Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Memasak Ayam Crispy Saus Tiram Cabe Ijo yang Mudah dan Rasanya Lezat

Yuk, Memasak Ayam Crispy Saus Tiram Cabe Ijo yang Mudah dan Rasanya Lezat

Resep ayam crispy saus tiram cabe ijo

Keyword : Resep ayam crispy saus tiram cabe ijo

Resep ayam crispy saus tiram cabe ijo juga menu rumahan, tetapi bisa dijual untuk mendapatkan uang. Dengan kata lain, menu kuliner rumahan yang bercita rasa restoran.

Bagi Anda yang sekarang sudah memiliki warung atau rumah makan, silakan memasukkan masakan ini dalam daftar menu harian yang bisa dipilih pelanggan.

Masakan ayam crispy saus tiram cabe ijo memakai bahan daging ayam yang digoreng tepung hingga garing, sehingga rasanya benar-benar crispy. Dicampur dengan saus tiram cabe hijau yang rasanya gurih.

Anda bisa membayangkan sendiri rasa dari masakan tersebut di lidah. Namun sebelum bisa mencicipinya, Anda harus memasaknya terlebih dulu. Bahan dan bumbunya mudah didapatkan.

Cara memasaknya pun relatif mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca selengkapnya resep ayam crispy saus tiram cabe ijo berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam negeri
  2. 2 bungkus tepung bumbu instan
  3. Air matang secukupnya
  4. 1 sendok makan saus tiram
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 1 sendok teh kaldu bubuk
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk saus

  1. ½ siung bawang bombay diiris memanjang
  2. 1 siung bawang putih dicincang halus
  3. 3 buah cabai hijau besar diiris serong
  4. 1 buah cabai merah diiris serong
  5. 1 sendok makan saus tiram
  6. 3 sendok makan kecap manis
  7. ½ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh gula pasir
  9. 300 ml air matang
  10. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  11. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Kuah Bakso Rumahan, Simple Dan Mudah Untuk Anda Coba

Cara memasak ayam crispy saus tiram cabe ijo

Setelah semua bahan resep ayam crispy saus tiram cabe ijo di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu daging ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging ayam di dalam air mendidih sekitar 30 menit. Angkat dan tiriskan, lalu potong kecil-kecil daging ayam.
  2. Selanjutnya, ambil wadah dan campurkan saus tiram, merica bubuk, dan kaldu bubuk sebagai bumbu rendaman. Lalu, masukkan daging ayam kedalam bumbu rendaman dan bolak-balik agar merata. Simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit.
  3. Sambil menunggu daging ayam direndam bumbu. Anda bisa membuat adonan tepung kering dan tepung pencelup. Untuk adonan tepung kering, siapkan wadah dan tuang tepung bumbu instan di atasnya. Sementara untuk adonan tepung pencelup, siapkan wadah lagi lalu larutkan tepung bumbu instan ke dalam air matang secukupnya, jangan sampai keenceran.
  4. Selanjutnya, keluarkan daging ayam dari dalam kulkas. Masukkan daging ayam ke dalam adonan tepung kering. Setelah itu, angkat dan masukkan ke dalam adonan tepung pencelup.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging ayam tepung. Setelah panas, kecilkan api kompor dan masukkan satu per satu daging ayam tepung ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Bolak-balik ayam agar tidak gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Sekarang, giliran Anda membuat sausnya. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Lalu, tumis irisan bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai, saus tiram, dan kecap manis. Aduk merata.
  7. Tambah air matang ke dalam wajan dan masak lagi hingga meletup-letup. Tambahkan juga garam dan gula pasir. Aduk terus perlahan.
  8. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengoreksi rasanya. Jika dirasa belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk lagi merata.
  9. Kecilkan api kompor, lalu masukkan ayam goreng tepung. Aduk merata ayam dengan sausnya sebentar saja. Matikan kompor dan ayam crispy saus tiram cabe ijo sudah matang.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata ayam crispy saus tiram cabe ijo yang sudah matang di atasnya.
Baca Juga :  Resep Bakso Mercon, Bikin Nagih

Itulah informasi resep ayam crispy saus tiram cabe ijo selengkapnya. Silakan coba dimasak sendiri di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan