cocok untuk dimasak.

BAHAN-BAHAN KIMCHI

BAHAN UTAMA :

  1. 4kg (8,8 pon) kubis napa (kubis Cina), buang daun kubis bagian luar yang tebal
  2. 16 cangkir (3840 ml) air
  3. 1,5 cangkir (285g / 10 ons) garam laut kasar Korea atau garam batu alami (untuk air asin)
  4. 1/2 cangkir (97g / 3,4 ons) garam dapur, kristal berukuran sedang (untuk taburan)

BUMBU KIMCHI / PASTA KIMCHI

  1. 2 sendok makan tepung beras ketan (tepung beras manis)
  2. 1,5 cangkir (360 ml) air
  3. 1,5 cangkir (141g / 4,97 ons) gochugaru (serpihan cabai Korea)
  4. 540g / 19 ons lobak Korea atau lobak daikon, potong kecil-kecil
  5. 1 sendok makan garam laut halus
  6. 3,5 sdm kecap ikan Korea
  7. 2 sdm udang fermentasi asin (saeujeot), cincang
  8. 90g / 3,2 ons daun bawang Korea, potong sepanjang 5 cm / 2 inci
  9. 140g / 4,9 ons wortel, potong kecil-kecil
  10. 1/4 cangkir (42g / 1,48 ons) bawang putih cincang
  11. 1/2 sendok makan jahe cincang
  12. 2 sendok makan gula mentah
  13. 75g / 2,6 ons bawang bombay, diblender (dengan blender tongkat atau pencacah sayur) atau diparut halus
Baca Juga :  Kue Bolu Pisang Keju Kukus Enak, Sederhana, Lembut dan Praktis Cara Membuatnya

*1 sdm = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml.

CARA MEMBUAT KIMCHI

  1. Bilas kubis napa dengan air mengalir setelah dipotong menjadi empat bagian. Pastikan batangnya tetap utuh.
  2. Dalam mangkuk besar, larutkan garam kasar ke dalam 16 cangkir air. Setiap kubis napa harus dicelupkan satu per satu ke dalam air garam sebelum diletakkan di atas nampan untuk penggaraman lebih lanjut.
  3. Gosok bagian putih kubis yang tebal dengan sejumput garam dapur (sekitar 1/2 cangkir untuk setiap acar kubis). Taburkan garam di atas bagian putih yang tebal pada setiap daun setelah membukanya dengan lembut. Hal ini harus dilakukan untuk kubis yang tersisa. Air garam yang digunakan untuk merendam kubis dapat digunakan nanti.
  4. Tempatkan kubis asin ke dalam ember besar atau kantong yang terbuat dari plastik yang aman untuk makanan dengan sisi irisan menghadap ke atas, dan tambahkan air garam yang telah disimpan dari langkah 2. Simpan kantong plastiknya. Jika kamu akan menggunakan ember, taruh sesuatu yang berat di atas kubis untuk menekannya (panci yang berat dan berisi air, misalnya).
  5. Untuk membuat acar kubis, diamkan selama enam jam. Setiap dua jam, balikkan kubis. Proses membalikkan kubis akan jauh lebih mudah jika kamu menggunakan kantong plastik food grade yang besar daripada ember besar.
  6. Untuk menghilangkan garam, bilas kubis dengan air mengalir setelah selesai direndam, terutama bagian yang berwarna putih pekat. Biarkan mengering selama satu jam di dalam saringan.
  7. Buatlah pasta beras ketan sambil menunggu. Dalam panci, campurkan tepung ketan dan 1,5 cangkir air dan didihkan dengan api sedang selama 5-8 menit, atau hingga adonan menjadi kental. Pindahkan pasta beras yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk sedang dan biarkan dingin. Setelah dingin, tambahkan serpihan cabai Korea. Kemudian, aduk rata.
  8. Tambahkan lobak, garam laut halus, kecap ikan Korea, dan udang fermentasi asin ke dalam mangkuk besar. Garam akan mengendap di lobak setelah sepuluh menit. Campurkan bawang bombay yang sudah dihaluskan, daun bawang Korea, wortel, bawang putih cincang, jahe cincang, gula, dan campuran serpihan cabai Korea dari langkah ke-5 menjadi satu. Campurkan dengan baik. Pasta kimchi dan bumbu sudah jadi dan bisa digunakan.
  9. Di atas nampan, letakkan seperempat kubis. Letakkan bumbu di atas setiap daun. Hanya satu sisi daun yang perlu dibumbui. Bumbu cukup untuk satu hingga dua genggaman tangan kecil per seperempat kubis. Lanjutkan prosedur ini untuk sisa kubis. Biarkan daun kubis tetap menempel pada batangnya dan jangan mencabutnya untuk melonggarkannya.
  10. Masukkan kimchi ke dalam wadah kedap udara atau wadah kimchi (dengan penutup). Setelah 24 jam pada suhu kamar, pindahkan ke lemari es. Setelah didinginkan, Anda dapat mulai memakannya, tetapi mungkin perlu waktu tiga hingga empat hari untuk mengembangkan rasanya.
Baca Juga :  Ingin Mencicipi Soto Padang yang Menggugah Selera? Baca Dulu Resepnya Berikut

Lihat video Kimchi Kubis Napa

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan