Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak Ikan Tuna Bumbu Kecap yang Mantap, Menu Rumahan Rasa Restoran

Memasak Ikan Tuna Bumbu Kecap yang Mantap, Menu Rumahan Rasa Restoran

Resep ikan tuna bumbu kecap

Keyword : Resep ikan tuna bumbu kecap

Apakah Anda ingin memasak resep ikan tuna bumbu kecap? Jika iya, sudah tepat Anda membaca artikel ini hingga tuntas karena akan membahasnya.

Mulai dari bahan dan bumbu yang digunakan, hingga cara detail memasaknya. Dengan begitu, Anda bisa segera memasaknya sendiri di rumah. Setelah matang, silahkan dicicipi masakan ikan tuna tersebut bersama seluruh anggota keluarga dan orang terdekat.

Ikan tuna memiliki tekstur daging yang lembut, sehingga cocok dimasak untuk dikonsumsi. Apalagi dimasak dengan bumbu kecap yang manis dan gurih. Dijamin, rasa masakannya benar-benar maknyus.

Cocok disantap untuk makan siang maupun makan malam. Sepertinya, menu ikan tuna bumbu kecap hanya dijual di rumah makan besar saja dengan harga cukup makah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasaknya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana memasak resep ikan tuna bumbu kecap yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 kg ikan tuna segar
  2. 8 siung bawang merah diiris
  3. 4 siung bawang putih diiris
  4. 2 buah cabai merah besar diiris serong
  5. 2 buah cabai hijau besar diiris serong
  6. 2 cm jahe digeprek
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 2 sendok makan kecap manis
  9. 2 sendok makan gula Jawa
  10. 1 sendok makan kecap asin
  11. 1 sendok makan saus tiram
  12. 1 sendok makan garam (marinasi)
  13. 1 sendok makan ketumbar (marinasi)
  14. Kaldu bubuk secukupnya
  15. Minyak goreng secukupnya
  16. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep apem selong menul berserat

Cara memasak ikan tuna bumbu kecap

Setelah semua bahan resep ikan tuna bumbu kecap diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ikan tuna di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan di bagian insangnya. Lalu, potong ikan tuna menjadi beberapa bagian.
  2. Setelah itu, marinasi ikan tuna dengan memberinya garam dan ketumbar, aduk merata,. Diamkan sekitar 20 menit agar bumbu meresap.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan satu per satu ikan tuna yang sudah selesai dimarinasi. Goreng ikan tuna setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  4. Kurangi minyak goreng yang ada di dalam wajan untuk menumis. Lalu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan jahe dan lengkuas, aduk merata.
  5. Tambahkan irisan cabai merah dan cabai hijau, terus aduk merata. Tambahkan juga kecap manis, gula merah, kecap asin, dan saus tiram. Terus aduk dan beri air secukupnya.
  6. Kecilkan api kompor. Masukkan ikan tuna yang sudah digoreng setengah matang ke dalam wajan. Aduk terus perlahan hingga matang dan semua bumbu meresap.
  7. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi sebentar.
  8. Matikan kompor dan masakan ikan tuna bumbu kecap sudah matang. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata ikan tuna bumbu kecap yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada.
Baca Juga :  Resep Memasak Kerang Dara Manis Asam

Akhirnya, resep ikan tuna bumbu kecap sudah matang dan siap disantap. Lebih lengkap ditemani sepiring nasi hangat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan