Skip to main content

Roti Gulung Abon, Bekal Belajar Daring Anak di Rumah

Risca Monita

Roti Gulung Abon



Seperti halnya nasi, kentang, pasta dan serealia lainnya roti juga merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber energi. Roti termasuk ke dalam kelompok makanan berkarbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi 1/3 dari pola makan. 

Produk pangan ini berbahan dasar tepung terigu yang difermentasikan dengan ragi roti yang ditambahkan bahan pengembang lainnya dan diolah dengan cara dipanggang. Roti dapat dikatakan sebagai produk bioteknologi konvensional karena adanya proses fermentasi yang memanfaatkan mikroorganisme. 
Resep kali ini TOPWISATA akan membuat camilan mengenyangkan berbahan dasar dari roti yang diberi dengan protein hewani berupa abon sapi yang cocok dijadikan untuk teman belajar daring anak-anak di rumah. 

Abon merupakan salah satu produk olahan daging yang sangat digemari di tanah air. Rasa lezat dan kandungan energi yang tinggi memang membuat abon makin disukai. Saat sedang ingin membuat cemilan, abon juga bisa diandalkan untuk melengkapi isian cemilan seperti yang akan dibuat pada tulisan kali ini. Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya.

Bahan :

  1. 10 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  2. Abon sapi secukupnya
  3. Keju cheddar parut secukupnya
  4. 1 butir telur kocok lepas
  5. Margarine secukupnya
  6. 1 sdt parsley kering, bisa diganti dengan oregano kering
  7. 1 sdt wijen sangrai (optional)

Saus olesan :

  1. 6 sdm mayonnaise
  2. 2 sdm saus tomat
  3. 2 sdm saus sambal (optional)
  4. 2 sdm susu kental manis

Cara pembuatannya :

  1. Campurkan seluruh saus olesan di mangkuk kecil, lalu sisihkan.
  2. Pipihkan roti tawar dengan cara digilas hingga agak tipis. Olesi 1 sisi roti dengan saus olesan.
  3. Isi dengan keju parut dan abon, lalu gulung roti. Tekan ujung-ujung roti agar tidak lepas.
  4. Kocok telur dalam wadah, bumbui dengan garam dan lada. Masukkan wijen sangrai dan parsley lalu kocok kembali hingga keseluruhan tercampur rata.
  5. Olesi semua permukaan roti gulung dengan adonan telur menggunakan kuas atau bisa juga celupkan seluruh bagian roti gulung ke dalam kocokan telur lalu tiriskan. Cek perekatan/bagian sambungan dari roti gulung. Apabila kurang rekat bisa ditambahkan olesan telur.
  6. Lelehkan margarine di dalam teflon, panggang roti gulung hingga kecokelatan namun jangan sampai gosong. Mulai dari sambungan, lalu gulingkan hingga keseluruhan roti terpanggang rata.
  7. Celupkan bagian ujung roti gulung ke dalam saus olesan dan selanjutnya celupkan ke bon. Ratakan abon hingga rapi, sajikan dipiring saji dan siap disantap menemani belajar daring di rumah.

Selamat mencoba di rumah..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar