Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Tim Ati Ampela yang Cocok Disajikan untuk Sarapan Pagi Keluarga

Resep Nasi Tim Ati Ampela yang Cocok Disajikan untuk Sarapan Pagi Keluarga

Nasi Tim Ati Ampela

Resep nasi tim ati ampela

Apakah Anda sudah pernah mencoba resep nasi tim ati ampela? Jika belum dan penasaran cara membuatnya, silahkan baca artikel ini hingga tuntas.

Mulai dari bahan, bumbu, hingga langkah-langkah membuat nasi timnya akan dijelaskan mendetail. Bahan ati ampela ayam yang biasanya hanya digoreng, direbus, atau ditumis dengan bumbu tertentu, ternyata juga bisa dibuat nasi tim.

Setelah matang, nasi tim tersebut bukan hanya disukai anak-anak saja. Namun, orang dewasa dan orang tua juga dijamin menyukai rasanya.

Oleh karenanya, Anda bisa memasaknya untuk sarapan pagi seluruh anggota keluarga di rumah. Untuk lebih jelas dan detail resep nasi tim ati ampela, baca saja uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan dan bumbu

  1. 150 gram beras putih atau merah sesuai selera
  2. 3 ati ampela ayam segar
  3. 1 sendok makan kecap asin
  4. 1 sendok makan kecap manis
  5. 1 sendok teh minyak wijen
  6. Kaldu bubuk secukupnya
  7. 2 sendok makan margarin untuk menumis
  8. Air secukupnya untuk merebus ati ampela, memasak beras, dan mengukus nasi tim

Bumbu yang dihaluskan

  1. 2 siung bawang putih diiris tipis
  2. 3 butir bawang merah diiris tipis
  3. ½ sendok teh garam
  4. ¼ sendok teh merica bubuk
  5. 2 cm jahe
Baca Juga :  Memasak dan Menyantap Ayam Goreng Sambal Matah yang Lezat

Bahan pelengkap

  1. Acar mentimun secukupnya
  2. Saus cabai/tomat secukupnya
  3. Kerupuk udang secukupnya

Cara membuat nasi tim ati ampela

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep nasi tim ati ampela dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ati ampela yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus ati ampela dengan air secukupnya hingga setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  2. Langkah berikutnya, yaitu cuci bersih beras putih/merah yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Tiriskan dan sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah margarin meleleh, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan kecap manis dan kecap asin, lalu aduk merata. Tambahkan potongan ati ampela, minyak wijen, dan air sekitar 100 ml. Kecilkan api kompor dan masak hingga matang.
  5. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakan ati ampela tersebut untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah mantap rasanya, matikan kompor. Diamkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  6. Siapkan beberapa cetakan nasi tim berupa mangkuk kecil terbuat dari bahan aluminium. Isi tiap mangkuk cetakan dengan ati ampela secukupnya, lalu tambahkan beras secukupnya hingga memenuhi ½ cetakannya. Setelah itu, beri air hingga ketinggian ¾ cetakannya.
  7. Selanjutnya, siapkan panci kukusan dan masukkan semua mangkuk cetakan ke dalamnya. Kukus sekitar 60 menit diatas api kompor sedang saja. Jangan lupa untuk mengecek tingkat kematangannya terutama pada bagian nasinya.
  8. Jika sudah matang, matikan kompor dan buka tutup panci kukusannya. Diamkan beberapa saat agar uap airnya hilang dan mendingin.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu ambil satu cetakan nasi tim. Letakkan mangkuk nasi dalam posisi terbalik diatas piring saji, lalu angkat cetakannya. Lengkapi nasi tim ati ampela yang sudah matang dengan acar mentimun, saus cabai/tomat, dan kerupuk udang sesuai selera masing-masing.
Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Yakiniku Khas Jepang di Rumah yang Mudah

Anda sekalian sudah mengenal resep nasi tim ati ampela selengkapnya. Selanjutnya, silahkan dipraktikkan di rumah seperti langkah-langkah yang diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Nasi Tim Ati Ampela

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan