Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nasi Liwet Sunda Komplit, Rasanya Gurih Sedap di Lidah

Nasi Liwet Sunda Komplit, Rasanya Gurih Sedap di Lidah

Nasi Liwet Sunda (1)

Resep nasi liwet Sunda

Nasi liwet Sunda menjadi salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang hingga sekarang masih eksis. Meskipun gempuran kuliner fastfood dari luar negeri begitu gencar, tetapi masakan asli Nusantara masih banyak yang menyukainya.

Hal tersebut membuktikan bahwa kuliner asli Indonesia, seperti nasi liwet khas Sunda, bisa layak disebandingkan dengan makanan mancanegara. Jadi, kita sepatutnya bangga dengan semua kekayaan kuliner tersebut.

Nasi liwet khas Sunda memang jarang ditemui di luar wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Anda hanya dapat mencicipi nasi liwet tersebut di warung atau rumah makan Sunda.

Padahal cara memasaknya tidak begitu sulit dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Sangat cocok disantap saat masih hangat dilengkapi petai, ikan asin, dan ikan teri.

Lalu, bagaimana cara memasak nasi liwet Sunda yang rasanya super lezat? Silahkan Anda membaca resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 500 gram beras putih
  2. Air matang secukupnya
  3. 5 siung bawang merah diiris tipis
  4. 5 siung bawang putih diiris tipis
  5. 2 batang serai digeprek
  6. 3 buah daun salam
  7. 5 buah cabai rawit merah
  8. 1 sendok teh garam

Bahan pelengkap

  1. 1 genggam ikan teri medan atau sejenisnya
  2. 5 ikan asin jenis apa saja atau sesuai selera Anda
  3. 1 papan petai
  4. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Baca Juga :  Resep Bulung Gadung Khas Sumatera Utara, Gulai Daun Singkong yang Jadi Menu Favorit Suku Mandailing

Cara memasak nasi liwet Sunda

Setelah semua bahan diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak nasi liwet Sunda dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Perlu Anda ketahui terlebih dulu bahwa nasi liwet khas Sunda bisa dimasak dengan panci khusus liwet atau kastro. Jika Anda tak memilikinya, bisa memasaknya dengan magic com seperti menanak nasi seperti biasanya.
  2. Cuci dan bersihkan dulu beras putih. Setelah itu, masukkan beras ke dalam panci liwet lalu tuangkan air hingga batas satu ruas jari dari permukaan berasnya.
  3. Tambahkan bawang merah, bawang putih, daun salam, batang serai, dan garam. Aduk merata. Tambahkan juga cabai merah diatasnya.
  4. Setelah itu, tutup panci liwet dan masak hingga air di dalamnya menyusut, sehingga nasi matang. Pastikan nasi sudah matang dan rasanya pulen. Jadi, nasinya tidak keras dan tidak benyek. Gunakan api kompor kecil saja saat memasaknya agar nasi di bagian bawah tidak menjadi kerak.
  5. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup pancinya agar uap air hilang. Setelah tidak begitu panas, Anda dapat mencicipi sedikit nasinya.
  6. Nasi liwet khas Sunda juga dapat dimasak dengan magic com. Caranya, masukkan beras putih yang sudah dibersihkan ke dalam panci di magic com. Lalu, beri air secukupnya hingga merendam seluruh beras dengan batas satu ruas jari dari permukaan beras.
  7. Setelah itu, beri semua bahan yang sudah disiapkan. Aduk sebentar, lalu tutup magic com. Tekan tombol cook dan tunggu hingga tombol berubah menjadi warm yang berarti nasi sudah matang. Setelah matang, buka penutup magic com agar uap airnya hilang. Setelah tidak terlalu panas, Anda bisa mencicipi sedikit nasinya.
  8. Selanjutnya, Anda harus menggoreng bahan pelengkap nasinya. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Setelah panas, goreng ikan asin, ikan teri, dan petai satu persatu. Jangan menggorengnya sekaligus agar aromanya tidak bercampur aduk. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  9. Ambil piring saji untuk plating. Beri nasi liwet yang sudah matang secukupnya diatasnya. Lengkapi dengan ikan asin, ikan teri, dan beberapa petai di pinggir piring. Taburi bawang goreng secukupnya diatas nasi jika ada.
Baca Juga :  Resep Ikan Pindang Kuah Sarden, Masakan Lezat Sederhana untuk Akhir Bulan

Ternyata memasak nasi liwet Sunda tidak begitu sulit. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info