Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ati Ampela Bumbu Opor Kuning Khas Nusantara yang Mantul

Ati Ampela Bumbu Opor Kuning Khas Nusantara yang Mantul

Ati Ampela Bumbu Opor Kuning (1)

Resep ati ampela bumbu opor kuning

Resep ati ampela bumbu opor kuning dapat Anda jadikan menu makan siang ataupun makan malam untuk keluarga tercinta.

Bahan utamanya adalah ati ampela ayam yang anak-anak hingga orang tua menyukainya. Ati ampela tersebut dimasak dengan bumbu opor kuning yang gurih.

Jika biasanya opor dimasak dengan daging ayam, sekarang menggunakan ati ampela ayam. Rasanya tidak kalah enak asalkan dimasak dengan cara yang direkomendasikan.

Anda mungkin tidak bisa menemukan menu masakan ini di warung atau rumah makan. Jika ada, jarang ada yang menjualnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasaknya sendiri di rumah agar dapat mencicipi rasa oper tersebut. Bahan dan bumbunya mudah didapatkan serta harganyas cukup terjangkau. Untuk lebih jelas mengenai resep ati ampela bumbu opor kuning, silahkan membaca informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 pasang ati ampela ayam segar
  2. 400 ml santan dri ½ butir kelapa
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun salam
  7. Kaldu bubuk secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Corndog Yang Enak Sekaligus Viral

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 butir kemiri
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. ½ sendok teh lada
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sendok teh garam

Cara memasak ati ampela bumbu opor kuning

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera memasak resep ati ampela bumbu opor kuning dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ati ampela ayam di bawah air mengalir. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus di api kompor kecil saja hingga harum.
  3. Tambahkan batang serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Tumis hingga semuanya layu. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wajan. Aduk perlahan saja secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  4. Masukkan ati ampela ayam ke dalam wajan dan masak hingga mendidih. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  5. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan ati ampela bumbu opor kuning yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Mau Makan yang Hangat-Hangat? Masak Saja Resep Mie Rebus Khas Padang

Silahkan Anda coba memasak resep ati ampela bumbu opor kuning, seperti yang diinformasikan diatas. Rasa masakan opor khas Nusantara yang dijamin rasanya mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan