Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nasi Bakar Teri Satu Ini Dijamin Menggoyang Lidah Anda

Nasi Bakar Teri Satu Ini Dijamin Menggoyang Lidah Anda

Nasi Bakar Teri (1)

Resep nasi bakar teri

Resep nasi bakar teri bisa jadikan menu santapan yang lezat sekaligus menggugah selera. Nasi bakar memang sudah populer di tengah masyarakat.

Jika tak bisa membuatnya sendiri, sudah banyak penjualnya di warung atau rumah makan. Mulai dari pinggiran jalan hingga restoran menyajikan menu nasi bakar.

Nasi bakar merupakan nasi yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan, sehingga rasanya gurih. Lalu, nasi tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara api.

Biasanya, nasi bakar diisi oleh beragam bahan protein hewani, seperti suwiran daging, ayam, beragam jenis ikan, dan lain sebagainya.

Sekarang, Anda bisa membaca resep nasi bakar teri dengan cara membuatnya tidak begitu sulit. Tentu saja rasanya dijamin mantul dan cocok disantap untuk makan siang atau malam.

Lalu, bagaimana cara memasaknya? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 500 gram beras putih
  2. 2 cm lengkuas digeprek
  3. 4 buah batang serai digeprek
  4. 5 lembar daun jeruk disobek-sobek
  5. 5 lembar daun salam
  6. 1 liter santan cair
  7. 1½ sendok teh garam
  8. 2 sendok makan minyak goreng
  9. Daun pisang secukupnya
  10. Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan untuk nasi

  1. 6 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih

Bahan untuk sambal teri cabai hijau

  1. 200 gram ikan teri jengki
  2. 1 buah tomat merah dipotong
  3. 2 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
  8. 3 sendok makan minyak goreng
  9. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Silahkan Dicoba Resep Sup Ikan Gabus Berikut yang Menyehatkan Tubuh

Bumbu halus untuk sambal teri

  1. 10 siung bawang merah
  2. 15 buah cabai hijau atau sesuai selera, yang sudah direbus sebentar

Cara membuat nasi bakar teri

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda bisa segera memasak resep nasi bakar teri dengan langlah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu beras putih di bawah air mengalir. Sisihkan. Selain beras, bersihkan juga ikan teri jengki. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus untuk nasi bakar hingga harum. Lalu, masukkan lengkuas, batang serai, daun salam, daun jeruk, santan cair, dan garam. Aduk merata.
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan saja hingga tercampur merata.
  4. Setelah santan menyusut, matikan kompor dan tunggu sebentar agar agak mendingin. Siapkan magic com, lalu pindahkan beras beserta semua bahan ke dalam magic com. Lalu, masak hingga beras matang. Setelah matang menjadi nasi, buka tutup magic com agar uap air di dalamnya keluar. Aduk aduk sebentar nasi dan ambil bahan-bahan yang tidak dibutuhkan. Nasi sudah matang.
  5. Langkah berikutnya, yaitu memasak sambal teri. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, goreng teri yang sudah dibersihkan tadi hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Kurangi minyak goreng di dalam wajan. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan tomat, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga layu.
  7. Tambahkan air matang secukupnya dan kecilkan api kompor. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Masak terus hingga kuah mengental, lalu baru masukkan ikan teri. Aduk lagi merata. Setelah matang, matikan kompor dan sambal teri sudah matang.
  8. Siapkan daun pisang dua lembar. Lalu, letakkan nasi yang sudah matang secukupnya diatas daun pisang. Beri isian sambal teri dan tutup dengan nasi lagi. Setelah itu, bungkus nasi dengan daun pisang dan sematkan kedua ujungnya dengan tusuk gigi agar rapat. Lakukan terus langkah tersebut hingga semua nasi dan sambal teri habis.
  9. Selanjutnya, siapkan tempat untuk membakar nasi. Setelah siap, bakar bungkusan nasi hingga daun pisang berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil sebungkus nasi bakar dan letakkan diatas piring. Buka tusuk giginya serta bungkusan daun pisangnya. Taburi bawang merah goreng diatas nasi bakar jika ada.
Baca Juga :  Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga yang Maknyus

Itulah resep nasi bakar teri. Silahkan mempraktikkan cara membuatnya sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan