Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Botok Ati Ampela, Kuliner Tradisional Khas Jawa yang Rasanya Dijamin Mantul

Resep Botok Ati Ampela, Kuliner Tradisional Khas Jawa yang Rasanya Dijamin Mantul

Botok Ati Ampela

Resep botok ati ampela

Apakah Anda sudah pernah membuat atau mencicipi resep botok ati ampela? Biasanya, botok berisi bahan protein udang, ikan teri, atau jenis ikan lainnya yang memang cocok dengan bumbunya.

Namun sekarang, bahan ati ampela ayam juga bisa dimasukkan dan dicampurkan dengan bumbu botok. Hasilnya dijamin rasanya mantul, asalkan cara membuatnya benar dan direkomendasikan.

Ati ampela yang berbau dan berasa amis memang harus diolah dulu sebelum dibuat botok. Atau mungkin, Anda mempunyai sisa ati ampela dari masakan opor, sambar goreng, atau yang lainnya.

Jika masih ada, jangan ragu untuk mengolahnya menjadi botok. Anda sekalian yang penasaran dengan resep botok ati ampela selengkapnya silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 pasang ati ampela ayam segar
  2. 200 ml santan encer
  3. 6 buah tomat hijau dipotong-potong
  4. 8 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 3 lembar daun salam dipotong-potong
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. Daun pisang secukupnya
  10. Tusuk gigi kayu secukupnya
Baca Juga :  AREM – AREM, Kecil Nan Mengenyangkan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai keriting

Cara membuat botok ati ampela

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep botok ati ampela dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan dulu semua ati ampela ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua lemak yang menempel dan Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian, jika ukurannya cukup besar.
  2. Setelah itu, rebus semua ati ampela dengan menambahkan sedikit garam sekitar 20 menit. Setelah mendidih, matikan kompor, angkat, dan tiriskan ati ampela. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah baskom lalu masukkan semua potongan ati ampela ke dalamnya. Tambahkan bumbu halus dan santan, lalu aduk merata dengan tangan saja.
  4. Jangan lupa dibumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi.
  5. Siapkan selembar daun pisang, lalu beri ati ampela beserta bumbunya secukupnya. Beri tambahan daun salam, potongan tomat hijau, dan cabai rawit. Setelah itu, bungkus daunnya dan sematkan di bagian atasnya dengan tusuk gigi.
  6. Lakukan langkah tersebut hingga semua bahan dan bumbu botok habis. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan kukus semua botok sekitar 1 jam hingga matang. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup panci kukus agar uap airnya keluar.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua botok diatasnya. Jangan lupa ambil tusuk giginya dan buka bungkusan daun pisangnya. Sajikan dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya dan menjadikannya lauk.
Baca Juga :  Resep Kopi Rempah, Minuman Penggugah Semangat untuk Beraktifitas Keseharian

Sekarang, Anda sudah mengetahui dan mengenal resep botok ati ampela lebih detail. Selanjutnya, silahkan coba dibuat di rumah dengan bahan, bumbu, serta cara membuatnya seperti uraian diatas. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Botok Ati Ampela

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info