Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep gohyong ayam udang, Mudah dan Sederhana

Resep gohyong ayam udang, Mudah dan Sederhana

Resep gohyong ayam udang (2)

Resep gohyong ayam udang

Gohyong Ayam Udang merupakan hidangan populer dalam masakan Indonesia, khususnya di wilayah Betawi. Hidangan ini memiliki sejarah yang panjang, bermula dari pengaruh Tiongkok di Indonesia, yang awalnya dikenal dengan nama Ngohiong. Hidangan ini dibuat dengan mencampurkan ayam cincang dan udang cincang bersama berbagai bumbu dan rempah. Campuran tersebut kemudian dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung dan air, sebelum digoreng hingga renyah. Hasilnya adalah camilan lezat dan gurih yang cocok untuk segala acara.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Gohyong Ayam Udang antara lain

  • daging ayam fillet,
  • udang kupas,
  • telur,
  • wortel,
  • bawang putih,
  • dan bawang merah.

Ayam dan udangnya dicincang lalu dipadukan dengan bahan lainnya, antara lain

  • minyak wijen,
  • saus tiram,
  • kecap asin,
  • dan bumbu ngohiong.

Campuran tersebut kemudian dibungkus dengan kulit tepung dan air dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini bisa disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama, ditemani nasi putih dan sayuran.

Untuk membuat Gohyong Ayam Udang,

  • pertama haluskan ayam dan udang dengan blender.
  • Lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum lalu campurkan dengan campuran ayam dan udang.
  • Bumbui adonan dengan kaldu jamur, merica, gula pasir, garam, dan bumbu sebelum dibungkus dengan tepung dan air, lalu digoreng .
  • Resep Gohyong Ayam Udang lainnya adalah dengan menggabungkan semua bahan kecuali bunga tahu dan minyak goreng, aduk rata, lalu letakkan campuran tersebut di atas lembaran kulit tahu sebelum digoreng.
  • Terlepas dari resep spesifik yang digunakan, Gohyong Ayam Udang adalah hidangan lezat dan beraroma yang pasti akan menggugah selera.

Langkah-Langkah Membuat Resep Gohyong Ayam Udang lebih spesifik

  • Untuk membuat Ayam Udang Gohyong, langkah pertama adalah menyiapkan ayam dan udangnya. Ambil 500 gram filet ayam dan 500 gram udang, lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya tambahkan 5 siung bawang putih, 2 butir telur, 10 sendok makan tepung tapioka, dan 2 sendok makan kaldu jamur ke dalam adonan . Blender daging ayam bersama es batu hingga halus, lalu sisihkan[8]. Jangan memotong udang terlalu halus, karena penting untuk menjaga tekstur isiannya.
  • Langkah selanjutnya adalah memasak sayur dan bumbu. Tumis 3 buah wortel potong dadu, 5 lembar daun sawi putih, dan 2 buah daun bawang cincang hingga empuk. Tambahkan 2 sendok teh bumbu Ngohiong (Lima Bumbu Bubuk) ke dalam campuran untuk meningkatkan rasa[9]. Bumbu ini terbuat dari lima rempah, antara lain lada Szechuan, cengkeh, kayu manis, adas, dan adas bintang, dan biasa digunakan dalam masakan Cina. Setelah sayuran matang, angkat dari api dan biarkan dingin.
  • Langkah terakhir adalah menggabungkan isian dan sayuran. Campur campuran ayam dan udang dengan sayuran matang hingga tercampur rata. Ambil segumpal adonan dan bungkus dengan bungkus lumpia. Ulangi sampai semua adonan habis. Goreng adonan yang sudah dibungkus dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan panas dengan salad yang terbuat dari ayam, sayuran, dan saus sambal. Hidangan ini sangat cocok untuk makan malam keluarga atau acara khusus dan pasti akan membuat tamu Anda terkesan dengan rasa dan teksturnya yang unik.
Baca Juga :  Inilah Resep Cumi Hitam Bumbu Kunyit, Masakan Seafood Rumahan yang Lezat

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Udang dan Ayam yang Tepat** – Saat memilih udang, pilihlah udang yang segar, keras, dan montok dengan bau yang ringan. Carilah udang yang cangkangnya mengkilat dan bebas dari perubahan warna atau flek hitam. – Untuk ayam, pilih dada atau paha ayam tanpa tulang dan tanpa kulit agar lebih ramping. Pastikan ayam dalam keadaan segar, tidak berbau tidak sedap atau berlendir. Pangkas kelebihan lemak sebelum menggunakannya dalam resep.

**Memarinasi Ayam** – Merendam ayam sebelum dimasak sangat penting untuk menambah rasa dan memastikan kelembutannya. Buat marinade menggunakan bahan-bahan seperti kecap, bawang putih, jahe, dan minyak wijen. Biarkan ayam terendam setidaknya selama 30 menit, atau bahkan semalaman untuk mendapatkan rasa yang lebih dalam. – Hindari merendam ayam terlalu lama karena dapat mengakibatkan tekstur ayam menjadi lembek. Selain itu, buang sisa bumbu marinasi yang bersentuhan dengan ayam mentah untuk mencegah kontaminasi silang.

**Menyiapkan Udang** – Untuk mengeluarkan cangkang udang, pegang udang dengan satu tangan dan tarik perlahan cangkangnya mulai dari kepala. Anda dapat membiarkan ekornya utuh untuk tujuan presentasi atau menghapusnya jika diinginkan. – Pisahkan udang dengan membuat sayatan dangkal di sepanjang punggung dan buang urat hitamnya dengan pisau atau alat deveining. Langkah ini membantu meningkatkan rasa dan penampilan udang.

Baca Juga :  Resep Cumi Asin Bumbu Balacan yang Rasanya Dijamin Mantul

**Teknik Memasak yang Benar** – Untuk memastikan ayam matang sempurna, panaskan wajan atau wajan dengan api sedang-besar sebelum memasukkan ayam. Ini membantu menghasilkan luka bakar yang bagus di bagian luar sekaligus menjaga bagian dalamnya tetap juicy. Masak ayam selama sekitar 4-5 menit per sisi, atau hingga mencapai suhu internal 165°F (74°C). – Udang matang dengan cepat, jadi jangan memasaknya terlalu lama agar udang tidak menjadi keras dan kenyal. Masak udang selama sekitar 2-3 menit per sisi, atau sampai berubah warna menjadi merah muda dan buram.

**Menyeimbangkan Rasa dan Penyajian** – Cicipi hidangan saat Anda memasak dan sesuaikan bumbunya. Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak garam, kecap, atau bumbu untuk menambah rasa. – Untuk menyempurnakan penyajian gohyong ayam udang Anda, hiasi dengan bumbu segar seperti daun ketumbar atau daun bawang. Sajikan dengan nasi atau mie kukus, dan pertimbangkan untuk menambahkan sayuran berwarna seperti paprika atau kacang polong untuk hidangan yang menarik secara visual. Ingat, tips dan praktik terbaik ini dimaksudkan sebagai panduan. Jangan ragu untuk bereksperimen dan memodifikasi resep agar sesuai dengan preferensi pribadi dan kebutuhan diet Anda.

FAQ

Q: Bagaimana asal mula dan sejarah resep Gohyong Ayam Udang? A: Resep Ayam Udang Gohyong berasal dari Cebu, Filipina. Ini adalah hidangan populer yang memadukan rasa udang dan ayam. Resepnya telah diturunkan dari generasi ke generasi dan sering dinikmati pada acara dan perayaan khusus.

Q: Apa bahan utama yang digunakan dalam resep Gohyong Ayam Udang? A: Bahan utama resep Ayam Udang Gohyong antara lain ayam, udang, sayur-sayuran (seperti bengkuang atau jantung palem), bawang putih, bawang merah, daun bawang, bubuk lima bumbu, lada hitam, garam, dan merica. Bahan-bahan ini digabungkan untuk menciptakan hidangan yang beraroma dan aromatik.

Q: Bagaimana cara menyiapkan ayam dan udang untuk resep Ayam Udang Gohyong? A: Untuk menyiapkan ayam dan udang untuk resep Ayam Udang Gohyong, Anda perlu membersihkan dan membuang kulit udang, lalu potong kecil-kecil. Ayam juga harus dipotong-potong seukuran gigitan. Ayam dan udang harus direndam dengan garam dan merica untuk menambah rasa.

Baca Juga :  Resep Tumis Buncis Spesial ala Resto

Q: Bagaimana cara memasak sayur dan bumbu untuk resep Gohyong Ayam Udang? A: Dalam resep Gohyong Ayam Udang, sayuran dan bumbu dimasak bersama untuk menghasilkan bahan dasar yang beraroma. Bawang putih dan bawang bombay ditumis hingga harum, lalu ditambahkan irisan sayuran (seperti bengkuang atau jantung palem) dan dimasak hingga empuk. Bubuk lima bumbu juga ditambahkan untuk meningkatkan rasa.

Q: Bagaimana cara memadukan bahan-bahan dan menyajikan hidangan Gohyong Ayam Udang? A: Setelah ayam, udang, sayuran, dan bumbu dimasak, semuanya digabungkan menjadi satu dalam wajan atau wajan. Campuran tersebut dimasak hingga semua rasa menyatu. Hidangan Gohyong Ayam Udang biasanya disajikan panas dengan nasi kukus atau sebagai isian bungkus lumpia. Dapat dihias dengan tambahan daun bawang untuk menambah kesegaran.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan