Skip to main content

Oseng Tuna Asap Pedas, Kudapan Nampol Cocok untuk Ide Jualan

Risca Monita

Oseng Tuna Asap Pedas



Ikan memiliki kelengkapan asam amino, lemak, vitamin, mineral yang sangat mudah untuk dicerna dalam tubuh manusia. Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementrian Kesehatan Republik Indonesia selalu gencar untuk mengajak masyarakat Indonesia agar selalu gemar mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh. 

Salah satu ikan laut yang kaya sumber nutrisi adalah ikan tuna. Untuk nutrisinya, tuna mengandung vitamin A, D, B6, B12 dan kaya akan mineral. Tuna juga disebut mengandung omega 3 yang lebih tinggi dari daging ayam dan sapi. 

Indonesia dapat menghasilkan tuna, cakalang dan tongkol lebih dari 1,2 juta ton/tahun. Tuna menduduki urutan kedua setelah udang dengan nilai ekspor tertinggi di Indonesia.
Resep kali ini TOPWISATA akan menghadirkan resep yang berbahan dasar ikan tuna sebagai sumber proteinnya yang dipadupadankan dengan rasa pedas dari cabe wah pastinya bikin ngiler kan. 

Resep ini juga bisa dijadikan untuk ide jualan lhoo, tak kalah nampol rasanya bila dibandingkan dengan sambal cumi maupun sambal roa. Yuk intip cara pembuatannya.

Bahan-bahan :

  1. 1 – 1,5 kg daging ikan tuna asap, goreng setengah matang lalu suwir-suwir besar sambal hilangkan duri dan kulitnya
  2. 5 batang serai geprek
  3. 6 lembar daun salam kering
  4. 10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris tipis-tipis
  5. 2 ruas besar lengkuas, memarkan
  6. 150 gram cabe rawit hijau utuhan
  7. 4 buah tomat ukuran sedang
  8. 3 sdm saus tiram
  9. 3 sdm kecap ikan/minyak ikan (optional)
  10. 5 sdm kecap manis
  11. Gula, garam, kaldu bubuk secukupnya
  12. 25 ml air matang
  13. Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu cincang kasar :

  1. 12 siung bawang putih
  2.  15 siung bawang merah
  3. 100 gram cabe rawit merah
  4. 15 buah cabe keriting merah
  5. 10 buah cabe keriting hijau

Cara pembuatan :

  1. Masukkan minyak goreng untuk menumis bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang kasar, masukkan pula minyak ikan maupun kecap ikan. Setelah aroma harum dan warnanya berubah kecokelatan masukkan cincangan kasar berikutnya yaitu cabe keriting merah dan hijau, cabe rawit merah, cabe utuhan, daun jeruk, daun salam, lengkuas, batang sereh lalu yang terakhir tomat. Aduk-aduk hingga keseluruhan bahan tercampur rata dengan menggunakan api kecil. 
  2. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan gula, garam, kaldu bubuk, saus tiram dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga cabe agak layu.
  3. Setelah bumbu menyusut, koreksi rasa, lanjutkan dengan memasukkan suwiran ikan tuna asap lalu aduk-aduk kembali hingga keseluruhan bahan tercampur rata. Tutup wajan selama kurang lebih 5-10 menit agar yuna matang sempurna.
  4. Apabila dirasa sudah matang, angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Makin mantap apabila makan tuna pedas ini jika ditemani dengan kerupuk dan segelas jus jeruk dingin. Selamat mencoba dan menikmatinya…
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar