Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat milk bun thailand yang lagi Viral

Membuat milk bun thailand yang lagi Viral

Membuat milk bun thailand (2)

Membuat milk bun thailand

Bahan Milk Bun Thailand

  1. 400 gr tepung terigu protein tinggi 
  2. 200 gr whipped cream instan 
  3. 400 ml air dingin 
  4. 270 ml susu cair 
  5. 70 gr gula pasir 
  6. 40 gr mentega 
  7. 6 gr ragi instan 
  8. 1 sdt garam

Langkah-langkah membuat roti susu Thailand

  1. Langkah pertama dalam membuat roti susu Thailand adalah menyiapkan adonannya[1][2]. Dalam mangkuk pencampur, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan. Campur bahan-bahan kering ini hingga merata. Di wadah lain, campurkan susu cair, mentega cair, dan telur kocok. Tambahkan bahan cair ke bahan kering secara perlahan sambil diaduk. Uleni adonan hingga menjadi elastis dan halus. Tutup adonan dengan kain lembab dan diamkan kurang lebih 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.
  2. Setelah adonan diistirahatkan, saatnya menyiapkan isian[1][3]. Untuk isian susu, campurkan susu cair, susu kental manis, dan tepung maizena dalam panci kecil. Masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental. Untuk isian kelapa, campurkan kelapa parut, gula pasir, air, garam, dan daun pandan sobek ke dalam panci. Masak adonan dengan api kecil hingga kering. Setelah isiannya siap, bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil dan bentuk menjadi bola-bola. Ratakan setiap bola dan tambahkan sesendok isian di tengahnya. Jepit ujung-ujungnya untuk menutup isian di dalamnya.
  3. Langkah terakhir adalah membentuk dan memanggang bakpao. Letakkan bola adonan yang sudah diisi di atas loyang yang dilapisi kertas roti. Biarkan mereka istirahat selama 30 menit lagi. Panaskan oven terlebih dahulu hingga 180°C. Olesi roti dengan kocokan telur dan panggang selama 15-20 menit hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah selesai, keluarkan dari oven dan biarkan dingin di rak kawat. Roti susu Thailand kini siap dinikmati! Roti yang lembut dan empuk ini bisa disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi** – Saat membuat roti susu Thailand, penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik. Pilihlah tepung roti berkualitas baik, susu segar, dan mentega tawar. Menggunakan bahan-bahan premium dapat meningkatkan rasa dan tekstur roti secara keseluruhan secara signifikan.

Baca Juga :  Cara membuat kue ape betawi Enak dan Mudah

**Pengulenan dan Pemeriksaan yang Benar** – Pastikan Anda menguleni adonan secara menyeluruh untuk mengaktifkan gluten sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan elastis. Selain itu, biarkan adonan bertahan di tempat yang hangat dan bebas angin hingga ukurannya dua kali lipat. Langkah ini penting untuk mengembangkan karakteristik roti susu Thailand yang ringan dan empuk.

**Menyeimbangkan Manisnya** – Roti susu Thailand biasanya memiliki rasa manis halus yang meningkatkan rasanya tanpa membuatnya terlalu manis. Saat menambahkan gula ke dalam adonan, penting untuk mencapai keseimbangan yang tepat. Terlalu banyak gula akan menghasilkan roti yang terlalu manis, sedangkan terlalu sedikit gula akan menyebabkan roti menjadi hambar. Pilihlah rasa manis ringan yang melengkapi kekayaan susu dan mentega.

**Kuasai Teknik Melipat** – Teknik melipat yang digunakan saat membentuk roti berperan penting dalam menghasilkan tampilan berbeda. Pelipatan yang benar akan menciptakan bentuk “simpul” atau “bunga” khas yang menjadi ciri khas roti susu Thailand. Luangkan waktu untuk menguasai teknik ini, karena teknik ini tidak hanya memengaruhi daya tarik visual tetapi juga memengaruhi tekstur sanggul.

**Eksperimen dengan Isian dan Topping** – Meskipun roti susu tradisional Thailand sudah lezat, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai isian dan topping untuk menambahkan sentuhan unik. Misalnya, Anda bisa mengisi roti dengan custard, coklat, atau pasta kacang merah, atau di atasnya diberi taburan biji wijen atau sedikit susu kental untuk menambah rasa dan daya tarik visual. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan membuat roti susu Thailand dan menciptakan roti lezat yang pasti akan mengesankan.

Baca Juga :  Resep Kue Kacang Yang Lezat Cocok Untuk Ngemil

FAQ

Q: Apa bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat roti susu Thailand? A: Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat roti susu Thailand antara lain tepung terigu, susu, gula, ragi, telur, mentega, dan garam.

Q: Bagaimana langkah-langkah membuat adonan roti susu Thailand? A: Langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu, susu, gula, dan ragi. Kemudian tambahkan telur, mentega, dan garam. Uleni adonan hingga elastis dan tidak lengket. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.

Q: Bagaimana cara mempersiapkan pengisian roti susu Thailand? A: Pengisian untuk roti susu Thailand bisa berupa selai, kacang, cokelat, atau keju. Anda dapat menyiapkan isinya dengan menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai selera dan mencampurkannya hingga rata.

Q: Bagaimana cara membentuk dan memanggang roti susu Thailand? A: Setelah adonan mengembang, bagi adonan menjadi bagian-bagian kecil. Pipihkan adonan, tambahkan pengisian, lalu bentuk menjadi bulatan atau sesuai selera. Kemudian panggang dalam oven hingga matang dan berwarna keemasan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti susu Thailand? A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti susu Thailand bervariasi, namun secara keseluruhan membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam, termasuk waktu untuk membuat adonan, menunggu adonan mengembang, dan proses memanggang.

Referensi : 

1.   Resep Milk Bun, Roti Susu Thailand yang Viral.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.merdeka.com 

2.   Resep Milk Bun Thailand Ala After You Cafe yang Viral.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.idntimes.com 

Baca Juga :  Resep Kue Lumpur dengan Cara Praktis

3.   Resep Roti Sobek Super Lembut ala Bakery, Dijamin Anti ….  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari food.indozone.id 

4.   Resep Milk Bun Thailand yang Viral.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.fimela.com 

5.   Resep Milk Bun, Roti Super Lembut Asal Thailand yang Viral ….  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari malanghits.pikiran-rakyat.com 

6.   Saya belum pernah coba milk bun dari Thailand, Jadi gak tau ….  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.tiktok.com/@cookingwithhel/video/7332332483289140486 

7.   Resep Roti Milk Bun, Jajanan Thailand yang Lagi Viral di ….  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari lifestyle.okezone.com 

8.   BIKIN Ngiler! Resep Milk Bun Roti Susu Thailand Viral TikTok ….  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari jombangupdate.pikiran-rakyat.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan