Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Roti Gandum Telur untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Roti Gandum Telur untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Roti Gandum Telur (2)

Membuat Roti Gandum Telur

Bahan 1 :

  1. 25 gr terigu protein tinggi
  2. 125 ml air (larutkan tepung lalu masak hingga menjadi pasta)

Bahan Roti 2 :

  1. 500 gr terigu
  2. 125 tepung gandum
  3. 1 butir telur
  4. 80 gr gula pasir
  5. 250 ml air hangat
  6. 7 gr ragi
  7. 70 minyak
  8. 1 sdt SP
  9. 1 sdt garam
  10. Bahan 1

Cara Membuat Roti Gandum Telur

  1. Untuk membuat roti gandum telur yang lezat, ada beberapa bahan yang dibutuhkan[1]. Beberapa bahan tersebut adalah tepung terigu, tepung gandum, telur ayam, gula pasir, air hangat, ragi, minyak, dan SP. Tepung gandum digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih kaya pada roti, sementara telur berfungsi sebagai pengikat dan memberikan rasa yang lezat. Ragi digunakan sebagai agen pengembang, dan SP digunakan untuk memperpanjang masa simpan roti.
  2. Setelah semua bahan siap, langkah-langkah dalam membuat roti gandum telur dapat diikuti[2]. Pertama, siapkan semua bahan dan campurkan hingga rata. Kedua, kocok telur dalam piring dan tambahkan garam dan lada bubuk. Ketiga, panaskan wajan dengan sedikit minyak dan celupkan roti dalam adonan telur. Panggang roti hingga kecoklatan di kedua sisinya.
  3. Terdapat beberapa tips dan trik untuk membuat roti gandum telur yang lezat[3]. Pertama, gunakan telur untuk membuat roti menjadi lembut dan empuk. Kedua, pastikan adonan diuleni dengan baik hingga kalis dan lentur. Ketiga, biarkan adonan mengembang dengan baik sebelum dipanggang. Keempat, jangan terlalu banyak mengolah adonan agar roti tidak mengembang terlalu besar. Dengan mengikuti tips dan trik ini, roti gandum telur yang lezat dapat dengan mudah dibuat di rumah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan Berkualitas Tinggi** – Gunakan tepung gandum utuh berkualitas tinggi untuk memastikan rasa yang kaya, pedas, dan tekstur yang lezat pada roti. Carilah tepung yang berlabel “gandum utuh” dan bukan “tepung terigu”, yang mungkin telah menghilangkan kuman dan dedaknya selama pemrosesan. – Pilih telur segar yang bersumber secara lokal untuk rasa yang lebih kaya dan warna kuning cerah pada roti. Kualitas telur dapat mempengaruhi rasa dan tekstur produk akhir secara signifikan.

Baca Juga :  Resep Kacang Kribo Tepung Ketan Camilan gurih nan renyah

**Mengukur Bahan dengan Benar** – Ukur tepung secara akurat menggunakan timbangan dapur atau dengan menyendokkan tepung ke dalam gelas ukur kering dan ratakan dengan ujung yang lurus. Terlalu banyak tepung dapat menghasilkan roti yang padat dan kering, sedangkan terlalu sedikit tepung dapat menyebabkan adonan menjadi terlalu basah dan sulit untuk diolah. – Saat menambahkan telur, pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah terlebih dahulu untuk memeriksa apakah ada pecahan cangkang atau kelainan sebelum memasukkannya ke dalam adonan. Langkah ekstra ini memastikan campuran bersih dan konsisten.

**Ikuti Resep dan Uleni Adonan Secara Menyeluruh** – Patuhi petunjuk resep, terutama waktu menguleni. Pengulenan yang tepat mengembangkan gluten dalam gandum, memberikan struktur dan elastisitas pada roti. Menguleni terlalu sedikit dapat menghasilkan roti yang padat, sedangkan menguleni terlalu banyak dapat membuat roti menjadi keras. – Untuk memeriksa apakah adonan sudah cukup diuleni, lakukan uji kaca jendela. Ambil sedikit adonan dan regangkan perlahan. Jika membentuk “kaca jendela” yang tipis dan tembus cahaya tanpa robek, berarti gluten telah cukup berkembang.

**Pemeriksaan yang Tepat** – Setelah diuleni, diamkan adonan di lingkungan yang hangat dan bebas angin hingga ukurannya dua kali lipat. Langkah ini sangat penting untuk pengembangan rasa dan tekstur pada roti. Pemeriksaan yang kurang dapat menghasilkan remah yang padat, sedangkan pemeriksaan yang berlebihan dapat menyebabkan roti menjadi roboh atau terlalu lapang. – Untuk menciptakan lingkungan pemeriksaan yang ideal, pertimbangkan untuk menggunakan kotak pemeriksaan atau masukkan adonan ke dalam mangkuk yang diberi sedikit minyak, tutupi dengan kain lembab, dan letakkan di tempat hangat di dapur.

Baca Juga :  Membuat Tumis buncis udang untuk Menu Hemat dan Sehat

**Panggang dengan Sempurna** – Panaskan oven hingga suhu yang disarankan dan letakkan panci berisi air panas di rak paling bawah untuk menghasilkan uap, yang membantu roti menghasilkan kerak emas yang renyah. – Untuk memeriksa kematangan, ketuk bagian bawah roti – akan terdengar hampa. Jika menggunakan termometer, suhu internal roti harus mencapai sekitar 190-200°F (88-93°C). Hindari melakukan under baking karena dapat menghasilkan tekstur yang kenyal, dan overbaking yang dapat menyebabkan roti menjadi kering.

Faqs

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti gandum telur? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti gandum telur antara lain tepung gandum, telur, ragi, gula, garam, susu, dan mentega.

Q: Bagaimana langkah-langkah dalam membuat roti gandum telur? A: Langkah-langkah dalam membuat roti gandum telur meliputi persiapan bahan, mencampurkan bahan-bahan, menguleni adonan, fermentasi adonan, membentuk adonan, dan memanggang roti hingga matang.

Q: Apa tips dan trik untuk membuat roti gandum telur yang lezat? A: Beberapa tips dan trik untuk membuat roti gandum telur yang lezat antara lain memastikan adonan terfermentasi dengan baik, menggunakan tepung gandum berkualitas tinggi, dan memperhatikan suhu dan waktu saat memanggang roti.

Q: Bisakah saya menggunakan bahan pengganti jika tidak memiliki salah satu bahan untuk membuat roti gandum telur? A: Anda dapat menggunakan bahan pengganti yang sesuai, misalnya susu almond sebagai pengganti susu sapi, atau pengganti gula dengan madu atau pemanis lain sesuai selera.

Baca Juga :  Kue Sumpia Abon Cemilan Tradisional Renyah dan Asin Cukup Sederhana Membuatnya

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti gandum telur? A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti gandum telur bervariasi tergantung pada proses fermentasi adonan dan proses memanggang, namun secara keseluruhan dapat memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Referensi : 

1.   Resep Roti Gandum Lembut.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.fimela.com/food/read/5067191/resep-roti-gandum-lembut 

2.   Resep Roti Gandum Telur (Sarapan) oleh Yuliyana Alwie.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/10024887-roti-gandum-telur-sarapan 

3.   Tips Sukses Membuat Roti.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.hypermart.co.id/tips-sukses-membuat-roti/

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan