Lompat ke konten
Home » Resep Nila Kuah Pedas, Lauk Makan Siang yang Menggugah Selera

Resep Nila Kuah Pedas, Lauk Makan Siang yang Menggugah Selera

nila kuah pedas (1)

Resep nila kuah pedas

Resep nila kuah pedas menjadi sebuah kuliner yang menggugah selera dan cocok dijadikan lauk untuk makan siang Anda sekalian.

Dimana ikan nila yang biasanya hanya dimasak dengan digoreng saja ditemani sambal dan lalapan. Menu kuliner semacam itu mungkin sudah umum dan membuat Anda bosan. Jika seperti itu, tidak ada salahnya memasaknya menjadi nila kuah pedas.

Bahan utama ikan nila bisa Anda beli dengan mudah dan murah di pasar tradisional terdekat. Sementara untuk bumbunya, sebagian besar mungkin sudah tersedia di dapur Anda.

Jika sudah lengkap semuanya, jangan menunggu lebih lama lagi untuk segera memasaknya. Namun demikian, sebaiknya Anda membaca resep nila kuah pedas selengkapnya berikut agar benar-benar tepat cara memasaknya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan nila segar ukuran besar atau 2 ekor ukuran sedang
  2. 6 butir bawang merah dicincang halus
  3. 4 siung bawang putih dicincang halus
  4. 1 lembar daun salam
  5. 500 ml air
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. 1 buah jeruk nipis
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Memasak Resep Tahu Telur Khas Jawa Timur yang Ternyata Mudah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 1 cm jahe
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 cm kencur
  5. 1 batang serai diambil bagian putihnya saja

Cara memasak nila kuah pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep nila kuah pedas dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan nila yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisiknya beserta kotoran di perut dan insangnya. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan bawang merah dan bawang putih, lalu aduk merata. Masukkan juga daun salam dan tumis terus hingga layu. Matikan kompor.
  4. Langkah berikutnya, siapkan wajan cekung ukuran sedang, lalu tuangkan air yang sudah disiapkan ke dalamnya. Nyalakan api kompor sedang dan rebus air hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan semua tumisan bumbu dan aduk merata. Lalu, masukkan ikan nila ke dalamnya. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata. Masak hingga kuahnya sedikit menyusut.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Pastikan bumbunya sudah meresap ke dalam ikan nila. Tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan ikan nila yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Soto Tauto Pekalongan, Ciri Khas Bumbu Tauco yang Menggugah Selera

Anda bisa segera mempraktikkan beberapa langkah memasak resep nila kuah pedas diatas. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info