Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Inilah Botok, Kuliner Segala Umat, Begini Resepnya

Inilah Botok, Kuliner Segala Umat, Begini Resepnya

Resep botok

Keyword : Resep botok

Resep botok menjadi salah satu menu kuliner yang melegenda berasal dari provinsi Jawa Tengah. Bisa disebut juga makanan wong ndeso atau orang desa karena identik dengan makanan yang dikonsumsi rakyat kecil atau jelata.

Namun dalam perkembangan zaman, botok menjadi salah satu kuliner yang dirindukan oleh banyak orang. Bukan hanya warga biasa saja, tetapi hingga pejabat. Bahkan, Presiden Jokowi yang berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah tentu sangat familiar dengan botok.

Secara garis besar, botok merupakan makanan yang berisi parutan kelapa yang dicampur dengan beragam bumbu rempah. Biasanya, botok juga dicampur ikan teri atau udang sebagai protein hewaninya.

Botok dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, cocok untuk dijadikan lauk pendamping nasi hangat saat makan siang ataupun makan malam. Anda sekalian yang sangat penasaran memasak resep botok, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Solaria mudah dan enak, mirip resto deh

Bahan-bahan

  1. 1 buah kelapa setengah tua diparut
  2. 200 gram lamtoro
  3. 100 gram ikan teri
  4. 100 gram udang segar
  5. 1 butir telur ayam
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. Daun pisang secukupnya
  10. Tusuk gigi secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 cm kencur
  4. 10 buah cabai rawit

Cara memasak botok

Setelah semua bahan dan bumbu resep botok di atas sudah siap, silahkan mempraktikkan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ikan teri dan udang di bawah air mengalir. Terutama untuk udangnya, buang bagian kepala dan cangkangnya. Kalau ukuran udang terlalu besar, Anda bisa memotongnya. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, goreng ikan teri dan udang hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, haluskan bumbu halus yang sudah disiapkan. Setelah itu, ambil sebuah wadah. Masukkan kelapa parut, ikan teri, udang, lamtoro, dan bumbu yang dihaluskan. Campur merata.
  4. Lalu, siapkan daun pisang untuk membungkus isi botok tersebut. Ambil isian botok secukupnya dan bungkus dengan daun pisang. Kunci bagian atasnya dengan ditusuk tusuk gigi. Lakukan terus cara tersebut hingga isian botok habis.
  5. Setelah itu, siapkan tempat mengukus. Lalu, masukkan sebuah bungkusan botok ke dalamnya. Kukus sekitar 30 menit hingga matang.
  6. Setelah 30 menit, keluarkan botok yang sudah matang tersebut dan letakkan di atas piring saji untuk disantap bersama.
Baca Juga :  Ayam Panggang Bumbu Ketumbar, Menggugah Selera

Resep botok sudah matang. Buka bungkusnya dan cicipi kelezatannya. Cara membuatnya cukup mudah, bukan? Silahkan mencobanya di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info